Perawatan murai batu Temas sejak trotolan hingga moncer

Murai batu Temas milik Om Doddy KBC merupakan salah satu jawara hasil breeding Kimseng BF Bekasi. “Saya sudah tiga kali belanja anakan murai dari Kimseng BF. Yang pertama adalah Temas, saya beli sejak masih trotolan hingga moncer di lapangan,” kata Om Doddy.

Murai batu Temas,
Murai batu Temas, salah satu andalan Kimseng BC.

Bahkan murai batu Temas merupakan gaco pertama Om Doddy sejak mulai main di kelas murai. Dengan ketelatenan dan kesabarannya, dia merawat Temas sejak anakan / trotolan.

Meski saat itu Temas sudah ngevoer (mau makan voer), untuk memenuhi kebutuhan gizinya tetap diberi extra fooding (EF) kroto dan jangkrik.

“Jangkrik saya berikan sebanyak-banyaknya. Selain itu diselingi cacing tanah. Sebelumnya, cacing harus dibersihkan dulu, kemudian dipotong-potong,” jelasnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berdasarkan pengamatannya, pemberian jangkrik maupun cacing sejak kecil akan membuat murai batu saat dewasa mudah disetting, terutama settingan jelang lomba. Sebab burung tidak mudah kaget, serta sang pemilih lebih mudah mengetahui mana EF yang paling disukai burung.

Om Doddy KBC dan murai batu Temas
Om Doddy KBC merawat MB Temas sejak trotolan hingga jawara.

Perawatan harian dimulai selepas subuh. Kerodong dibuka, lalu burung dikeluarkan untuk diembunkan. Sekitar pukul 07.00, burung dijemur.

Penjemurannya tidak terlalu lama, karena Om Doddy harus segera berangkat kerja. Bahkan sesekali dia tak sempat menjemur, karena keterbatasan waktu.

Setelah dijemur, burung kembali dikerodong full, sambil didekatkan dengan master mp3. Sore hari usai pulang kerja, kerodong kembali dibuka dan burung dianginkan sebentar.

“Selanjutnya saya berikan jangkrik 3-5 ekor atau secukupnya. Setelah itu burung kembali dikerodong sampai keesokan harinya,” tambah Om Doddy.

Untuk pemasteran, dia hanya menggunakan audio mp3. Biasanya setiap suara burung diperdengarkan selama 3 minggu. Ada juga burung masteran asli, namun tidak banyak, hanya cucak jenggot, kenari, dan siri-siri. Selebihnya mengandalkan audio mp3.

Om Doddy KBC
Om Doddy (kiri) bersama para personel Kimseng Bird Club (KBC).

Jika mau dilombakan, pagi harinya burung diembunkan dan dianginkan seperti biasa. Lantas dimandikan  agar birahinya terkendali dan bisa stabil. Setelah itu kembali dianginkan, dikerodong, dan segera dibawa ke lapangan lomba.

Setelan lomba hanya berupa 5 ekor jangkrik, 3 ekor ulat hongkong, dan 1 sendok makan kroto segar. Ini fleksibel, tergantung kondisi burung. Kalau agak galak, EF dikurangi. Begitu pula sebaliknya. Yang penting jangan sampai kekenyangan saat mau digantang di lapangan. (d’one)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.