Tips mengatasi lovebird ngeruji ala Om Sigit WMP

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Om Sigit WMP Klaten, pemilik lovebird Kusumo yang fenomenal, mempunyai cara tersendiri dalam mengatasi lovebird ngeruji. Apabila Anda memiliki masalah seperti itu, tidak ada salahnya mencoba tips jitu tersebut.

Lovebird ngeruji bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya belum umur (kurang dari 5 bulan), kebiasaan sejak kecil dalam sangkanya, dan over birahi (pada lovebird dewasa).

Bisa juga akibat terlalu dipaksa mengikuti lomba secara terus-menerus. Bagi lovebird muda (umur di bawah 6 bulan), hal ini memang berdampak buruk, termasuk memunculkan perilaku ngeruji.

Tips mengatasi lovebird ngeruji
Tips mengatasi lovebird ngeruji ala Om Sigit WMP.

Berdasarkan pengalaman Om Sigit WMP selama ini, terapi pakan serta perawatan (khususnya mandi dan jemur) bisa membantu mengatasi atau meminimalisasi perilaku ngeruji pada lovebird.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

“Soal hasilnya, apakah cepat atau lambat, setiap burung tidak selalu sama. Selain itu tergantung juga dari ketekunan kita dalam merawatnya,” kata Om Sigit, seperti dikutip dari website pribadinya, yaitu sigitwmp.com.

Om Sigit WMP dan lovebird Kusumo
Om Sigit WMP bersama lovebird kesayangannya, Kusumo.

Nah, berikut ini rincian tindakan yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi lovebird ngeruji:

  • Untuk sementara, lovebird cukup diberi milet putih saja selama 1-2 minggu. Setelah itu baru diberi jagung, namun cukup sekali dalam seminggu.
  • Lovebird juga bisa diberi timun, 2-3 kali dalam seminggu. Itu kalau burungnya mau, jika tidak mau atau belum terbiasa ya tidak apa-apa.
  • Mandi dilakukan secara rutin setiap pagi, hingga basah-kuyup. Selama 1-2 minggu, lovebird tak perlu dijemur dulu, tetapi cukup dianginkan saja.
  • Setelah 1-2 minggu, burung sudah bisa dijemur sehabis mandi. Namun dianginkan dulu sampai bulunya agak kering, setelah itu baru dijemur.
  • Durasi penjemuran ditingkatkan secara bertahap. Awalnya cukup 10 menit, kemudian setiap hari ditambah 5 menit. Jadi kalau hari ini 10 menit, beberapa hari berikutnya bisa ditanmbah menjadi 15 menit, 20 menit, 25 menit, 30 menit, dan seterusnya.
  • Pada siang hari, lovebird tak perlu dekerodong. Cukup digantang dalam posisi agak rendah, bahkan dijemur di atas lantai pun lebih efektif. Yang penting, lovebird jangan sampai melihat burung sejenis (kalau mendengar suaranya tak apa-apa).
Penjemuran lovebird di atas lantai
Penjemuran lovebird di atas lantai lebih efektif.
  • Sore / selepas maghrib, atau setelah pukul 18.00, lovebird disemprot bagian dadanya sampai agak basah (tak perlu basah-kuyup). Setelah itu dianginkan sekitar 5 menit, kemudian segera dikerodong untuk diistirahatkan hingga keesokan harinya.
  • Selama istirahat malam, burung untuk sementara tak perlu didekatkan dengan masterannya dulu, agar proses pemulihannya bisa lebih cepat.

Itulah tips mengatasi lovebird ngeruji ala Om Sigit WMP, salah seorang maestro lovebird di negeri ini yang tak pelit berbagi ilmu.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.