Murai batu Berdarah, Bodrex, dan Raja Kudu berbagi gelar di Happy Effentta

Latihan Happy Effentta bersama Yamaha dan Ebod Jaya di Lapangan Effentta, Jl Halmahera Kelurahan Kebun Handil, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Jumat (15/1), diikuti sekitar 250 ekor burung. Angka ini terbilang besar untuk ukuran latber di Jambi.

Latber Happy Effenta Jambi,
Suasana Latber Happy Effenta bersama Yamaha dan Ebod Jaya di Jambi, Jumat (15/1).

Om Repen selaku ketua panitia mengucapkan terimakasih kepada para kicaumania dari berbagai daerah yang telah menghadiri acara ini. Dia sangat gembira melihat antuasias para peserta.

“Special thanks untuk Om Afif, Om Dudit, Om Tego, dan kawan-kawan dari Wong Deso Club, Sungai Lilin, Sumatera Selatan, yang juga menghadiri acara kami,” kata Om Repen.

Dalam gelaran ini, panitia membuka tiga kelas, yaitu Yamaha, Ebod Jaya, dan Effentta, yang seluruhnya terdiri atas 12 sesi lomba. Jenis burung yang dilombakan adalah murai batu (3 kelas), kacer (2), lovebird (2), kenari (2), serta kapas tembak, pleci, dan ciblek masing-masing satu kelas.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Om Repen bersama juri-uri Ronggolawe
Om Repen (jongkok, tengah) bersama juri-juri Ronggolawe.

“Hadiah di Kelas Ebod Jaya utuh, tanpa potongan apapun, sehingga para peserta makin bersemangat. Juri-juri Ronggolawe pun bekerja maksimal,” ujar Om Repen.

Persaingan seru tersaji pada tiga kelas murai batu. Bahkan tak ada seekor murai pun yang terlihat paling dominan. Alhasil, tiga kelas dimenangi burung-burung yang berbeda.

Di kelas utama Yamaha, pemenangnya adalah murai batu Brodrex. Gaco andalan Om Ase ini unggul atas lawan-lawannya, termasuk murai batu ijal milik Om Bayu dan Casablanca besutan Om Aldi Troopz Indo yang menempati peringkat kedua dan ketiga.

Latber Effentta Jambi - juara kelas murai batu
Juara 1, 2, 3 murai batu kelas utama Yamaha.

Pada Kelas Ebod Jaya, giliran murai batu Berdarah yang menjadi juara pertama. Posisi kedua dan ketiga ditempati murai batu Venom orbitan Om Feri Bonex dan Senopati kepunyaan Om Ody.

Om Nico Lalang, pemilik MB Berdarah, terlihat puas melihat kemenangan jagoannya itu. Apalagi peserta di Kelas Ebod Jaya sangat ramai. Selama bertarung, Berdarah tampil stabil. Burung ini sering mencorong dalam even-even yang lebih besar.

Latber Effentta Jambi - juara kelas murai batu
Juara 1, 2, 3 murai batu kelas Ebod Jaya.

Murai batu Raja Kudu memenangi Kelas Effentta, mengalahkan MB Kincir kepunyaan Om Budi KPK dan Bobo koleksi Sukarejo Team.

Di kelas kacer, Tegar dan Swarna Diva juga harus berbagi gelar juara. Kacer Tegar milik Pak Budi tampil sebagai juara 1 Kelas Yamaha, disusul Monster besutan Om Acek dan Zombie milik Anita. Tegar punya isian yang menonjol dan gaya yang memukau para juri.

Latber Effentta Jambi - juara kelas kacer
Juara 1, 2, 3 kacer Kelas Yamaha.

Kelas Ebod Jaya dimenangi kacer Swarna Diva koleksi Om Rino Jaya. Juara 2 dan 3 diraih kacer Exapator  milik Om Denny dan Marpaul andalan Om Varen.

Latber Effentta Jambi - juara kelas kacer
Juara 1, 2, 3, 4, 5 kacer Kelas Ebod Jaya.

Om Denny berjaya di kelas lovebird. Burung miliknya, lovebird Remot, terbaik di Kelas Yamaha, unggul atas JS milik Om Likin dan Elektra andalan Om Danny, keduanya dari ILF.

Latber Effentta Jambi - juara kelas lovebird
Juara 1, 2, 3 lovebird kelas utama Yamaha.

Kelas Ebod Jaya dijuarai lovebird Dela milik Om Sandi Oke, disusul Lokomotif kepunyaan Om Angga dan Fadel koleksi Roro.

Latber Effentta Jambi - juara kelas lovebird
Juara 1, 2, 3, 4, 5 lovebird Kelas Ebod Jaya.

Kenari Conan dan Goyang Barong berebut kemenangan pada dua kelas yang dilombakan. Kelas utama Yamaha menjadi milik kenari Conan. Gaco orbitan Om Ukie ini memaksa kenari Goyang Barong milik Om Hadi (KPKJ) bertengger di urutan kedua. Juara 2 kenari Mas Bro milik Om Patur.

Namun kenari Goyang Barong mampu melakukan revans terhadap Conan. Goyang Barong memenangi Kelas Ebod Jaya, sedangkan Conan di urutan ketiga. Juara kedua diraih kenari Amran koleksi AE.

Latber Effentta Jambi - juara kelas kenari
Juara 1, 2, 3, 4, 5 kenari Kelas Ebod Jaya.

Kapas tembak Raja tak terkalahkan lawan-lawannya. Jagoan Om Ahuat ini mengungguli dua jagoan Om Rico, yaitu kapas tembak Pitung dan Sela. Om Raden Raka menurunkan Super Boy dan meraih juara 4.

Seperti biasanya, Om Repen dan kawan-kawan konsisten membuka kelas pleci dan ciblek, meski hanya digelar satu kelas saja. Pleci Jono milik Om Andri dan ciblek AK-47 andalan Daenk PCMJ tampil sebagai juara di kelas masing-masing. (Kelana Lana)

Latber Effentta Jambi
Om Afif, Dudit, Tego dari Sungai Lilin, Sumsel (tengah) bersama panitia dan juri Ronggolawe.

Hasil Latihan Happy Effentta Jambi (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.