Melatih burung cucak hijau mini agar mau makan voer

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Cica daun kecil / lesser green leafbird (Chloropsis cyanopogon) atau lebih popular dengan sebutan cucak hijau mini merupakan salah satu spesies burung kicauan dari keluarga Chloropseidae yang beberapa pekan terakhir ini banyak ditemukan di pasar burung. Ia masih berkerabat dekat dengan cucak hijau, cucak ranting / cucak rante, dan burung-burung dari keluarga leafbird lainnya.

Butuh trik tersendiri agar burung cucak hijau mini mau makan voer
Butuh trik tersendiri agar cucak hijau mini mau makan voer

Kendati bertubuh mungil, suara kicauannya tidak kalah dari cucak hijau biasa / cica daun (Chloropsis sonneratii). Sama seperti cucak hijau biasa, si mungil ini juga pintar meniru berbagai suara kicauan jenis burung lainnya. Tidak heran jika cucak hijau mini kerap dijadikan burung masteran bagi berbagai jenis burung kicauan lainnya, termasuk murai batu.

( lihat juga Kumpulan audio cucak hijau mini untuk masteran )

Masalah yang kerap muncul dalam perawatan cucak hijau mini adalah burung sulit makan voer. Ya, hampir semua cucak hijau mini yang dijumpai di pasar burung merupakan hasil tangkapan alam. Wajar kalau sebagian besar dalam kondisi belum ngevoer, sehingga perlu dilatih terlebih dulu dengan pakan kering tersebut.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Banyak kicaumania beranggapan, cucak hijau mini sebaiknya dipelihara tanpa voer, sehingga hanya diberikan pakan alami saja seperti buah-buahan dan serangga. Hal itu diyakini dapat membuat burung lebih aktif dan rajin berkicau dengan suara bervariasi.

Mereka berpendapat, cucak hijau mini (juga cucak hijau biasa) yang hanya diberi pakan voer setiap hari cenderung memiliki bulu yang kusam, mudah kering, malas-malasan dan kurang rajin berbunyi. Benarkah demikian?

Anggapan itu sebenarnya tergantung dari karakter burung serta lama tidaknya perawatan yang diberikan. Banyak cucak hijau mini yang tetap gacor, meski sudah terbiasa dengan pakan voer.

Penggunaan pakan kering untuk burung kicauan pemakan serangga dan / atau buah sebenarnya bertujuan untuk memperpanjang peluang hidup bagi burung itu sendiri, ketika burung berada dalam perawatan manusia. Berbeda dari burung di alam liar. Secara instink, mereka akan mencari pakan sesuai dengan karakter dan kebiasaannya.

Di alam liar, mana ada murai batu yang makan voer. Namun dalam perawatan manusia, murai batu sudah terbiasa makan voer, sehingga peluang hidupnya bisa lebih lama. Begitu pula jenis burung kicauan lainnya, termasuk cucak hijau mini.

Apalagi jika sang pemilik disibukkan dengan pekerjaannya dan kurang memiliki waktu yang cukup untuk merawat burung-burung kesayangannya. Pakan voer sangat membantu, karena ketika Anda berada di luar rumah, burung tetap bisa memperoleh pakan bergizi.

Melatih burung cucak hijau mini agar mau makan voer memang memerlukan trik tersendiri. Apalagi jenis burung yang satu ini dikenal sangat sulit untuk beralih pakan yang disukainya. Tips dan trik berikut ini diharapkan bisa membantu sobat kicaumania yang sibuk dengan pekerjaannya, tanpa perlu khawatir burung kehabisan pakan.

Sebenarnya tips melatih burung agar mau makan voer sudah beberapa kali dikupas dalam website ini. Tetapi untuk cucak hijau mini dibutuhkan trik khusus agar burung benar-benar mau mengkonsumsinya. Apalagi banyak keluhan dari sejumlah kicaumania yang gagal dalam melatih burungnya makan voer ketika burung terlanjut menyukai kroto atau ulat hongkong.

Untuk melatih cucak hijau mini agar mau makan voer, Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan buah-buahan yang rutin diberikan (biasanya pisang dan pepaya). Berikut ini caranya:

  • Ambil buah pisang atau pepaya. Setelah itu, buang kulitnya dan potong kecil-kecil.
  • Masukkan potongan buah itu ke dalam cepuk pakannya.
  • Tambahkan voer halus secukupnya, kemudian tambahkan dengan sedikit air bersih.
  • Setelah itu, bahan diaduk-aduk sambil dipenyek-penyek, sehingga buah dan voer menyatu menjadi bubur.
  • Berikan adonan ini kepada burung setiap hari.

Selama masa pelatihan itu, setiap dua hari sekali takaran voer diperbanyak. Sebaliknya, takaran buahnya dikurangi. Dengan cara demikian, maka dalam waktu sekitar 1 minggu, burung sudah mengenali bau, warna, dan aroma voer, sehingga dia mulai terbiasa untuk mengkonsumsinya.

Apabila cucak hijau mini sudah mau makan voer, maka perawatan hariannya tetap tidak boleh meninggalkan pakan buah dan serangga. Sebab burung dari keluarga leafbird, pakan buah-buahan dan serangga sangat bermanfaat serta bisa menambah kegacorannya.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.