Memilih dan mengenali karakter cendet dari bentuk ekor

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Selain dikenal dengan suaranya yang lantang dan bervariasi, cendet memiliki mental tarung yang bagus. Karena itu, cendet dikenal sebagai burung yang sangat agresif. Tentu saja tidak semua cendet mempunyai karakter dan mental seperti itu. Nah, memilih dan mengenali karakter cendet ternyata dapat dilakukan dengan memperhatikan bentuk ekornya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Mengenali karakter cendet dari bentuk ekor
Mengenali karakter cendet dari bentuk ekornya

Selama ini, cendet mania lebih sering memelihara burung yang masih bahan, kemudian dilatih dan dipoles sehingga menjadi burung berkualitas lomba. Namun seringkali hasilnya justru di luar perkiraan. Cendet yang dipeliharanya malah menunjukkan sifat dan karakter yang membuat jengkel pemiliknya.

Polah cendet yang demikian sebenarnya sudah bisa ditebak dalam kesehariannya. Sebab, secara umum, cendet yang rajin bunyi namun banyak ulah / tingkah saat di rumah justru tak mau nampil dengan baik di lapangan. Sebaliknya, burung yang cenderung berpembawaan tenang ketika di rumah justru menunjukkan hasil memuaskan saat berada di lapangan.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Bagi yang sudah berpengalaman, memilih dan mengenali karakter cendet bisa dilakukan dengan memperhatikan bentuk fisiknya, terutama ukuran tubuh dan bentuk ekor cendet. Misalnya, cendet dengan bentuk tubuh bulat gemuk namun ekornya mengembang, biasanya tidak akan cocok dibawa ke lapangan.

Adapun cendet yang postur tubuhnya panjang dan langsing, bentuk ekor saling menumpuk menyatu (membentuk angka satu), lebih mudah dibina untuk tampil lebih sangar di lapangan.

Kalau kita perhatikan selama ini, cendet yang memiliki bentuk ekor rapi dan saling menyatu itu biasanya memiliki karakter dan pembawaan tenang. Burung dengan kondisi seperti itulah yang bisa tampil bagus ketika dilombakan.

Mengenai bagaimana perawatan cendet agar siap dilombakan, silakan buka lagi arsipnya dalam tautan di bawah ini:

Mengetahui ciri-ciri cendet siap lomba

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.