Om Edy Prabowo, bankir yang sukses beternak murai batu di Anyer

Kawasan Anyer, Banten, dikenal sebagai salah satu sentra penangkaran murai batu. Salah satu di antaranya adalah EP Bird Farm (BF) milik Om Edy Prabowo. Lokasi penangkarannya di kawasan Cikoneng, Anyer.

Sehari-hari, Om Edy bekerja sebagai bankir di Jakarta. Lelaki ini dulu termasuk pemain murai batu di Jabodetabek. Namun sejak mendirikan EP BF setahun lalu, Om Edy lebih fokus beternak daripada mengikuti lomba.

“Lebih asyik di kandang ternak. Banyak tantangannya, dan menjadi nikmat ketika tantangan itu bisa terselesaikan,” kata Om Edy Prabowo yang juga pemilik event organizer EP-24 Enterprise di Depok dan Mampang (Jakarta Selatan).

Breeding murai batu EP BF Anyer - Om Edy Prabowo
Om Edy Prabowo di depan kandang ternak EP BF Anyer.

Meski penangkaran murai batunya belum genap satu tahun, Om Edy Prabowo sudah memiliki 15 petak kandang. Semuanya sudah terisi pasangan induk, bahkan sebagian besar sudah produksi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Induk murai batu jantan yang digunakan umumnya eks jawara lomba, hasil huntingnya selama bertahun-tahun dan koleksinya selama menjadi pemain.

Beberapa induk jawara yang ada di kandang ternak EP BF antara lain Natuna (take-over dari Om Mike Kemang) dan murai blacktail Serambi Mekah yang ditransfer dari Mr B-Jo. “Ada juga Zero yang saya beli saat menjuarai even di Mampang Enterprise. Belum lama ini saya juga ambil induk jantan dari SBC BF milik Om Kevin Kumala di Sentul,” jelas Om Edy.

Breeding murai batu EP BF Anyer
Salah satu induk murai batu jantan eks jawara.

Adapun murai batu koleksi Om Edy selama aktif di lapangan antara lain Bayi Centil, Jahanam, dan lainnya. Untuk induk betina, dia menggunakan produk dari beberapa peternak di kawasan Banten seperti Arco-Kapuk BF Serang, HAD Anyer, dan sebagian lagi murai betina ring BnR.

Mengingat profesinya sebagai bankir di Jakarta, Om Edy mempercayakan pengelolaan EP BF kepada Om Didit. “Setiap akhir pekan saya memantau langsung ke kandang,” tuturnya.

Breeding murai batu EP BF Anyer
Om Edy Prabowo (kaos putih) bersama Om Didit.

Setiap petak kandang berukuran 1,5 x 2 m2, tinggi 3 meter, di mana dindingnya terbuat dari batu bata merah. Kandang dilengkapi dengan bak mandi.

“Tempat sarang berbentuk boks tripleks dan buah kepala yang dilubangi. Semuanya diletakkan di bagian atas pojok kandang. Induk murai bebas memilih sendiri model sarang yang disukai,” tambah Om Edy.

Pakan utama berupa voer, sedangkan pakan tambahan / extra fooding (EF) terdiri atas jangkrik dan cacing tanah. Jangkrik diberikan sebanyak-banyaknya, dan ditempatkan dalam bak plastik. Adapun cacing tanah sebagai selingan, namun menjadi menu wajib saat induk sedang merawat anaknya.

Breeding murai batu EP BF Anyer
Salah satu pasangan induk yang sudah berproduksi.

Semua induk yang digunakan berpostur besar dan berekor panjang. Jika induk jantan maupun induk betina sedang mabung, mereka akan diistirahatkan dan disimpan dalam kandang terpisah.

Begitu menetas, anakan tetap dalam pengasuhan induknya selama 7 hari. Setelah itu dipanen dan dibesarkan dalam kandang inkubator yang dilengkapi dengan lampu penghangat. Anakan yang sudah berumur 2 minggu langsung dipasangi ring, dengan kode EP-24.

Setelah umurnya mencapai 1,5-2 bulan, atau sudah bisa makan sendiri, trotolan murai batu sudah bisa dipasarkan. Harganya berada dalam kisaran Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per ekor, tergantung kualitas induknya.

Breeding murai batu EP BF Anyer
Anakan murai batu umur 7 hari langsung dipanen.

Dalam waktu singkat, EP BF kini berkembang menjadi salah satu breeder murai batu terbesar di kawasan Anyer. Produknya terus berkembang dan diminati para kicaumania di Banten maupun Jabodetabek. d’one

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.