Australian plainhead, kenari yang unik dan istimewa

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Banyak orang beranggapan bahwa negara-negara di Eropa seperti Inggris, Jerman, dan Belgia merupakan penghasil jenis kenari popular di dunia. Nyatanya, di belahan lain bumi ini, ada jenis kenari yang cukup unik dan istimewa. Ya, itulah australian plainhead yang dikembangkan di Negeri Kanguru.

Kenari australian plainhead yang dikembangkan di Australia
Kenari australian plainhead dikembangkan di Negeri Kanguru.

Kenari australian plainhead merupakan hasil persilangan dari kenari-kenari domestik melalui proses seleksi cukup ketat. Kenari ini secara khusus dikembangkan untuk tujuan pameran dan merupakan satu-satunya varietas kenari yang dikembangbiakkan di Australia.

Nenek moyang burung ini adalah kenari norwich awal yang berasal dari Norwich, Inggris. Saat muncul kali pertama, australian plainhead cukup digemari dan menjadi kenari paling popular dalam setiap pameran dan kontes selama bertahun-tahun.

Pada tahun 1930, terjadi perbedaan dalam standar penilaian sehingga membuat kesenjangan antarpeternak kenari lokal di Victoria dan peternak kenari norwich.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Tahun 1953, dalam upaya menyatukan peternak kenari di Australia dan untuk melestarikan kenari hasil silangan tersebut, maka kenari unik dan istimewa tersebut diberi nama australian plainhead.

Australian plainhead termasuk jenis kenari yang cukup langka di Australia. Pada tahun 1991, jumlahnya menurun menjadi 460 ekor. Penyebab penurunan populasi ini karena perawatan dan penangkaran australian plainhead cukup sulit. Burung ini memang bukan tipe kenari yang mudah dirawat sebagaimana jenis kenari lainnya, khususnya untuk pemula.

Merawat dan menangkar australian plainhead membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra, apalagi induknya tak bisa merawat dan membesarkan anak-anaknya dengan baik. Namun, tidak sedikit juga penangkar yang kemudian berhasil membiakkannya dengan bantuan induk asuh atau menyilangkannya dengan jenis kenari lain seperti border.

Kenari australian plainhead memiliki tubuh tegap, bulat-gemuk, kepala besar di mana bagian atasnya tampak rata / ceper. Paruhnya kecil, sementara sayap dan ekornya juga pendek.

Kenari ini awalnya muncul dalam dua warna dasar yang berbeda, yaitu kuning dan putih. Namun kini banyak warna yang bisa dihasilkan, termasuk hijau, cinnamon, dan merah.

Kenari australian plainhead dalam beberapa warna berbeda
Kenari australian plainhead dalam beberapa warna berbeda

Australian plainhead termasuk jenis kenari tipe yang popular di berbagai pameran dan lomba burung. Penilaian tak diberikan untuk suara kicauannya, melainkan untuk penampilan dan bentuk tubuhnya. Walau begitu, jenis kenari ini mempunyai suara kicauan cukup indah, sebagaimana moyangnya: kenari norwich.

Duara kicauan australian plainhead  |  DOWNLOAD

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.