Cara mengatasi lovebird yang berubah galak dan jarang ngekek

Sering terjadi kasus di mana lovebird berubah perilakunya secara mendadak. Misalnya burung yang biasanya kalem dan rajin ngekek berubah menjadi sangat galak dan malas bunyi. Tentu hal ini membuat puyeng pemiliknya, apalagi kalau burung tersebut dipelihara sebagai masteran atau untuk dilombakan. Tapi jangan khawatir, cara mengatasi lovebird yang berubah galak dan jarang ngekek berikut ini bisa membantu mengusir kegalauan Anda.

Banyak faktor yang menyebabkan burung lovebird berubah jadi galak dan malas berbunyi
Lovebird yang tenang dan rajin bunyi bisa berubah galak dan malas ngekek.

Banyak faktor yang menyebabkan perubahan perilaku pada lovebird sehingga menjadi galak dan malas berbunyi. Sebagian besar terkait dengan kondisi over birahi (OB), penanganan yang kurang tepat (misalnya terlalu berlebihan memberi extra fooding / EF yang bisa meningkatkan birahinya), penjemuran yang terlalu lama, jarang dimandikan, serta burung stres akibat terlalu lama sendirian alias tidak ada teman / pasangan.

Perubahan perilaku tersebut tentu sangat mengganggu penampilannya. Lovebird yang sengaja dipelihara sebagai masteran untuk murai batu atau cucak hijau, mendadak jarang ngekek sehingga menghambat proses pemasteran. Jika terjadi pada burung lomba, maka ketika bertanding lovebird banyak polah sehingga mengurangi penilaian.

Berikut ini cara mengatasi masalah lovebird yang galak dan jarang berbunyi:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  1. Untuk mengurangi perilaku agresifnya, mandikan burung lebih sering daripada biasanya, namun sambil tetap memperhatikan kondisi cuaca.
  2. Setelah dimandikan, jemur burung dengan durasi 30 – 60 menit saja. Penjemuran bisa menggunakan kandang umbaran, bisa juga dalam sangkar hariannya. Setelah itu, pindahkan sangkarnya ke tempat yang teduh.
  3. Pakan utama yang diberikan cukup milet putih. Pakan tambahan seperti jagung dan kangkung bisa diberikan beberapa kali dalam seminggu.
  4. Sore harinya, setelah dimandikan dan diangin-anginkan, sangkar dikerodong dan burung dibiarkan istirahat.
  5. Jika diperlukan, pada malam harinya burung bisa menjalani terapi mandi malam, tapi harus memperhatikan kondisi suhu dan cuaca saat itu.
  6. Untuk burung yang galak dan malas bunyi akibat stres lantaran terlalu lama sendirian, maka obat yang paling mujarab adalah menyediakan teman atau pasangan. Gantungkan saja kedua sangkarnya berdampingan pada malam hari, dan saling berjauhan pada pagi hingga siang harinya, agar burung kembali gacor seperti semula.
  7. Jika Anda belum memiliki dana untuk membeli lovebird sebagai teman / pasangannya, sediakan saja mainan dalam sangkarnya.

Itulah beberapa tips mengatasi lovebird yang galak dan jarang mengeluarkan suara ngekeknya. Kalau kondisinya bisa pulih seperti sediakala, pola perawatan harus mulai lebih diperhatikan terutama dalam hal pemberian pakan, mandi dan jemurnya.

Tetapi jika kondisi galak tersebut terjadi dan menimpa burung lovebird yang dipasangkan, maka cara mengatasinya bisa dilihat dalam artikel ini: Lovebird agresif dan suka menyerang pasangannya? Ini cara mengatasinya!

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.