Piala Dan Yonif Para Raider: Murai batu Rawit terbaik di kelas bergengsi

Mahesa Ratu BC serta Brother SF masing-masing tampil sebagai juara umum bird club dan single fighter dalam lomba burung berkicau Piala Dan Yonif Para Raider 328 / DGH yang berlangsung di Asrama Yonif Para Raider, Kostrad Cilodong, Jl Raya Bogor Km 39, Depok, Minggu (27/3).

Suasana Lomba Piala Dan Yonif Para Raider
Suasana Lomba Piala Dan Yonif Para Raider di Depok, Minggu (27/3).

Even garapan Silobur dengan sistem penilaian real, transparan, dan terbuka ini mendapat apresiasi para peserta. Tiket terjual sebanyak 1.070 lembar.

Panitia yang digawangi Om Yogi Prayogi (ketua pelaksana), Kapten Inf I Gusti Bagus (ketua panitia), dan Letkol Inf Ade Rony Wijaya (pelindung) ini membuka enam kelas murai batu, termasuk dua kelas murai batu borneo dan satu kelas murai batu ekor hitam.

Murai batu Rawit orbitan Om Edy PLN (279 Team) menjuarai kelas bergengsi, Dan Yonif Para Raider, dan berhak memboyong trofi khusus berbentuk peluru serta uang pembinaan Rp 7 juta.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Murai batu Rawit
Murai batu Rawit juara di kelas paling bergengsi.

Rawit mengalahkan lawan-lawan tangguhnya, termasuk Anak Mami milik Ny Umi (Mahesa Ratu BC) dan Robyn besutan Om Yana / Om Abdul (King’s Robyn BF) yang harus puas di posisi kedua dan ketiga.

“Materinya bagus, isiannya lengkap. Di tangan pemilik lama juga sering juara, “ ujar Om Edy PLN tentang murai batu Rawit yang diboyongnya dari Aceh.

Om Edy PLN
Om Edy PLN: MB Rawit saya take-over dari Aceh.

Selain menjuarai kelas bergengsi, Rawit juga meraih juara 3 di Kelas Ebod Vit. Kelas ini dimenangi murai batu Anak Mami, disusul Ken Arok kepunyaan Om Darto dari 86 Team.

Kelas Ebod Joss dijuarai murai batu Pasopati. Jagoan Om Doni (Cilodong) ini mengalahkan Black Sableng milik Om Bonni N (Mahesa Ratu BC) dan Elchino orbitan Om Kiano / Om Firman (Dipo Team).

Om Doni dan murai batu Pasopati
Om Doni (tengah) sukses bersama murai batu Pasopati.

Murai batu Krisna besutan Om Udin (Selon Team) terbaik di Kelas MB Ekor Hitam. Juara 2 dan 3 masing-masing diraih Manik Maya milik Om Imam (Cirebon) dan Rasis kepunyaan Om Farli (Bodrex’s).

Dua kelas murai batu borneo didominasi Gembul dan Terminator. Gembul, jagoan Om Riky (Kios BC) tak terkalahkan di Kelas Ebod Solution, unggul atas Jaguar milik Om Parman (KUD) dan Terminator andalan Om Joki (Embun BC).

Namun Terminator mampu melakukan revans dan memenangi Kelas E-Bodre. Gembul di posisi runner-up, sedangkan Sableng milik Om Eko BMC (Bogor) berada di urutan ketiga.

Cucak hijau digelar dua kelas dan dijuarai burung berbeda. Chiken, gaco anyar orbitan Om Budi (Baraka BC), menjuarai Kelas Ebod Joss. Sukhoi besutan Om Ferly (279 Tean) dan Putra kepunyaan Om Egi Ahong (Depok) berada di peringkat kedua dan ketiga.

Cucak hijau Chiken
Cucak hijau Chiken, gaco anyar yang langsung mencorong.

Adapun Kelas Ebod Vit dimenangi cucak hijau Raider Mix. Burung koleksi Om Lukman (Kios BC) ini unggul atas Sukhoi yang dikawal Om Ikbal yang kembali menjadi runner-up. Cucak hijau Minimi milik Om Ukas (Yonif JY) di posisi ketiga.

Baraka Team sukses bersama cucak hijau Chiken
Baraka Team sukses bersama cucak hijau Chiken.
Om Ikbal dan cucak hijau Sukhoi
Om Ikbal (kanan) sukses mengawal cucak hijau Sukhoi.

Persaingan di kelas kenari juga berlangsung seru. Wiver Jr, gaco milik Om Ujang Misbach (Kacau Mania), menjuarai Kelas Standar Kecil E-Bodre, mengalahkan Company besutan Om Debby (SDK) dan Tamagoch koleksi Om M-One (Embun Pagi).

Kenari Wiver Jr
Kenari Wiver Jr stabil di jalur juara

Wiver Jr juga diturunkan di dua kelas standar umum, dengan hasil juara 2 dan 3. Sebelumnya, burung ini juga sukses meraih juara 1 dalam even Ronggolawe Ramayana di Bogor (25/3) dan EP-24 Ceria di Depok (26/3).

Om Ujang Misbach, pemilik kenari Wiver Jr
Om Ujang Misbach, pemilik kenari Wiver Jr.

Kelas branjangan, yang dibuka 2 kelas, sesi pertama juara pertamanya diraih Yupiter milik Om Tony Music dan sesi Branjangan berikutnya Raja Kutub milik Om Kris yang sukses memetik gelar juara pertama. Keduanya sama-sama dari Royal BC.

Para peserta di kelas branjangan
Para peserta di kelas branjangan terlihat kompak.

Dua branjangan terbaik nasional, masing-masing Yupiter milik Om Tony Music (Royal BC) dan Raja Kutub kepunyaan Om Kris, juga dari Royal BC, harus berbagi gelar juara.

( lihat juga Tips perawatan branjangan Raja Kutub milik Om Kris )

Yupiter terbaik di Kelas A, unggul atas Usus Buntu milik Dr Ernaldi dan Bejo milik Om Isan, keduanya dari KBB Bandung. Kelas B dimenangi Raja Kutub. (d’one)

Brother SF juara SF
Om Yogi Prayogi (kaos biru) menyerahkan trofi juara kepada Brother SF.
Mahesa Ratu juara umum BC
Om Bonni tengah), mewakili Mahesa Ratu BC, menerima trofi juara umum BC.
King's Robyn BF
King’s Robyn BF eksis bersama murai batu Robyn
Om Ibenk dan lovebird Banana
Om Ibenk (2 dari kanan) bersama lovebird Banana.

Hasil Piala Dan Yonif Para Raider 328 (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.