Suara unik common waxbill untuk masteran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Waxbill adalah kelompok burung dari keluarga Estrildidae, dalam genus Estrilda. Sebagian besar anggota kelompok ini tersebar di Afrika. Namun karena kepopularannya, burung waxbill banyak diintroduksi di sejumlah negara. Salah satunya adalah common waxbill (Estrilda astrid). Suara kicauannya yang unik bisa dijadikan masteran alternatif untuk burung kesayangan Anda.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Common waxbill atau St Helena waxbill (Estrildid astrid)
Common waxbill atau st helena waxbill (Estrilda astrid)

Common waxbill atau sering juga disebut dengan nama st helena waxbill merupakan jenis burung asli dari kawasan sub-Sahara Afrika. Spesies ini mudah dirawat maupun diternak, bahkan menjadi salah satu burung piaraan popular di berbagai negara.

Tubuhnya berukuran kecil, sekitar 11-13 cm, atau setara dengan kenari. Bentangan sayap sekitar 12-14 cm. Burung dewasa memiliki tubuh langsing, sayap bulat pendek, dan paruh merah yang bagian permukaannya berkilau seperti habis diolesi lilin (wax).

Sebagian besarnya bulunya berwarna abu-abu kecokelatan, dengan bulu-bulu halus berwarna cokelat gelap. Bagian mata hingga pipinya memiliki garis-garis kemerahan. Adapun bagian tenggorokan berwarna putih.

Common waxbill yang populer sebagai burung peliharaan
Common waxbill popular sebagai burung peliharaan di sejumlah negara.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Common waxbill terdiri atas 17 subspesies (ras), dengan sebagian besar wilayah persebaran di Afrika hingga selatan Sahara. Habitatnya berupa kawasan terbuka yang dipenuhi rerumputan tinggi, semak belukar, maupun rawa-rawa. Jenis burung ini cukup jinak dan tidak takut manusia, terutama saat mencari pakan di kebun-kebun, taman, atau lahan pertanian.

Sebelumnya, burung common waxbill hanya ditemukan di kawasan Afrika saja. Namun beberapa tahun belakangan ini, burung ini juga banyak dijumpai di beberapa negara Eropa, Amerika, hingga Australia, terutama karena proses introduksi yang massif.

Menangkar burung common waxbill

Untuk menangkar burung common waxbill, Anda dapat menggunakan kandang aviary maupun soliter / battery. Burung jantan dan betina bisa dibedakan dengan memperhatikan warna bulu-bulu di tubuh bagian bawah (perut). Burung jantan memiliki tubuh bagian bawah berwarna lebih gelap daripada burung betina.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sepasang common waxbill, burung jantan di sebelah kanan
Sepasang common waxbill. Burung jantan di sebelah kanan.

Pakan yang biasa diberikan adalah biji-bijian seperti millet, serangga (kroto, rayap, ulat hongkong putih), dan biji-bijian berkecambah.

Tempat sarangnya sama seperti yang dipakai dalam penangkaran burung finch. Bahan sarangnya pun tidak berbeda dengan yang biasa digunakan untuk indukan burung finch. Burung betina bertelur sebanyak 4-6 butir, yang dierami selama 11-13 hari.

Suara kicauan common waxbill

Suara kicauan burung common waxbill cukup unik dan bisa dimanfaatkan sebagai masteran alternatif untuk burung kesayangan Anda. Silakan dengar dan download kicauan di bawah ini:

  • Suara kicauan common waxbill variasi 1
  • Suara kicauan common waxbill variasi 2

Download suara common waxbill (klik di sini)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.