Suara unik common waxbill untuk masteran

Waxbill adalah kelompok burung dari keluarga Estrildidae, dalam genus Estrilda. Sebagian besar anggota kelompok ini tersebar di Afrika. Namun karena kepopularannya, burung waxbill banyak diintroduksi di sejumlah negara. Salah satunya adalah common waxbill (Estrilda astrid). Suara kicauannya yang unik bisa dijadikan masteran alternatif untuk burung kesayangan Anda.

Common waxbill atau St Helena waxbill (Estrildid astrid)
Common waxbill atau st helena waxbill (Estrilda astrid)

Common waxbill atau sering juga disebut dengan nama st helena waxbill merupakan jenis burung asli dari kawasan sub-Sahara Afrika. Spesies ini mudah dirawat maupun diternak, bahkan menjadi salah satu burung piaraan popular di berbagai negara.

Tubuhnya berukuran kecil, sekitar 11-13 cm, atau setara dengan kenari. Bentangan sayap sekitar 12-14 cm. Burung dewasa memiliki tubuh langsing, sayap bulat pendek, dan paruh merah yang bagian permukaannya berkilau seperti habis diolesi lilin (wax).

Sebagian besarnya bulunya berwarna abu-abu kecokelatan, dengan bulubulu halus berwarna cokelat gelap. Bagian mata hingga pipinya memiliki garis-garis kemerahan. Adapun bagian tenggorokan berwarna putih.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Common waxbill yang populer sebagai burung peliharaan
Common waxbill popular sebagai burung peliharaan di sejumlah negara.

Common waxbill terdiri atas 17 subspesies (ras), dengan sebagian besar wilayah persebaran di Afrika hingga selatan Sahara. Habitatnya berupa kawasan terbuka yang dipenuhi rerumputan tinggi, semak belukar, maupun rawa-rawa. Jenis burung ini cukup jinak dan tidak takut manusia, terutama saat mencari pakan di kebun-kebun, taman, atau lahan pertanian.

Sebelumnya, burung common waxbill hanya ditemukan di kawasan Afrika saja. Namun beberapa tahun belakangan ini, burung ini juga banyak dijumpai di beberapa negara Eropa, Amerika, hingga Australia, terutama karena proses introduksi yang massif.

Menangkar burung common waxbill

Untuk menangkar burung common waxbill, Anda dapat menggunakan kandang aviary maupun soliter / battery. Burung jantan dan betina bisa dibedakan dengan memperhatikan warna bulu-bulu di tubuh bagian bawah (perut). Burung jantan memiliki tubuh bagian bawah berwarna lebih gelap daripada burung betina.

Sepasang common waxbill, burung jantan di sebelah kanan
Sepasang common waxbill. Burung jantan di sebelah kanan.

Pakan yang biasa diberikan adalah biji-bijian seperti millet, serangga (kroto, rayap, ulat hongkong putih), dan biji-bijian berkecambah.

Tempat sarangnya sama seperti yang dipakai dalam penangkaran burung finch. Bahan sarangnya pun tidak berbeda dengan yang biasa digunakan untuk indukan burung finch. Burung betina bertelur sebanyak 4-6 butir, yang dierami selama 11-13 hari.

Suara kicauan common waxbill

Suara kicauan burung common waxbill cukup unik dan bisa dimanfaatkan sebagai masteran alternatif untuk burung kesayangan Anda. Silakan dengar dan download kicauan di bawah ini:

  • Suara kicauan common waxbill variasi 1
  • Suara kicauan common waxbill variasi 2

Download suara common waxbill (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.