Wiver Jr dan Lambada, dua kenari kecil yang mendominasi Ronggolawers Cup

Ada dua kenari standar kecil yang tampil gemilang dalam lomba burung berkicau Ronggolawers Cup 1 di Jalan Semplak (depan Paskhas TNI AU) Bogor, Minggu (14/2). Keduanya adalah Wiver Jr milik Om Ujang Misbah (Kacau Mania Depok) dan Lamdaba orbitan Om Arif (Lebak Kantin SF).

lomba burung berkicau Ronggolawers Cup 1 Bogor
Suasana lomba burung berkicau Ronggolawers Cup 1 di Bogor, Minggu (14/2).

Meski hujan mengguyur lapangan, para kicaumania tetap bersemangat mengikuti lomba. Panitia yang digawangi Om Dodi Naga dengan juri-juri Ronggolawe sukses menghadirkan para peserta dari berbagai daerah. Jumlah tiket terjual mencapai 1.100 lembar.

Meski posturnya kecil, kenari Wiver Jr mampu mencetak kemenangan hattrick dalam kontes ini. Bahkan dua kemenangan diraihnya di kelas standar umum yang juga diikuti kenari postur besar. Ya, Wiver Jr sukses menjuarai Kelas Standar Umum Exclusive Ebod Joss, mengalahkan Lambada dan Black Cobra kepunyaan Om Casol (Bintang Jagad).

Kenari Wiper Jr
Kenari Wiper Jr mencetak hattrick.

Di Kelas Standar Umum Ebod Vit, Wiver Jr juga tak terkalahkan. Posisi kedua dan ketiga masing-masing ditempati kenari Fortuna milik Om Roy (Taucho SF) dan Big Boy kepunyaan Om Jhony Angga / Dwi S (KHT 12 Bogor).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Gelar ketiga diraih kenari Wiver Jr di kelas spesialisnya, Standar Kecil Prembun. Gaco ini kembali memaksa kenari Lambada di urutan kedua. Juara ketiga diraih Little Star koleksi Om Anton BBCK (Black Corner SF).

Wiver Jr merupakan kenari jenis AF warna kuning. Menurut Om Ujang Misbah, gaco ini belum lama di tangannya, baru sekitar sebulan ini. “Tetapi prestasinya sudah seabrek, karena seminggu minimal dua kali saya bawa ke lapangan, dan hampir selalu juara,” ujarnya.

Om Ujang Misbach
Om Ujang Misbach (duduk), pemilik kenari Wiper Jr.

Prestasi ciamik juga diperlihatkan Lambada. Selain dua kali runner-up di bawah Wiver Jr, burung ini juga menjuarai Kelas Standar Umum Grass Root dan Standar Kecil Ebod Vit.

Tiga kelas murai batu dijuarai burung yang berbeda. Virus Max koleksi Om Lukman (Bojonggede) terbaik di kelas utama Exclusive Ronggolawers. Juara kedua dan ketiga diraih murai RX King milik Om Herman (49 SF) dan Bumerang milik Om Herman Tea (Depok).

Kelas Ebod Vit dimenangi New KS milik Om Iwan PDAM (Centul City), disusul Dhemit orbitan Om Choix (Cakra Team) dan Raja Binjai Jr kepunyaan Om Megananda (MBOF Bogor).

Murai batu Robyn menjuarai Kelas Ebod Joss. Jagoan milik Om Yana / Om Abdul (Kings Robyn BF) ini mengungguli Bengal milik Om Ugil Bomayu (49 SF), New KS, dan Virus Max, yang masing-masing berada di urutan kedua, ketiga, dan keempat.

Murai batu Robyn
Murai batu Robyn terbaik di Kelas Ebod Joss.

MB Robyn memang sedang naik pamor. Sebelumnya dalam kontes Danpusdikzi Cup di Bogor, 24 Januari lalu, murai batu Robyn menjuarai kelas paling bergengsi.

Om Yana, Om Abdul, dan MB Robyn
Om Yana (tengah) dan Om Abdul (kiri) sukses bersama MB Robyn.

Lima kelas lovebird dipenuhi peserta, dan melahirkan juara yang berbeda-beda di setiap sesinya. Kelas Ebod Joss dimenangi lovebird Oly kepunyaan Om Dirham (Sukabumi).

Lovebird Oly
Lovebird Oly juara 1 Kelas Ebod Joss.

Burung ini mengalahkan Lulu milik Om Bio (Netral SF) dan Banana 162 milik Om Ibenk (Roda Pelangi) yang saat ini sedang naik daun.

Om Dirham dan lovebird Oly
Om Dirham moncer bersama lovebird Oly

Empat kelas lainnya masing-masing dimenangi lovebird Ononiha 2 milik Om Hengky Nias, Putri Ayu kepunyaan Om Hari (Cibuluh), Arga orbitan Om Adeka GHB (KKLB Bogor), dan Banana 162 milik Om Ibenk.

Penyerahan trofi kepada juara lovebird Kelas Ronggolawers
Penyerahan trofi kepada juara lovebird di kelas bergengsi Exclusive Ronggolawers.

Kelas anis merah juga berlangsung meriah, apalagi dihadiri Komunitas Anis Merah Bogor (KAMB) yang digawangi Om Sulaiman dan Om Deny. “Kehadiran kami di sini sekaligus untuk merayakan hari jadi setahun berdirinya KAMB. Tujuannya untuk meramaikan anis merah, khususnya di Kota Bogor,” kata Om Sulaiman.

Komunitas Anis Merah Bogor (KAMB)
Komunitas Anis Merah Bogor (KAMB) tampil dominan.

KAMB memang tampil dominan dan menyapubersih dua kelas anis merah. Kelas Exclusive Ebod Joss dimenangi anis merah Kancut milik Om Affateh (KAMB Jasinga), disusul Jabang Tetuko milik Om Drie 77 (KAMB Jasinga) dan Petir andalan Om Deni (KAMB).

Anis merah Petir juga moncer di Kelas Prembun, bahkan nangkring di posisi teratas. Juara kedua dan ketiga diraih Satria ZX299 milik Om Jajang (Cibereum) dan Santara milik Om Afriadi (Palapa Narogong). AM Kancut harus puas menempati posisi keempat. (d’one)

49 SF eksis di kelas murai batu
49 SF eksis di kelas murai batu.
Panitia dan Juri Ronggolawers Cup Bogor
Panitia dan Juri Ronggolawers Cup Bogor.

Hasil Lomba Ronggolawers Cup, Bogor (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.