Om Wahyu Pati: Setahun ternak lovebird di kampung halaman, hasilkan juara Valentine

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Nama Om Wahyu Sudrajad cukup familiar di kalangan kicaumania Blok Tengah, khususnya kalangan lovebird lovers. Sebagai pemain, dia kerap meraih juara, terutama melalui prestasi lovebird Barong.

Saat itu Om Wahyu mukim di Jogja, karena masih kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM. Selain kuliah, dia juga ternak lovebird dengan mengibarkan bendera usaha Wahyu WS Bird Farm.

( lihat juga Lovebird Barong dan kisah kemandirian Om Wahyu selama di Jogja )

Setahun lalu, Om Wahyu telah merampungkan kuliahnya dan menjadi sarjana ekonomi. Dia memilih pulang ke kampung halamannya di Desa Kalimulyo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati. “Saya diminta mengurus dan meneruskan usaha orangtua di bidang jasa konstruksi,” tuturnya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Seluruh kandang ternak lovebird yang ada di Jogja pun diboyong ke kampung halamannya. Breeding lovebird terbukti sudah bisa menghidupinya selama kuliah, selain sebagai hobi, sehingga tidak dapat ditinggalkannya begitu saja.

Lovebird Barong yang sarat prestasi tetap dijadikan sebagai basic blood di kandang penangkarannya. Sejak di Jogja pun, Barong sudah menjadi materi induk unggulan.

Kini, setahun beternak di kampung halamannya, Om Wahyu sudah menghasilkan beberapa lovebird berprestasi. Misalnya lovebird Simano yang meraih juara 3 dalam Piala Wali Kota Solo (20/12/2015). Burung kemudian ditake-over kicaumania asal Surabaya dengan harga cukup fantastis.

Tapi Om Wahyu masih memiliki sejumlah amunisi hebat yang merupakan anakan-anakan LB Barong. Salah satunya adalah lovebird Virus. Burung ini diturunkannya dalam even nasional Valentine Day di Jogja, Minggu (14/2).

Lovebird Virus
Lovebird Virus, jawara even akbar Valentine Day 2016.

Hasilnya memang tidak main-main. Menghadapi 59 lawannya di Kelas Dewi Amor A, LB Virus tampil sangat bagus. Rajin ngekek, dengan durasi panjang-panjang serta volume tembus. Koncer A mutlak pun diraih Virus.

“Alhamdulillah, setelah boyong kandang ke Pati, ternyata kami masih tetap bisa berproduksi, bahkan beberapa anakannya sudah pada moncer, termasuk Virus yang menjuarai even sebesar Valentine Day,” tandas Om Wahyu kepada omkicau.com. (Waca)

Breeding lovebird WS BF Pati
Kandang breeding WS BF Pati menggunakan sistem ombyokan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.