Treatment khusus agar kacer giras menjadi jinak-lalat

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak orang percaya kalau kacer dalam kondisi setengah jinak dapat tampil maksimal ketika dilombakan, dan bisa mengurangi potensi mbagong. Namun kalau burung terlalu giras, tentu akan mengurangi penampilannya. Bulu-bulu pun sering rusak lantaran sering menabrak jeruji akibat ketakutan. Untuk memudahkan perawatannya, berikut ini treatment khusus agar kacer giras menjadi jinak-lalat.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kacer yang terlalu giras cenderug sulit dirawat dan jarang berbunyi
Kacer yang terlalu giras cenderung sulit dirawat dan jarang berbunyi.

Sebagian besar burung kacer yang masih giras didapat dalam kondisi bakalan atau hasil tangkapan hutan, sehingga belum sepenuhnya mampu beradaptasi dengan lingkungan manusia.

Biasanya kacer yang terlalu giras cenderung menyulitkan kita saat merawatnya. Bayangkan, ketika kita mengganti pakan dan air minum, burung terlihat sangat ketakutan Bahkan rasa takutnya terlalu berlebihan sehingga melukai dirinya sendiri.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Selain sulit dirawat, kacer yang terlalu giras juga jarang berbunyi, kecuali apabila disimpan di tempat sepi dan jauh dari aktivitas manusia. Kalau sudah begini, banyak kacermania yang merasa bete sehingga memutuskan menukar burungnya dengan yang lain.

Sebenarnya ada alternatif lain yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, yaitu dengan membuat kacer giras tersebut menjadi jinak-lalat. Solusi ini bisa memudahkan perawatannya, sekaligus membuatnya mau berbunyi di mana saja.

Tentu tidak ada yang instan dalam perawatan burung kicauan. Begitu pula dengan teknik menjinak-lalatkan burung kacer yang terlalu giras. Tetap diperlukan kesabaran dan konsistensi dalam melatih kacer agar bisa jinak-lalay.

Treatment menjinak-lalatkan kacer yang terlalu giras

Berikut ini beberapa tahapan dalam melakukan treatment khusus agar kacer yang semula terlalu giras bisa menjadi jinak-lalat:

  • Menjinak-lalatkan kacer yang terlalu giras bisa dimulai dengan membuatnya tenang terlebih dulu. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan full kerodong pada burung yang baru dibeli.
  • Selanjutnya, burung digantang di tempat yang tenang sampai esok hari, dengan tetap memperhatikan pakan dan air minumnya.

NB: Untuk kacer yang baru dibeli dari pasar burung, pemberian BirdFirstAid (BFA) bisa membuat burung makin tenang dan mudah ditangani.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Esok harinya, kerodong mulai dibuka dengan sangat hati-hati. Jangan sampai pintu sangkar ikut terangkat yang bisa membuat burung terlepas.
  • Tahap berikutnya, kacer menjalani terapi lapar. Namun untuk keamanannya, terapi lapar dikhususkan bagi kacer yang sudah makan voer. Jadi, tidak dianjurkan jika burung belum terbiasa makan voer, karena bisa membuatnya mudah sakit.
  • Cabut tempat pakan dan tempat minumnya. Selanjutnya, sangkar kacer dibiarkan berada di bawah selama beberapa menit untuk membiasakannya dengan aktivitas atau lalu-lalang manusia. Jangan pernah lengah mengawasinya, karena risikonya terlalu besar seperti diserang kucing, anjing, atau digondol maling.
  • Mandikan kacer dengan cara disemprot, dengan asumsi burung belum terbiasa mandi karamba. Semprotlah hingga basah kuyup, sebelum kacer benar-benar siap dilatih mandi dalam karamba mandi. Penyemprotan hingga basah kuyup merupakan bagian terpenting dalam proses penjinakkan.
  • Setelah itu, kacer dianginkan beberapa menit agar bulu-bulunya kering. Posisi sangkar tetap berada di bawah dan terkena terik matahari.
  • Setelah bulu-bulunya mengering, burung akan merasa lapar sehingga waktunya diberi pakan. Berikan jangkrik dengan menggunakan tangan kita. Kika burung masih ketakutan, bisa dilakukan dengan bantuan lidi.
  • Jika kacer mau mengambil pakan dari tangan atau lidi, tahap selanjutnya adalah menggantang sangkarnya di tempat teduh. Jangan lupa masukkan tempat pakan dan air minumnya. Biarkan selama beberapa waktu agar burung bisa lebih tenang.
  • Latihan berikutnya adalah menutupi sangkar dengan kerodong sangat tipis, lantas digantang di tempat yang agak ramai, misalnya pinggir jalan, dekat warung, atau dititipkan pada rekan Anda yang kebetulan berjualan di pasar / kios burung. Langkah ini akan membiasakan burung dalam situasi ramai.
  • Sore menjelang malam hari, sebaiknya burung digantang di tempat yang menjadi aktivitas keluarga, misalnya ruang televisi. Gantang sangkarnya di ruangan tersebut, tapi jangan sampai diganggu atau dimain-mainkan, sehingga burung akan memiliki naluri bahwa Anda dan keluarga bukan makhluk yang patut ditakuti.
  • Malam harinya, mandikan burung dengan cara disemprot hingga basah kuyup. Setelah itu dianginkan sebentar sambil diberi 2 – 3 ekor jangkrik dengan cara dipegang tangan atau menggunakan lidi.
  • Keesokan harinya, burung dikeluarkan untuk diembunkan. Pada saat itu Anda bisa memberinya jangkrik dan kroto sebanyak 1 sendok teh, kemudian dibiarkan selama beberapa menit agar kacer mau berkicau.

Apabila tahapan-tahapan di atas bisa dilakukan secara rutin setiap hari, maka kacer bisa menjadi jinak-lalat dalam waktu sekitar 2 minggu. Dengan demikian, perawatan hariannya akan lebih mudah dan burung tidak ragu-ragu lagi mengeluarkan suara kicauannya.

Jika burung tetap saja giras, tingkatkan frekuensi mandinya. Kalau semula hanya mandi sehari sekali, bisa ditambah menjadi 2 – 3 kali sehari dengan cara disemprot hingga basah kuyup.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

5 Comments

  1. “Malam harinya, mandikan burung dengan cara disemprot hingga basah kuyup.” pertanyaan nya, gak apa2 ya burung dimandikan di malam hari ? apa gak kedinginan dan sakit jadinya ?

    • lebih banyak diterapkan pada burung bertipe petarung / fighter om, tujuannya agar burung tidak terlalu jinak juga tidak terlalu giras yang bisa mengurangi penampilannya ketika dilombakan.

Komentar ditutup.