MB Banteng Hitam dan kenari Zeplin moncer di Ciganjur Enterprise

Even spesial yang dikemas Ciganjur Enterprise di lapangan permanennya, Jl M Kahfi I Jakarta Selatan, Jumat (25/12) lalu, menjadi ajang pembuktian kehebatan murai batu Banteng Hitam dan kenari Zeplin.

Ciganjur Enterprise - kelas lovebird
Persaingan ketat kelas lovebird di Ciganjur Enterprise, Jakarta Selatan.

Murai batu Banteng Hitam milik Om Budi Ragunan nyaris saja menang nyeri. Turun di Kelas Kahfi, Banteng Hitam melejit di urutan pertama, unggul atas Mutiara Hitam orbitan Om Roni (Jagakarsa Team) dan Ranger 5 besutan Om Ahmad (Tanah Baru).

Di Kelas Ciganjur, Banteng Hitam kembali menampilkan performa terbaiknya. Namun murai batu Pateh milik Om Rudy RBC (Ciganjur) juga tampil mencorong. Pateh nangkring di urutan pertama, disusul Banteng Hitam dan Mutiara Hitam.

Om Budi, pemilik murai batu Banteng Hitam
Om Budi (kanan), pemilik murai batu Banteng Hitam.

Banteng Hitam merupakan burung lawas yang sudah sering prestasi ketika masih di tangan H Fathulloh, pemilik lamanya. “Saya membelinya dari Pak Fathulloh, ternyata  mau nampil lagi di tangan saya,” ungkap Om Budi, newcomer di dunia hobi burung kicauan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kenari Zeplin menjadi satu-satunya burung yang meraih double winner. Burung besutan Om Gun / Om Edo (Kacau Mania SF) ini memenangi Kelas Kenari Bebas Kahfi dan Mega Bintang. Pada kedua kelas itu, kenari Balado milik Om Hendri (Roda Pelangi / ARBC) selalu berada di posisi kedua.

Kenari Zeplin
Kenari Zeplin double winner

Zeplin merupakan kenari jenis AF warna kuning. Meski setiap pekan diturunkan di beberapa even, burung ini hampir selalu meraih gelar juara. Ini membuktikan ketangguhan mental dan stamina yang prima.

Om Gun dan Om Edo
Om Gun (kanan) dan Om Edo makin eksis bersama kenari Zeplin.

Om Slamet dari Regag’s Team Depok menurunkan cucak hijau Beat. Gelar juara pertama pun diraihnya, setelah mengalahkan Raden Siger kepunyaan Shuley Reptile (Roda Pelangi Team) dan Arjuna andalan Om Agung dari WCSF.

Cucak hijau Beat
Cucak hijau Beat terbaik di Kelas Ciganjur.

Cucak hijau Kidung milik Om Fajar (Pondok Cabe 4) berada di posisi keempat. Tetapi di Kelas Kahfi, Kidung tampil trengginas dan meraih juara pertama. Apache koleksi Om Sopyan (Bukit Cinere) juara kedua, disusul Alisa miilik Ali Mashur (Petukangan).

Om Slamet dan cucak hijau Beat
Om Slamet (kiri) orbitkan cucak hijau Beat.

Lovebird dibuka hingga empat kelas, termasuk Lovebird Baby. Kelas spesial lovebird anakan ini memang jarang dijumpai dalam even-even lainnya. “Pesertanya adalah lovebird berumur kurang dari lima bulan,” kata Om Pur Bumen, yang bersama Om Untung Marinir mendirikan Ciganjur Enterprise.

Sebelum dilombakan, panitia mengecek lovebird-lovebird muda dengan melihat penampilan fisiknya, mulai dari paruh hingga kaki. Sebab ciri khas anakan lovebird masih dapat dipantau melalui ciri-ciri fisik tersebut.

Kelas Lovebird Baby akhirnya dimenangi Putri Khu milik Om Yunan (WCSF), diikuti Unyil milik Om Johan (SC Team).

Tiga kelas lovebird lainnya dijuarai burung-burung yang berbeda. Tetapi LB Madonna orbitan Om Aldi (NA SF) terlihat paling stabil. Selain menjuarai Kelas Ciganjur, Madonna juga meraih juara 2 Kelas Mega Bintang.

Lovebird Banana
Lovebird Banana juara 1 Kelas Kahfi.

Lovebird Monalisa milik Om Budi (Andara) terbaik di Kelas Mega Bintang, sedangkan Banana kepunyaan Om Ibenk (Ibenk 77 SF) menjuarai Kelas Kahfi.

Om Ibenk dan lovebird Banana
Om Ibenk (kiri) moncer bersama lovebird Banana.

Ciganjur Enterprise merupakan event organizer (EO) yang baru terbentuk bulan lalu. Om Pur Bumen dan kawan-kawan menggunakan lapangan yang dulu dikelola Hobbyku Enterprise. (d’one)

Om Ichsan dan pleci Suparman
Om Ichsan eksis bersama pleci Suparman.
Om Pur Bumen (kiri) dan Om Untung
Om Pur Bumen (kiri) dan Om Untung, dua punggawa Ciganjur Enterprise.

Hasil Latpres Ciganjur Enteprise (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.