Variasi pakan tambahan untuk jaga stamina cucak ijo dan cucak jenggot

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Dalam rawatan hariannya, burung pemakan buah seperti cucak ijo dan cucak jenggot umumnya diberi pakan pisang kepok putih dan serangga. Meski begitu, untuk menjaga kondisinya agar selalu fit, kita bisa juga memberikan variasi pakan tambahan. 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Variasi pakan tambahan untuk burung pemakan buah-buahan
Variasi pakan tambahan untuk burung pemakan buah-buahan.

Buah pisang menjadi pakan favorit bagi burung-burung pemakan buah-buahan. Selain mudah didapatkan, pisang juga sangat disukai berbagai jenis burung kicauan, serta lebih awet ketimbang pakan serangga seperti kroto.

Namun memberikan buah pisang dalam jangka panjang, tanpa variasi pakan yang lain, bisa mengakibatkan burung mengalami kegemukan. Kalau sudah begitu, burung pun cenderung malas-malasan dan hanya ngeriwik saja.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Untuk mencegah hal tersebut, burung pemakan buah seperti cucak ijo dan cucak jenggot perlu harus diberi pakan yang lebih bervariasi. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan buah-buahan yang lebih variatif, atau memberikan variasi pakan tambahan seperti yang akan kita sajikan berikut ini.

Variasi pakan tambahan untuk cucak ijo dan cucak jenggot.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1) Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 buah apel merah yang bersih dan segar
  • 1 butir telur bebek mentah
  • 2 sendok teh kroto segar bersih
  • 1 sendok kecil madu

2) Proses pembuatan:

  • Buah apel dibuang biji dan kulitnya, lalu ditumbuk hingga halus, atau diparut menggunakan parutan (bisa menggunakan parutan keju / parutan kelapa).
  • Campurkan 2 sendok teh kroto segar ke dalam parutan apel tersebut, lalu aduk hingga bahan tercampur merata.
  • Telur bebek diambil bagian putihnya saja. Setelah itu dituangkan ke dalam adonan dan aduk hingga merata.
  • Yang terakhir, tambahkan sedikit madu ke dalam adonan tersebut.
  • Simpan adonan / pakan dalam wadah kedap udara, misalnya wadah plastik atau toples.

Setelah selesai dibuat, pakan tambahan bisa diberikan pada burung sebanyak 1 sendok teh saja, yang dimasukkan ke dalam cepuk kroto atau cepuk pakannya setiap hari setelah burung dijemur. Jaga kesegaran dan kebersihan pakan dari kotoran atau jamur dengan menyimpan wadahnya dalam lemari es atau kulkas.

Selain bisa diberikan kepada cucak hijau dan cucak jenggot, pakan tambahan ini juga bisa diberikan kepada burung pemakan buah-buahan yang lain seperti trucukan, kutilang, kapas tembak, dan cucak biru.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.