Ragam lovebird parblue di Indonesia dan kisaran harga saat ini

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sampai saat ini masih sering terjadi kerancuan mengenai lovebird parblue. Untuk membantu Anda yang belum memahami benar apa itu lovebird parblue, berikut ini ragam lovebird parblue di Indonesia dan kisaran harga saat ini. Sebagian materinya bersumber dari Om Joely Exotict LB, breeder lovebird warna eksotik di Palur, Solo (0856 4713 8200).

Lovebird jenis parblue sampai sekarang masih menjadi buah bibir di kalangan kicaumania Indonesia. Tak hanya itu, banyak lovebird mania yang ingin mengoleksinya, baik sebagai burung hias maupun untuk ditangkarkan / diternak.

Parblue sebenarnya merupakan nama lain dari yellow face, salah satu jenis mutasi terbaru dan belakangan ini terus menghasilkan varian-varian baru. Sesuai dengan namanya, lovebird ini memiliki muka berwarna kuning atau kuning keputihan.

Lovebird Hulk
LB Hulk juara 1 Kelas Parblue dan BOB dalam Lovebird Beauty Contest BnR Award (7/6/2015)
Foto: Koleksi Thera BF Semarang

Istilah parblue sendiri merupakan akronim dari partial blue (sebagian biru), mengacu pada keberadaan warna biru pada beberapa bagian tubuh selain muka, meski tidak dominan alias hanya sebagian saja.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Yang menarik, lovebird parblue umumnya mempunyai paruh berwarna oranye. Bukan merah seperti lovebird golongan green series, atau putih pada golongan blue series. Tetapi beberapa lovebird blue series saat masih anakan bisa saja memiliki paruh putih meski setelah dewasa berubah menjadi orange.

Lovebird parblue pertama kali ditemukan oleh Felix del Valle, seorang breeder yang mukim di Tampa, Florida, AS, tahun 2001. Sejak itu pula Om Felix aktif mengembangkan dan mempopulerkan lovebird parblue sehingga dikenal di seluruh dunia.

Beberapa breeder di Indonesia kemudian mengimpor lovebird parblue dari Amerika, karena kita memang tidak bisa mencetak parblue tanpa menggunakan induk dari jenis parblue pula. Salah seorang breeder yang berhasil mengembangkan lovebird parblue di negeri ini adalah Om Joely Exotict LB.

Yuli Exotic Lovebird Solo
Om Joely Exotict baju putih) di depan kandang breeding lovebird.

Di Surabaya juga ada Om Lalang Kibar, pemilik Pecox BF, yang juga sukses mengembangkan parblue. Akhirnya, meski melalui perjuangan berat dan harus rajin melakukan trial and error, satu demi satu breeder pencetak LB parblue terus bermunculan di Indonesia.

induk lovebird parblue
Sebagian induk lovebird parblue di Pecox BF Surabaya.

( lihat Pecox BF lepas 20 pasangan induk parblue dan biola, ditukar rumah senilai 450 juta)

Menurut Om Joely, beternak lovebird parblue memberi ruang kepada para breeder untuk terus berkreasi serta berinovasi sehingga bisa menghasilkan banyak sekali varian alias hasil mutasi baru berbasis parblue.

“Kuncinya adalah aktif melakukan permainan olah warna dengan metode kawin silang (crossing). Hasilnya pun jauh lebih bagus daripada materi-materi awal saat saya mengimpornya langsung dari Amerika,” ujar Om Joely.

Kalangan breeder makin bersemangat, lantaran permintaan pasar terhadap parblue terus meningkat, kendati harganya jauh di atas lovebird eksotik lainnya.

Bahkan parblue hasil breeding anak bangsa Indonesia makin diminati kalangan lovebird lovers di mancanegara. Ini dialami sendiri oleh Om Joely yang makin sering menerima order dari luar negeri. Kebetulan ia juga anggota FB Lovebird Connection, yang antara lain digawangi Om Felix del Valle.

Kalau mau dibedah tuntas, jenis lovebird parblue sudah mencapai ratusan, meski di Indonesia baru mencapai puluhan jenis. Itu pun tidak selalu dimiliki oleh setiap penangkar. Om Joely, misalnya, mengakui ada beberapa jenis parblue yang tak dimilikinya, karena variannya memang sangat banyak.

Secara umum, ada tiga kelompok besar mengenai varian lovebird parblue, yaitu:

  • Parblue fischeri (muka kuning) yang notabene adalah parblue yang pertama kali ditemukan Om Felix del Valle.
  • Parblur personata (kepala hitam).
  • Parblue sable head (kepala kuning, full ngalung).

Berikut ini beberapa jenis parblue yang ada di Indonesia dan kisaran harganya saat ini:

1. Parblue standar hijau

Standard parblue green / parblue standar hijau merupakan produk pertama parblue seperti ketika ditemukan Om Felix del Valle di Tampa, Florida, AS (2001).

parblue standar hijau
Standard parblue green / parblue standar hijau.

Harga anakan saat ini sekitar Rp 4 juta per ekor. Jika sudah dewasa, harhanya sekitar Rp 6,5 juta per ekor, atau bahkan bisa lebih dari itu, tergantung kualitas burung, kondisi kesehatan, size / ukuran, dan terkadang silsilah atau asal-mula induknya.

Parblue warna standar impor.
Parblue standar hijau yang diimpor Om Joely Exotict LB.

2. Parblue standar pastel

Menurut Om Joely, parblue standar pastel bisa dibilang sekelas dengan parblue standar hijau maupun parblue standar mauve, dengan kisaran harga yang hampir sama, baik untuk anakan maupun dewasa.

Parblue standar pastel
Parblue standar pastel koleksi Om Felix del Valle.

3. Parblue sable head

Parblue sable head bisa dikenali dari corak kepalanya yang polis bersih tanpa noda, dan tanpa corak pola pada tubuhnya. Jenis ini memiliki banyak varian warna, dengan harga yang bervariasi pula.

Misalnya parblue sable violet (lihat gambar di bawah) yang harga anakannya saja mencapai Rp 8,5 juta / ekor. Kalau sudah dewasa, harganya rata-rata mencapai Rp 12 juta atau lebih per ekor, tergantung kualitasnya.

Parblue sable head violet
Parblue sable head violet

Gambar berikut ini masih mengenai parblue sable violet (posisi di bawah) yang sedang bercengkerama dengan parblue standar hijau (atas).

Sable parblue violet dan dominant pied parblue green
Sable parblue violet dan dominant pied parblue green

Varian lain dari parblue sable head adalah sable mouve dan sable green, tentunya dengan kisaran harga yang berbeda pula.

4. Parblue blorok

Parblue dominant pied (dompie) atau parblue blorok juga memiliki beberapa varian, misalnya parblue blorok violet dan parblue blorok hijau, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Parblue blorok violet dan parblue blorok hijau
Parblue blorok violet (kanan) dan parblue blorok hijau.

Gambar di bawah ini merupakan anakan parblue sable head blorok hijau umur dua bulan.

anakan parblue sable head blorok hijau
Anakan parblue sable head blorok hijau umur dua bulan.
Parblue blorik violet
Parblue blorok violet

Berikut ini beberapa varian lain dari lovebird parblue yang dimiliki Om Joely Exotict LB:

  • Parblue blorok dark violet
Dominant pied parblue dark violet
Dominant pied parblue dark violet / parblue blorok dark violet.
  • Parblue blorok biru
Dominant pied parblue violet dan blue
Parblue blorok biru (atas) bersama parblue blorok violet.

Satu atau dua tahun lagi, para breeder lovebird warna di Indonesia pasti akan memperoleh varian-varian baru hasil mutasi indukan parblue. Ya, dunia lovebird memang nggak ada matinye, lantaran bakal selalu ada mutasi warna terbaru yang tidak kita sangka-sangka sebelumnya.

Tingkat kesulitan yang lebih tinggi serta kelangkaan materi membuat harga lovebird parblue jauh lebih mahal daripada lovebird warna eksotik lainnya. Tetapi yang namanya dunia hobi, terkadang harga tinggi tak menjadi persoalan bagi sebagian lovebird lovers yang superlover. Bahkan menjadi kebanggaan dan prestise tersendiri bagi pemiliknya.

Apalagi jika parblue tersebut bisa menjuarai kontes kecantikan lovebird (lovebird beauty contest). Tentu saja harganya makin mahal, meski terkadang si pemilik tetap enggan menjualnya.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan sekaligus inspirasi dan motivasi untuk menjadi lebih semangat lagi dalam dunia hobi burung ini. Apabila Anda ingin memperoleh penjelasan lebih mendalam, silakan kontak Om Joely Exotict LB (0856 4713 8200).

Note:  Bagi breeder lovebird yang mempunyai foto dan info harga jenis parblue lainnya, silakan kirim ke email redaksi[at]omkicau.com, untuk diupdate pada artikel ini.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.