Penangkaran murai batu Dome BF Bogor juga terapkan poligami murni

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sebenarnya sudah ada beberapa penangkar / breeder murai batu di Indonesia yang menerapkan sistem poligami murni, di mana seekor jantan dicampur dengan beberapa ekor betina dalam satu kandang. Tapi tak ada salahnya kita belajar dari pengalaman masing-masing penangkar. Setidaknya makin banyak juga referensi yang Anda miliki.

Berikut ini referensi mengenai penangkaran murai batu yang menerapkan sistem poligami murni:

Untuk poligami tidak murni, di mana seekor induk jantan secara bergiliran dimasukkan ke kandang murai betina (atau sistem kawin cabut), Anda bisa melihat arsipnya dalam tautan di bawah ini:

Kali ini, Om Kicau ingin mengekspose penangkaran murai batu Dome Bird Farm (BF) di kawasan Parung, Bogor. Penangkaran ini milik Om Hermanto, atau akrab disapa Om Dome.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Sudah delapan tahun dia menangkar murai batu. Jumlah kandang ternaknya memang tak banyak, hanya tujuh petak. Yang menarik, beberapa kandang tak hanya berisi sepasang induk murai batu. Sebab Dome BG menerapkan model poligami murni, di mana satu kandang berisi seekor induk murai batu jantan dan dua ekor betina.

Breeding murai batu Dome BF Bogor
Om Dome merawat piyikan murai batu hasil ternaknya.

Cara ini bisa meningkatkan produktivitas induk dalam menghasilkan anakan dalam jumlah lebih banyak daripada model monogami. “Dulu, materi induk berasal dari beberapa peternak yang sudah saya kenal. Jadi silsilah induknya sangat jelas,” tutur Om Dome.

Namun setelah berkembang biak, Dome BF kini menggunakan materi indukan sendiri, hasil pembesaran anakan-anakan hasil penangkarannya. Beberapa induk juga pernah menjuarai lomba, misalnya Meteor dan Pak Tua.

“Murai batu Meteor itu hasil breeding sendiri. Setelah moncer di lapangan, kita jadikan materi indukan. Sebagian besar induk betina juga hasil ternak sendiri,” tambahnya.

Konstruksi dan ukuran kandang

Petak-petak kandang itu dibangun di belakang rumahnya. Setiap petak kandang berukuran panjang 2 m, lebar 1 m, dan tinggi 2,5 m.

Dinding belakang serta samping kiri-kanan terbuat dari batako. Adapun bagian depannya menggunakan kawat halus (ram), sehingga berkesan agak terbuka. Bagian atas juga dibiarkan terbuka, ditutup kawat strimin.

Breeding murai batu Dome BF Bogor
Om Dome di depan kandang ternak murai batu Dome BF di kawasan Parung, Bogor.

Kandang berlantai tanah namun dilapisi pasir. Di dalamnya ditempatkan pepohonan kecil untuk menjaga kesejukan. Disediakan pula bak mandi yang airnya secara berkala diganti air bersih. Ada 2-3 kotak sarang yang ditempatkan pada dinding bagian atas.

Kebutuhan pakan untuk indukan bisa dibedakan menjadi dua, yaitu pakan utama berupa voer dan pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa jangkrik, ulat hongkong, dan telur ayam rebus.

Jangkrik diberikan secara tidak terbatas (ad libitum), alias sekenyangnya, yang dimasukkan ke dalam bak tersendiri. Bahkan selama dalam proses penjodohan hingga sebelum bertelur, indukan murai batu diberi pula ulat hongkong.

“Tujuannya untuk meningkatkan birahi induk jantan dan betina. Saya tidak menggunakan kroto. Sebagai penggantinya, saya berikan telur ayam rebus yang sudah dihaluskan,” jelas Om Dome. (d’one)

Om Hermanto / Dome
Selain breeder murai batu, Om Dome juga pemain lovebird.

Cara Om Dome menerapkan poligami murni (lihat di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.