Penanganan cucak jengot yang main seruduk karena over birahi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kondisi birahi yang berlebihan sering membuat burung kicauan menjadi banyak tingkah, bahkan sampai mencabuti bulu-bulunya. Burung cucak jenggot yang over birahi, misalnya, sering main seruduk bak kebakaran jenggot tatkala mendengar suara burung sejenisnya. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung cucak jenggot
Burung cucak jenggot termasuk mudah naik birahinya.

Kondisi tersebut tentu mengesalkan bagi pemilik atau orang yang merawatnya. Apalagi jika situasi itu terjadi ketika burung sedang dilombakan. Untuk mengatasinya, berikut ini penanganan cucak jengot yang main seruduk karena over birahi.

Sebagai burung peliharaan, cucak jenggot dikenal mudah naik birahinya. Pemberian pakan tambahan /extra fooding (EF) yang terlalu berlebihan maupun penjemuran yang terlalu lama bisa membuat birhinya memuncak. Tentu saja masih ada beberapa faktor lain yang menjadi pemicunya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Kalau kondisi birahi tak tersalurkan, maka cucak jenggot akan melampiaskannya dengan caranya sendiri. Misalnya mencabuti bulu, diam di dasar sangkar, atau justru main seradak-seruduk. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu rutin memandikannya setiap hari.

Ya, tidak cukup sekali saja, tapi burung perlu dimandikan beberapa kali sehari guna mengurangi kondisi birahinya. Bahkan jika dibutuhkan, terapi mandi malam bisa dilakukan untuk mempercepat proses pemulihannya. Namun agar penanganannya lebih efektif, selain mandi rutin, perlu dibarengi pula dengan pola perawatan berikut ini :

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Menambah tenggeran dalam sangkarnya, sehingga cucak jenggot tidak terlalu sering menabrak jeruji sangkar ketika mendengar suara burung sejenis.
  • Mengurangi pakan tambahan (EF) terutama jangkrik.
  • Mengurangi durasi penjemuran.
  • Berikan seekor ulat bambu setiap pagi, selama 4 – 5 hari berturut-turut.
  • Melatih burung di kandang umbaran selama 20 – 30 menit, setiap 3 – 4 kali seminggu.
  • Berikan multivitamin seperti BirdVit untuk menjaga kondisi dan mempercepat pemulihannya.

Dengan menggabungkan beberapa pola perawatan di atas, maka dalam waktu tidak terlalu lama, cucak jenggot yang semula gemar main seruduk akan berangsur-angsur pulih, dan kembali bertingkah normal, sehingga bisa membuat bangga pemiliknya saat beraksi di lapangan.

Untuk mengatasi burung cucak jenggot yang sering mencabuti bulunya sendiri karena over birahi, silakan buka lagi tulisan Om Kicau berikut ini:

Mengatasi cucak jenggot yang mencabuti bulu akibat over birahi

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.