Tips perawatan burung pleci yang susah ngalas / ngerol

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Memelihara burung pleci agar cepat gacor tentu butuh waktu tersendiri, juga kesabaran dan perawatan yang rutin. Apalagi jika pleci dipeliharanya sejak bakalan dan pernah tinggal di sangkar / kandang ombyokan. Bahkan tak jarang pleci yang sudah dirawat cukup lama pun tetap bersuara ngeriwik. Dia hanya mau ngalas saat dipancing dengan suara pleci betina saja.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Pleci dari kandang ombyokan bisa dilatih untuk ngalas dan ngerol
Pleci dari kandang ombyokan bisa dilatih untuk ngalas dan ngerol

Hal inilah yang kerap memicu ketidaksabaran dalam perawatannya, yang bisa-bisa berujung pada kebosanan. Nah, untuk meminimalisasi rasa bosan dalam merawat pleci, berikut ini tips perawatan burung pleci yang susah ngalas atau ngerol.

Berdasarkan pengalaman para plecimania, burung pleci yang diperoleh dari ombyokan meski telah dirawat selama 3 bulan lebih, cenderung hanya mengeluarkan suara ngeriwik saja. Kalaupun bisa bersuara ngalas, biasanya setelah ia mendengar suara pleci liar atau suara rekaman pleci betina. Namun tak semua pleci ombyokan susah bunyi, karena banyak juga plecimania yang berhasil menjadikannya rajin berbunyi.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Menyimak pengalaman mereka, diketahui bahwa sebagian besar kesalahan berasal dari pola perawatan dan pakan yang kurang tepat. Banyak pemula yang terkadang hanya ikut-ikutan memelihara pleci, namun tidak merawatnya secara baik dan benar.

Akibatnya, mereka mudah merasa bosan ketika plecinya tak kunjung bunyi. Namun, bagi plecimania sejati, mereka akan berusaha mencari penyebab burung tidak mau mengeluarkan suara ngalasnya, meski sudah dirawat berbulan-bulan.

Seperti pernah diulas dalam beberapa artikel sebelumnya, pleci merupakan burung koloni. Biasanya dalam sebuah kandang ombyokan terdapat beberapa pleci yang masih satu koloni saat berada di alam liar. Jika beruntung, Anda bisa memilih dan mendapatkan burung yang masih satu koloni. Ini bisa mempercepat proses bunyi dan ngalas dari pleci yang baru didapatkan itu.

Jadi saat memilih pleci ombyokan, selain memilih burung jantan, kita juga harus bisa mengamati mana pleci yang diprediksi merupakan satu koloni sewaktu di alam liar. Umumnya pleci-pleci tersebut akan saling mengikuti satu sama lainnya. Nah, burung-burung itu yang nantinya kita ambil untuk menjadi partner dari pleci yang kita anggap potensial tersebut.

Mengamati jenis pakan yang disukainya

Setelah pleci-pleci tersebut kita dapatkan, maka segera pelajari karakternya. Dengan mengenali karakter masing-masing pleci, maka kita bisa memberikan perawatan secara tepat. Salah satu contoh pengenalan karakter adalah pakan yang disukainya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ada beberapa pleci yang sangat suka dengan satu jenis pakan tertentu, tapi kurang begitu menyukai pakan yang lainnya. Untuk itu, kita bisa melakukan pengamatan lebih lanjut. Masalah pakan menjadi satu hal yang juga harus diperhatikan, terutama pada pleci rawatan lama yang susah ngalas atau ngerol.

Berikut ini perawatan harian pleci berdasarkan preferensi pakannya, atau pakan yang paling disukainya, terutama extra fooding (EF):

  • Untuk pleci yang sangat menyukai ulat hongkong, maka perawatan harian bisa dilakukan dengan memberikan ulat hongkong warna putih sebanyak 4 – 5 ekor pada pagi dan sore hari.
  • Untuk pleci yang sangat menyukai kroto, maka perawatan harian bisa dilakukan dengan memberikan kroto sebanyak satu sendok teh pada pagi dan sore hari.
  • Untuk pleci yang sangat menyukai ulat kandang, maka perawatannya pun bisa diakukan dengan memberikan ulat kandang sebanyak satu cepuk setiap pagi dan sore harinya.

Perawatan khusus bagi pleci susah ngerol

Selain perubahan dalam pemberian pakan, pola perawatan harian yang bisa diterapkan bagi pleci rawatan baru atau lama yang susah ngerol adalah sebagai berikut:

  • Rutin melakukan pengembunan, di mana sangkarnya bisa dikerodong maupun tidak dikerodong. Jika memiliki beberapa ekor pleci, sangkarnya bisa digantang berjejeran. Saat pleci diembunkan, maka pakan harus sudah disiapkan dalam cepuknya.
  • Setelah matahari mulai terbit, masing-masing sangkar pleci dipisahkan agak berjauhan, sehingga mereka akan saling memangil satu sama lain. Hal ini akan merangsangnya untuk mengeluarkan suara ngalas atau ngerol.
  • Lakukan hal itu secara rutin, sampai pleci-pleci tersebut terbiasa mengeluarkan suara ngalasnya tanpa perlu dipancing oleh suara pleci lain dalam satu koloninya.
  • Untuk lebih memancing pleci agar makin rajin mengeluarkan ngalas / ngerol, maka saat digantang berjejeran (baik saat dijemur atau istirahat), pleci tersebut berada di tengah-tengah koloninya.

Sambil tetap melakukan pola perawatan teratur lainnya seperti mandi, jemur, dan dibawa jalan-jalan, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama jagoan Anda akan lebih rajin mengeluarkan suara ngalas dan ngerol, sampai akhirnya siap untuk dilombakan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.