Mandi cepuk sebelum lomba, kenari Brilliant pun kerap juara

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kenari Brilliant milik Om Rudi RKJ (Rudi Kenari Jogja) saat ini menjadi kenari postur kecil (kalitan) yang disegani di Jogja dan sekitarnya. Sudah banyak prestasi yang diukirnya sejak medio Juli lalu. Prestasi terbarunya adalah juara 1 dalam Pilpres Selapanan Penny Jaya SF di Jogja, Minggu (13/9).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Prestasi terbaik kenari Brilliant adalah double winner dalam gelaran Redy Cup I yang dikemas BnR di Taman Pasar Seni Gabusan Jogja, 9 Agustus lalu. Kontes ini cukup berkelas, dan kelas kenari diluberi peserta.

Kenari Brilliant
Kenari Brilliant, kecil-kecil cabe rawit.

Kendati sebagian besar gelar juara diraihnya dalam even-even di Jogja, gaco andalan Om Rudi RKJ ini bukanlah jago kandang. Buktinya, Brilliant juga sukses menjuarai Kapolres Cup Purworejo (2/8) serta moncer dalam even Pangandaran Beach Bird Contest di Ciamis, 23 Agustus 2015 (juara 3, 3, dan 4).

DAFTAR PRESTASI KENARI BRILLIANT

Berikut ini beberapa prestasi kenari Brilliant sejak diorbitkan medio Juli 2015:

EVENTANGGALJUARA
Pilpres Selapanan Penny Jaya, Jogja13-09-20151
BnR Pangandaran Beach, Ciamis23-08-20153, 3, 4
Semarak Kemerdekaan Adi TV Jogja16-08-20154
Latpres Modalan, Jogja12-08-20151, 1
Redy Cup 1, Jogja09-08-20151, 1
Kapolres Cup Purworejo02-08-20151
Launching ABJ BnR, Jogja28-07-20155
Latpres Sembego, Jogja28-07-20151, 5
Anniversary Bodem, Jogja26-07-20152
New Pos Jakal, Jogja26-07-20152
Ngabuburit Modalan, Jogja11-07-20152, 6
Om Rudi RKJ dan kenari Brilliant
Om Rudi RKJ bersama kenari Brilliant.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Om Rudi RKJ tinggal di daerah Sorowajan, Jalan Garuda No 132 Banguntapan, Bantul, atau di sebelah utara Gedung Jogja Expo Center (JEC). Selain aktif main di lapangan, dia juga beternak kenari dengan mengibarkan bendera RKJ Bird Farm (BF).

Kandang ternak kenari RKJ BF
Kandang ternak kenari RKJ BF milik Om Rudi.

Koleksi indukannya cukup banyak, yaitu sekitar 50 ekor induk betina dan 8 induk jantan eks jawara di arena lomba. “Namun Brilliant bukan hasil breeding sendiri. Saya omong apa adanya saja,” jelas Om Rudi.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Meski jumlah indukan cukup banyak, Om Rudi tak mengalami kesulitan dalam mengelolanya. Hasil ternaknya pun banyak diminati kalangan kenarimania di seputaran Jogja.

“Karena sudah banyak kicaumania yang order maupun indent, saya malah tidak pernah kebagian. Tetapi ya nggak apa-apa, karena konsumen harus lebih di utamakan,” ujarnya.

Anakan kenari hasil ternak RKJ BF
Anakan kenari hasil ternak RKJ BF sudah dibooking pembeli.

Perawatan kenari Brilliant

Sebenarnya perawatan kenari Brilliant tidak jauh berbeda dari kenari-kenari lainnya. Misalnya setiap hari dijemur, dengan durasi sekitar dua jam atau tergantung kondisi burung. Pakan tambahan / extra fooding (EF) terdiri atas jagung muda, sawi, dan gambas, namun diberikan secara berselang-seling.

Polier (kandang umbaran) hanya digunakan sesekali saja alias tidak rutin setiap hari, tergantung kondisi burung. “Kalau sudah cukup bugar, ya tidak perlu dimasukkan ke polier,” tambahnya.

Perawatan lomba pun relatif sederhana. Yang penting burung full kerodong sejak H-1, atau satu hari sebelum berlomba. Pengerodongan dilakukan setelah burung menjalani perawatan rutin pada pagi hari.

Pada Hari-H, Om Rudi RKJ juga menerapkan ritual khusus untuk kenari Brilliant. Sebelum digantang, burung wajin mandi dalam cepuk, setelah itu diberi telur puyuh rebus.

“Waktu mandi  disesuaikan sedemikian rupa, sehingga saat digantang bulu-bulunya sudah tidak lagi basah,” jelasnya.

Terapi tali ranjau agar tak ngeruji

Selain perawatan harian dan setelan lomba seperti dijelaskan di atas, setiap hari kenari Brilliant juga menjalani terapi tali ranjau. Dalam hal ini, burung dimasukkan ke dalam sangkar yang bagian depan dan belakang tangkringan diberi ranjau dari benang-benang kecil.

Terapi ini hampir sama seperti yang dilakukan Om Helmi Asalvo (lihat di sini). Bedanya, Om Helmy menggunakan karet pentil yang dipasang secara menyilang sehingga membentuk formasi X. Adapun Om Rudi RKJ menggunakan tali berukuran lebih kecil, dan dipasang pararel tiga buah.

tali ranjau untuk kenari
Om Rudi RKJ: Mulai H-2, tali ranjau dilepas dari sangkar kenari.

Namun pada dasarnya, kedua metode ini ini memiliki fungsi dan tujuan yang sama, yaitu agar kenari tak mudah ngeruji saat dilombakan. “Kalau mau lomba, maka mulai H-2 burung dipindah ke sangkar lomba, atau tali ranjaunya dilepas,” kata Om Rudi.

Bagi sobat kicaumania yang ingin mengetahui lebih detail, ingin bertukar pikiran masalah perawatan maupun breeding kenari, silakan kontak Om Rudi PJK dengan nomor HP 0856 4315 8569 / 0877 3883 4243, atau Pin BB 7586F89C. (Waca)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.