Kacer Tapai SR nyaris quattrick di Permata BC Ogan Ilir, KLI Sumsel juara BC

Untuk kali pertama, Permata BC menggelar latpres burung berkicau di Lapangan Permata Baru, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Minggu (14/2). Gelaran bertajuk Latpres Perdana Permata BC ini didukung Tim Juri OIBC (Ogan Ilir Bird Club). Panitia membuka empat kelas (Eksekutif, Bintang, Favorit, Permata BC) yang terdiri atas 19 sesi.

Om Udin selaku ketua pelaksana merasa bersyukur, latpres berlangsung lancar sejak awal hingga akhir, dan diikuti sekitar 500 peserta. “Dua hari sebelum lomba, wilayah Ogan Ilir sempat diguyur hujan. Namun pada Hari-H, cuaca terlihat cerah sehingga latpres berlangsung lancar,” tuturnya.

Latpres Perdana Permata BC Ogan Ilir
Meski cuaca panas menyengat, para peserta tetap bersemangat menyaksikan Latpres Perdana Permata BC di Ogan Ilir, Minggu (14/2).

Beberapa kelas diluberi peserta seperti kacer dan lovebird. Prestasi menawan diraih kacer Tapai SR koleksi Om Didit Geboy dari Gelora BC. Tiga dari empat kelas yang dilombakan berhasil dimenanginya, yaitu Kelas Bintang, Favorit, dan Permata BC.

Tim Juri OIBC
Tim Juri OIBC mampu menjalankan tugasnya secara maksimal.

Bahkan Tapai SR nyaris mencetak quattrick. Sayangnya, saat turun di Kelas Eksekutif, burung ini harus puas di peringkat kedua. Kelas utama tersebut dimenangi kacer Jack besutan Om Yuliono, yang juga berasal dari Gelora BC.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kacer Tapai SR memang sedang dalam peak performance setelah 4 bulan menyelesaikan masa mabungnya. Burung ini termasuk langganan juara di Sumatera Selatan, khususnya di Ogan Ilir. “Semua kelas kacer full gantangan,” kata Ketua Permata BC, Om Kurniawan, yang juga ketua panitia latpres.

Om Didit Geboy dan kacer Tapai SR
Om Didit Geboy (kanan) moncer bersama kacer Tapai SR.

Om Didit Geboy juga menuai sukses di kelas kenari. Panther, gaco orbitannya, meraih double winner. Pada Kelas Bintang, kenari Panther tampil sebagai juara setelah mengalahkan Bejo milik Om Kodri (KLI Indralaya Sumsel). Panther juga terbaik di Kelas Favorit. Lagi-lagi Bejo harus puas menjadi juara kedua.

Om Didit Geboy
Kenari Panther milik Om Didit Geboy double winner.

Namun Bejo mampu melakukan revans di Kelas Eksekutif. Burung ini tampil sebagai juara 1, disusul kenari Kumel koleksi Om RBP AD (KMSU BC Plaju) dan Panther.

Permata BC Ogan Ilir - juara kenari eksekutif

Murai batu digelar tiga kelas, dua di antaranya dimenangi Bujang Kurap. Murai andalan Om Tonny Soputan (Atta Puri BC Palembang) ini terbaik di Kelas Eksekutif dan Bintang.

Om Tonny Soputan, pemilik murai Bujang Kurap
MB Bujang Kurap milik Om Tonny Soputan (kiri) dua kali juara 1.

Di kelas utama, murai batu Bujang Kurap mengungguli Edon milik Om Hendra (Talang Balai Baru 2) dan Mat Solar kepunyaan Om Alif dari Transformer BC Plaju. Di Kelas Bintang, Bujang Kurap mengalahkan Mat Solar dan Pangeran milik Om Mus dari Tenggiri BC Palembang.

Satu kelas lainnya, Favorit, dimenangi murai batu Pangeran, disusul Juang milik Om Hotmir (Indralaya) dan MJ koleksi Atta Puri BC.

Permata BC Ogan Ilir - juara murai batu

Hasil nyeri juga terjadi di kelas kapas tembak. Apace, kapas tembak milik Om Tom RKC(Opi SFPalembang), tak terkalahkan di Kelas Bintang dan Favorit. Posisi runner-up masing-masing ditempati Barong kepunyaan Om Darul (Tanjung Raja) dan F16 koleksi Om Eric dari Tanjung Balai.

Om Tom KRC dan kapas tembak Apace
Om Tom KRC (kiri): Kapas tembak Apace nyeri juara 1.

Kopral mendominasi dua kelas ciblek. Gaco andalan Om Randy S (KMSU BC feat KLI Sumsel Plaju) ini terbaik di Kelas Bintang dan Favorit. Ciblek Arjuna milik Om Nuryanto (Indralaya SF) serta Cakra orbitan Om Guntur (KLI Indralaya Sumsel) menjadi juara 2 pada kedua kelas tersebut.

Om Randy dan ciblek Kopral
Ciblek Kopral milik Om Randy S (kiri) tak terkalahkan di dua kelas.

Yang tidak kalah seru adalah kelas lovebird yang dibuka empat sesi. Dominasi KLI Palembang Sumsel sangat kentara. Tim ini menurunkan beberapa jagoannya, antara lain lovebird Rossi (milik Om Dommo), Gadis Bali (Om Ajang / Irwan), Cut Tari (Om Geri), Valentine (Om Adi M / Rafael), Valle Yellow (Om Dhika), dan Jubay milik Om Eko. Semuanya masuk daftar juara.

Bahkan di Kelas Bintang, juara 1-3 diborong KLI Palembang Sumsel, masing-masing melalui lovebird Rossi, Gadis Bali, dan Cut Tari. Gadis Bali kemudian memenangi Kelas Permata BC, disusul Rossi dan Jojo besutan Om Ilham dari KMSU BC Palembang.

Permata BC Ogan Ilir - juara lovebird

Kelas Favorit dimenangi lovebird DJ Reina. Burung milik Om Wawan DJ dari KLI Sumsel DJ SF ini unggul atas Rossi dan Valle Yellow, keduanya dari KLI Palembang Sumsel.

Kelas Eksekutif dimenangi lovebird Fozen milik Om Alif (Transformer BC Komperta Plaju). Juara kedua dan ketiga diraih lovebird Rossi dan DJ Reina.

Permata BC Ogan Ilir - juara lovebird eksekutif

Dominasi pada kelas lovebird inilah yang mengantarkan KLI Sumsel meraih juara BC. “Alhamdulillah, latpres perdana berjalan lancar, tak ada satupun protes dari peserta. Semua ini berkat penjurian yang bersih dari Tim Juri OIBC yang memberikan penilaian kepada burung yang memang layak juara,” kata Om Kurniawan. (Kontributor: Om Ariel)

KLI Sumsel
KLI Sumsel juara BC dalam Latpres Perdana Permata BC.

Permata BC Ogan Ilir - juara kacer eksekutif

Serindit Tarno milik Om Imran
Serindit Tarno milik Om Imran juara 1 Kelas Permata BC.
Panitia Permata BC bersama Tim Juri OIBC
Panitia Permata BC bersama Tim Juri OIBC.

Hasil Latpres Perdana Permata BC Ogan Ilir (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.