Kenari cinnamon: Langka, sangat aktif, dan pandai berkicau

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kenari cinnamon tak kalah popular dari jenis kenari terkenal lainnya seperti belgia dan yorkshire. Burung yang penampilannya mirip kenari norwich ini termasuk jenis yang sangat langka, namun dikenal sangat aktif dan pandai berkicau.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

cinnamon
Kenari cinnamon dikembangkan di Inggris sejak tahun 1900-an

Kenari cinnamon dikembangkan di Inggris pada awal tahun 1900-an, kemudian disilangkan dengan jenis kenari tipe lain seperti yorkshire, norwich, dan border, untuk menghasilkan keturunan dengan warna kayu manis (cinnamon) yang lebih tegas.

Tetapi keturunan yang dihasilkan itu umumnya tidak memiliki intensitas warna cinnamon yang sama seperti kenari aslinya, sehingga British Canary Council / Dewan Kenari Inggris memberinya nama baru, yaitu english cinnamon canary atau kenari cinnamon Inggris yang kemudian ditetapkan sebagai jenis terpisah.

Secara umum, kenari cinnamon mempunyai bulu-bulu dengan warna dasar bervariasi, yaitu kuning atau jingga yang bercampur warna merah kayu manis. Adapun jenis yang paling ideal dan banyak dicari adalah kenari yang memiliki warna cokelat kemerahan yang lebih gelap, tegas, dan berkilau kekuningan.

Kenari cinnamon yang banyak dicari karena kelangkaannya
Kenari cinnamon banyak dicari karena sangat langka. 

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Cinnamon termasuk jenis kenari yang sangat aktif dan pandai berkicau. Induknya sangat handal dalam merawat dan membesarkan anak-anaknya. Menurut para breeder kenari di mancanegara, kenari cinnamon punya kualitas bulu yang lebih baik dan lebih halus daripada jenis kenari lainnya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sebagaimana kenari norwich, cinnamon termasuk jenis kenari yang sangat langka dan umumnya hanya dimiliki atau dijual oleh penangkar-penangkar kelas besar. Jenis yang beredar di pasaran umumnya hanya keturunan dari kenari cinnamon Inggris atau kenari silangan lain yang memiliki warna sama atau mirip.

Meski demikian, kenari cinnamon mudah dibedakan dari jenis kenari lainnya, terutama dengan memperhatikan penampilannya. Nah, berikut ini ciri-ciri kenari cinnamon:

  • Rata-rata berukuran panjang 15-16 cm.
  • Tubuh berbentuk bulat dengan bagian dada yang tampak lebar/bidang.
  • Mempunyai bulu-bulu yang halus dan tebal berwarna coklat kemerahan.
  • Mempunyai sayap, ekor dan paruh yang lebih pendek.

Pada umumnya, kenari cinnamon dipelihara untuk dikembangbiakkan atau dikawinsilangkan dengan jenis kenari lain, untuk menghasilkan keturunan yang memiliki warna-warna unik dan menarik.

Meski kenari cinnamon memiliki kemampuan bernyanyi yang tak kalah bagusnya dari kenari penyayi lain seperti american singer, namun jarang sekali orang memeliharanya untuk didengarkan suaranya.

Suara kicauan kenari cinnamon  |  DOWNLOAD

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.