Deli Nature Canary Competition Sleman: Mirip Papburi, tapi 12 gantangan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Dunia hobi kicauan memang sarat kreasi dan inovasi. Ini terlihat dalam hal teknis penangkaran, perawatan burung, hingga lomba burung kicauan. Semangat itulah yang dibawa para pegiat Deli Nature Canary Competition saat menggelar kontes burung kenari di Resto Mbak Cempluk, Jl Kabupaten Km 5 Gamping, Sleman, Minggu (4/10).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Konsep yang dikembangkan dalam even ini merupakan penggabungan dari kontes kenari model Papburi dan tren kontes pleci terkini. Seperti diketahui, kontes kenari Papburi menerapkan sesi penyisihan dengan 10 gantangan per sesinya.

Nah, Deli Nature Canary Competition juga menerapkan konserp serupa. Namun sesi penyisihan memakai konsep 12 gantangan (12G) seperti yang diterapkan teman-teman plecimania saat ini. Burung-burung terbaik di setiap sesinya akan maju ke babak final yang juga berisi 12 gantangan.

Deli Nature Canary Competition
Suasana penilaian kontes kenari 12 gantangan ala Deli Nature Canary Competition.

Tim juri terdiri atas enam orang yang berputar setiap dua menit penilaian. Ada juga satu orang koordinator lapangan (korlap) yang bertugas memantau sehingga bisa bekerja secara maksimal.

Yang menarik, dalam gelaran Deli Nature ini terdapat seorang juri perempuan, yaitu Mbak Rika. Kicaumaniawati ini memulai kariernya sebagai juri di TKKM (Taman Kuliner Kicau Mania) Jogja. Dia terlihat pede saat memberikan penilaian.

Mbak Rika, juri perempuan
Mbak Rika sangat pede dalam menilai kenari.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Kejutan di kelas kalitan

Dalam even ini, terjadi kejutan di Kelas Kalitan Emetion. Kenari Wingko Babat Jr milik Om Agung Wirobrajan (A-AH Jogja) meraih total poin tertinggi di babak final, sehingga dinobatkan sebagai juara pertama.

Wingko Babat Jr mengungguli kenari yang lebih mapan, WB Eksekutor milik Om Verry Brother yang bertengger di posisi ketiga. Juara 4 diraih kenari Densus milik Om Danang Godean.

Melihat penampilannya, kenari Wingko Babat Jr memang layak diperhitungkan. Sejak sesi awal (penyisihan) hingga final, penampilannya terus ngedur, nagen, dan sangat stabil.

Om Agung Wirobrajan
Om Agung Wirobrajan unggul di kelas kalitan.

Lagu standar cengkoknya memang sangat menekan lawan-lawannya, didukung durasinya yang panjang. Om Agung merupakan breeder kenari yang dikenal dengan kode ring A-AH YK.

Kelas Kenari Reguler Daily dimenangi Jerico, gaco andalan Om Daniel SP (Jogja). Om Daniel juga menurunkan kenari Jet Tempur 2 di kelas ini, dan moncer di peringkat ketiga. Juara kedua diraih kenari Marcel koleksi Om Pam Pam (Jogja).

Carok, gaco milik Om Rudi Jongke (Kampung Kenari), harus puas di posisi 11. Adapun rekan satu timnya, Om Kontel, menurunkan kenari Casper dan menempati peringkat 9.

Kelas Reguler Daily merupakan istilah di Deli Nature untuk kelas bebas. Para juri tentunya akan mengedepankan kenari yang memiliki lagu-lagu indah, sehingga pilihannya lebih dominan pada kenari isian.

Menurut Om Novelino, panitia inti Deli Nature Canary Competition, setiap peserta bisa memilih kelas-kelas yang dilombakan. Untuk kenari isian, misalnya, memang lebih afdol di Kelas Reguler Daily, karena kans menjadi juara lebih besar.

Ada lagi Kelas Yorkshire Deli Nature. Jawara kali ini adalah kenari Saprol besutan Om Pramono dari Demangan. Om Patar menurunkan kenari Buldozer dan menjadi juara kedua, setingkat di atas Sultan kepunyaan Om Zujat (Zha Prot).

Kru Om Pramono dan kenari Saprol
Kru Om Pramono: Saprol terbaik di kelas yorkshire.

Kelas Campuran Impor juga dilombakan dalam gelaran Deli Nature. Vega Silver milik Om Bettrik tampil sebagai juara pertama. Posisi kedua ditempati Viker Gun milik Om Totok Asa Mukti (Duta PPK-1 Parikesit 25 Oktober).

Om Bettrik mengaku puas terhadap penampilan Vega Silver. “Minggu (11/10) besok akan saya turunkan lagi dalam even Kambing Hitam Cup di Jogja,” ujarnya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Juara kelas campuran impor
Om Bettrik (kiri) dan Om Totok (2 dari kanan), juara 1 dan 2 Kelas Campuran Impor.

Om Totok pun tidak kecewa gaconya hanya finish di posisi kedua. Viker Gun sebelumnya sukses menjuarai even akbar BnR Award di Jakarta, Juni lalu. “Kehadiran kami sekaligus mengundang sobat kenarimania dalam even PPK-1 Parikesit Klaten, 25 Oktober mendatang,” kata Om Totok.

Secara keseluruhan, gelaran Deli Nature Canary Competirion berlangsung sukses. Para peserta pun mengaku puas. Namun Om Novelino berharap ada kritikan dan saran demi perbaikan even ini ke depan. (Waca)

Om Navelino
Om Novelino: Mohon saran dan kritikan.

Hasil Deli Nature Canary Competition, Sleman (Minggu, 4 Oktober 2015)        

Juara Kalitan Emetion
1. Wingko Babat JrAgung WA-AH YK
3. WB EksekutorVerryBrother
4. DensusDanangGodean
5. HunterArwan BatamComand
6. Lombok RawitTugu JgjSidoarum
7. ValentinoYantoSidoarum
8. Buser PanahAndreBandungan
9. LancarNonot
10. LeoparkAgungMuzaik
12. Super ManYantoJogja
Yorkshire Deli Nature
1. SaprolPramonoDemangan
2. BuldozerPatarJogja
3. SultanZujatZha Prot
4. TomatAndreBandungan
5. SensasiArif YudiOmah Kenary
6. JamrudPKJJogja
7. Sam GongErwin EdiJogja
8. RS 1EddyRama Sakti
9. JokerAgusSleman
10. KoboyArsi 88Arsi 88
11. TiaraBoomGodean
12. RS 2EddyRama Sakti
Kenari Reguler Daily
1. JericoDanielJogja
2. MarcelPam PamJogja
3. Jet Tempur 2DanielJogja
4. JossLilik PJJogja
5. Super TerorPRJBerbah
6. OchaJay JAYJnJ Farm
7. BulduzerEddiJogja
9.CasperKontelJongkang
10. JagatPKJJogja
11. CarokRudiJongke
12. PrawiroSwisDt PPK1 Parikesit 25 Okt
Campuran Impor
1. Vega SilverBettrikSego Tahu
2. Viker GunMuktiDt PPK1 Parikesit 25 Okt
3. WisanggeniYanuarWates
4. BedorDastinDMC BF
5. BlacanEdi SNgabean
Reguler Campion
1. RampokAndreCasanova

Selamat kepada para pemenang, tetap semangat untuk peserta lainnya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.