Lovebird Ngatiyem quattrick di kontes M3-Dewa 99 Sidoarjo

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Gantangan Dewa 99 di kawasan Medaeng, Kecamatan Waru, Sidoarjo, dikenal sebagai kawah candradimuka terbaik untuk lomba burung berkicau, terutama kelas lovebird. Selain sistem penjuriannya fairplay, kelas lovebird digelar paling banyak.

Bahkan dalam kontes M3-Dewa 99 yang berlangsung Minggu (15/11), panitia membuka 13 kelas lovebird, terdiri atas 12 kelas regular dan satu kelas BOB (Best of the Best). Kelas BOB hanya diikuti juara 1 dan 2 pada kelas-kelas regular.

Hebatnya, seluruh kelas dipenuhi peserta. Bahkan tiket sudah habis sekitar 1 bulan sebelum even digelar. Tak heran jika banyak peserta yang tidak kebagian tiket. Jika panitia masih mau membuka kelas lagi, niscaya juga dipenuhi peserta.

Dewa 99 - kelas lovebird
Suasana lomba di kelas lovebird dalam kontes M3-Dewa 99 Sidoarjo, Minggu (15/11).

“Tapi nggak mungkin nambah lagi, terutama menyangkut waktunya. Ini saja sudah nambah Kelas Extra Classic. Bagi yang belum kebagian tiket, untuk selanjutnya bisa pesan tiket lebih awal,” ujar Om Bambang Dewa, komandan Dewa 99.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Suasana lombanya pun benar-benar menunjukkan situasi yang sangat ideal. Layak dijadikan contoh bagi event organizer (EO) lainnya. Bahkan panitia tak perlu memasang pagar, cukup menyediakan kursi bagi para peserta dan penonton.

Jarak antara kursi dan gantangan juga relatif dekat, sehingga peserta atau penonton dapat melihat dan mendengar suara burung yang sedang bertarung. Meski jaraknya cukup dekat, penonton terlihat tertib. Berteriak atau mengeluarkan suara sangar diharamkan, meski tidak ada petugas keamanan yang mencolok atau tampak galak.

Om Bambang Dewa
Om Bambang Dewa ikut memantau burung.

“Tentu semua ini butuh proses untuk mengedukasi peserta. Sekarang sudah jadi tradisi. Jadi peserta yang baru ke sini, yang di luaran biasa teriak-teriak, otomatis akan terbawa suasana senyap di sini. Tidak akan berani teriak, wong yang lain juga duduk diam. Kalau nekad teriak, ya mohon maaf, kami pasti mengusirnya keluar dari tempat duduk,” tambah Om Bambang Dewa.

Lovebird Ngatiyem raih kemenangan quattrick

Dalam persaingan superketat dan full gantangan di setiap kelasnya, lovebird Ngatiyem milik Om Erik Dosen tampil yang terbaik. Selain menjuarai tiga kelas regular, Ngatiyem juga juara pertama di Kelas BOB. Artinya, burung ini menjuarai empat kelas alias quattrick.

lovebird Ngatiyem
Lovebird Ngatiyem menjuarai empat kelas, termasuk Kelas BOB.

Ngatitem menjuarai Kelas A Classic, E M3, dan G M3. Di Kelas BOB, burung ini mengungguli lovebird Sri Kanthil milik Pak Iyun (Gajayana BC Malang) dan Rafita orbitan H Yusuf (GKA).

( Lihat juga Video lovebird Ngatiyem milik Om Erik Dosen )

Selain Ngatiyem, lovebird lainnya yang tampil memukau adalah Jerman. Burung milik Mr B (MLC Surabaya) ini menjuarai dua kelas, yaitu Kelas H KM Jatim dan Extra Classic.

Om Itok ILS dan beberapa kawan dari Solo juga hadir dan memantau gelaran M3-Dewa 99. Apalagi banyak lovebird yang pernah diorbitkannya, kemudian dibeli rekan-rekan, dan turun di Gantangan Dewa 99. “Alhamdulillah, banyak lovebird dari Keluarga Besar ILS (pemilik burung orbitan ILS) yang masuk,” ujar Om Itok.

Om Itok bersama Keluarga Besar ILS
Om Itok bersama Keluarga Besar ILS di Gantangan Dewa 99 Sidoarjo.

Beberapa lovebird milik Keluarga ILS yang berprestasi dalam even ini antara lain Putri Dewi milik Om Pomo (Santana Team; 3 kali runner-up), Royal Star milik Om Bambang (AWS BC; 2 kali juara), dan Brazilia (ring ILS 116) milik Mr Sigit (AWS BC; juara 2).

Menurut Om Itok, Gantangan Dewa 99 merupakan tempat paling favorit bagi keluarga besar ILS untuk berkumpul dan bersenang-senang. Apalagi tidak pernah ada kongkalikong antara panitia, juri, dan pemilik burung.

Gantangan Dewa 99
Selama penilaian, tak ada teriakan atau gangguan suara dari penonton.

Selain lovebird, jenis burung kicauan yang cukup banyak penggemarnya di Gantangan Dewa 99 adalah cucak hijau. Panitia membuka empat kelas cucak hijau dan burung-burung terbaik tampil di Kelas BOB. Semua kelas cucak hijau juga dipenuhi peserta. (Waca)

Hasil Kontes M3-Dewa 99 (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.