Ketok magic murai jawara ala Om Agung Warok

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Tips 1: Birahi murai naik satu level saat berlomba

Om Agung Warok meyakini, birahi murai batu akan naik satu level secara alami pada saat berlomba atau melihat musuh-musuhnya.

Dari penjelasan di atas, kita perlu menyeleraskan porsi extra fooding (EF) untuk perawatan harian dan settingan lomba. Hal itulah yang selama ini kerap dilupakan rekan-rekan kicaumania.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Misalnya, seekor murai setiap hari diberi 10 ekor jangkrik. Dengan porsi seperti ini, murai mau bongkar isiannya di rumah. Tetapi tahukah Anda, ketika murai digantang dan dikelilingi musuh-musuhnya, maka birahinya akan naik satu level?

Murai Batu Shogun
Saat di lapangan, birahi murai batu naik satu level.

Masalah ini bisa dikiyaskan pada manusia. Misal, ada seseorang yang memberitahu bahwa Si A acapkali memfitnah Anda. Ketika bertemu, Anda pasti bakal bertanya mengapa Si A memfitnah dirinya? Bahkan, biasanya, Anda bertanya dalam nada penuh emosi.

Nah, seperti itu juga yang terjadi pada murai batu yang dikenal sebagai burung petarung (fighter) sejati. Jika murai batu terbiasa disetting harian dengan 10 ekor jangkrik, sebaiknya settingan lomba diturunkan jadi 7 ekor jangkrik. Karena birahinya saat berlomba naik, otomatis efeknya sama seperti ketika diberi 10 ekor jangkrik.

Voer jangkrik luar biasa

Kalau Anda tetap memberikan 10 ekor jangkrik, maka saat berlomba, birahinya akan melebihi pada hari-hari biasa, sehingga murai malah berubah menjadi galak, dan kurang mampu membongkar isian seperti kebiasaannya di rumah.

Jadi, menurut Om Agung Warok, perhatikan faktor naiknya birahi murai batu saat dilombakan, dengan menyelaraskan porsi EF. (Om Dimas Aryokusumo)

Lihat tips murai batu lainnya:

Settingan terbaik | Gathering murai di rumah | Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

1 Comment

Komentar ditutup.