Video, audio, dan perawatan kenari James Bond milik Mr Fadjar Bali – juara kelas utama Piala Raja

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Siapapun yang pernah menjuarai even akbar Piala Raja pasti akan bangga, bahkan merasakan sensasi kemenangan yang tak dijumpai pada even-even lainnya. Hal ini juga dirasakan Mr Fadjar Bali setelah kemenangan kenari James Bond di kelas utama: Maharaja.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Dalam gelaran Piala Raja 2015, kenari James Bond mengungguli sejumlah gaco terbaik dari berbagai daerah termasuk Algojo milik Om Yogi Naga Hitam. Algojo yang telah menjuarai berbagai even akbar lintasblok di Pulau Jawa harus puas di urutan kedua.

Dua kenari hebat milik H Tara (Pancasila SF Samarinda), yaitu Rolet dan Lexus, menempati peringkat ketiga dan kelima. Kenari Elvis Presley orbitan Om Yogi Naga Hitam, Raja Murah koleksi H Albert RJM (Jogja), dan Helikopter milik Mr Uut Tani Jaya (Balikpapan) masing-masing berada di posisi 4, 7, dan 9.

Mr Fadjar Bali
Mr Fadjar (2 dari kiri) bersama kru di Piala Raja 2015.

Kenari James Bond merupakan kenari spesial milik Mr Fadjar Bali. Begitu spesialnya, dia jarang sekali menurunkan James Bond di Bali. Bukan bermaksud jumawa, tetapi sikap Om Fadjar ini lebih didasari semangat untuk menjaga atmosfer lomba burung berkicau di Bali, khususnya di kelas kenari.

“Untuk even lokalan di Bali, James Bond lebih sering saya kandangkan. Yang saya turunkan biasanya White Lion, Anak Muda, dan Extra Jozz yang juga sudah puluhan kali meraih juara pertama di Bali,” kata Mr Fadjar.

Ya, kalau turun dalam even lokalan di Bali, hampir dapat dipastikan James Bond tidak memiliki lawan sepadan. Om Fadjar hanya menurunkannya dalam even-even akbar di Jawa, meski sesekali dia tetap membawanya dalam even besar di Bali.

James Bond sudah merasakan gelar juara satu pada even-even yang menggunakan sistem penjurian PBI, BnR, Ronggolawe, Dewa 99, maupun juri independen. Berikut ini sebagian prestasi James Bond:

EVEN TANGGAL JUARA
Piala Raja, Jogja06 Sep 20151, 2, 5, 7
Mei s/d Agustus 2015mabung
Bupati Jember Cup12 Apr 20151, 1, 1
Arema Cup V, Malang22 Mar 20151, 2, 4
Valentine Day, Jogja15 Feb 20151, 2, 3
Plaza Cup 3, Semarang18 Jan 20151, 1
Jatim Raya Cup, Surabaya7 Des 20144, 5
Pakde Karwo Cup IV, Surabaya12 Okt 20142, 6
Kapolres Probolinggo Cup22 Jun 20141, 1
Ebod Jaya Cup Jatim, Surabaya01 Jun 20142, 4
Piala Pakualam, Jogja11 Mei 20142, 2, 4
Valentine Day, Jogja16 Feb 20143, 3
Brimob Polda Bali20141
Banyuwangi Open20141, 1
Pakde Karwo Cup III, Surabaya15 Des 20134
Mr Fadjar Bali
Mr Fadjar dan rekan di Plaza Cup 3 Semarang

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Even Piala Raja 2015 merupakan penampilan perdana kenari James Bond pascamabung. Kondisinya saat itu sebenarnya baru 80%, tetapi sudah mampu menjuarai kelas paling bergengsi Maharaja. Tak hanya itu, James Bond sudah meraih juara 2, 5, dan 7 pada tiga kelas lainnya.

Keunggulan kenari James Bond

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Fadjar mendapatkan kenari James Bond ini dari Om Pendik Lontong, salah seorang master kenari kondang dari Malang. Saat itu James Bond mengikuti even Gajah Mada Cup di Mojokerto (2013) dan meraih doube winner. James Bond diboyong Om Fadjar ketika umurnya masih di bawah 1 tahun.

Mr Fadjar dan kenari James Bond
Mr Fadjar bersama kenari James Bond.

Kenari James Bond memiliki beberapa keunggulan tersendiri. Saat berlomba, kerjanya super ngedur. Kalau pun jeda hanya ambil nafas tidak lebih dari 3 detik, setelah itu jalan lagi dengan durasi sangat panjang.

Bahkan kerap pula jedanya hanya sepersekian detik, sehingga terdengar di telinga penonton seperti  bunyi hingga bermenit-menit tanpa jeda. Kalau digantang sendirian di rumah, durasi plus gayanya biasanya hanya sekitar 40 detik.

Selain itu, staminanya sangat prima. Hal ini mungkin karena efek tiap hari hidup di sangkar umbaran gantung, sehingga nafasnya menjadi panjang.

Mr Fadjar Bali
Mr Fadjar saat mengikuti even akbar Valentine Day di Jogja, Februari 2015.

Nah, berikut ini video kenari James Bond yang direkam dalam sangkar hariannya di rumah sekitar 3 minggu lalu, beberapa hari setelah beres mabung.

Om Kicau juga telah mengkonversi video di atas dalam format audio mp3. Ada dua versi, yaitu versi original dan versi repetisi (dua kali pengulangan, dengan jeda 10 detik):

  • Audio 1 kenari James Bond (original)
  • Audio 2 kenari James Bond (repetisi 2 kali)

Om Fadjar berharap, semoga James Bond selalu mampu mengharumkan nama Bali di kancah kenari nasional, mendamping koleksinya di kelas cendet seperti Peter Pan, New Peter Pan, dan Sirag Sarek. (OK-1)

Download audio | Perawatan James Bond

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.