Mencegah dan mengatasi kenari gemuk akibat pakan berlebihan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kegemukan menjadi salah satu masalah yang sering menimpa burung peliharaan, terutama kenari. Selain membuat aktivitasnya berkurang lantaran bobot bertambah, kenari gemuk juga cenderung malas berkicau. Bagaimana cara mencegah kenari agar tidak gemuk? Bagaimana pula cara mengatasinya jika kenari terlanjur gemuk?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tips mencegah kenari dari kegemukan
Tips mencegah kenari dari kegemukan.

Umumnya, burung kenari akan memakan apa saja yang disukainya. Begitu menyukai jenis pakan tertentu, kenari akan terus mengkonsumsinya tanpa kenal waktu dan aturan. Dampaknya bisa ditebak, burung rentan mengalami kegemukan dan makin malas bergerak, apalagi berkicau.

Ada beberapa jenis pakan yang bisa menyebabkan kenari mudah mengalami kegemukan apabila dikonsumsi secara berlebihan, antara lain:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  1. Bijian berwarna hitam
    Pakan bijian berwarna hitam memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi daripada bijian dengan warna lain seperti merah atau putih. Meski begitu, banyak kenari yang menyukai jenis bijian hitam.
  2. Telur rebus
    Kenari yang terlalu sering mengkonsumsi telur puyuh atau telur ayam rebus mudah mengalami kegemukan. Pakan tambahan / extra fooding (EF) ini memang sangat disukai oleh semua jenis kenari. Mereka akan terus memakannya sampai habis, tanpa mempedulikan pakan lainnya yang sudah Anda sajikan dalam sangkarnya.
  3. Buah-buahan dengan kadar gula tinggi
    Beberapa jenis buah memiliki kadar gula cukup tinggi. Sebaiknya hindari atau jangan terlalu sering diberikan agar kenari tak mudah mengalami kegemukan. Selain menyebabkan kegemukan, buah yang berkadar gula tinggi juga berdampak kurang baik bagi kesehatan burung.

Mencegah kenari gemuk

Untuk mencegah burung kenari agar tak mengalami kegemukan, beberapa hal berikut ini bisa Anda lakukan:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Mengurangi pakan bijian berwarna hitam
    Mengurangi pakan biji-bijian berwarna hitam seperti niger seed bisa membantu mencegah kegemukan pada kenari. Meski pakan bijian ini cukup ampuh meningkatkan birahi dan membuat kenari rajin berbunyi, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat berdampak kurang baik. Alternatifnya, berikan pakan bijan berwarna hitam dalam cepuk terpisah, namun hanya diberikan beberapa hari sekali.
  • Membatasi pemberian telur rebus
    Telur rebus memang baik untuk menambah stamina dan membantu meningkatkan birahi. Namun jika terlalu berlebihan bisa menyebabkan berbagai gangguan, termasuk kegemukan. Karena itu, Anda perlu membatasi pemberian telur rebus, misalnya cukup diberikan setiap 3-4 hari sekali.
  • Memilihkan buah-buahan secara tepat
    Apel termasuk salah jenis buah yang selama ini dianggap aman bagi kenari. Namun pemberiannya dilakukan dengan cara dipotong kecil-kecil dan ditempatkan dalam cepuknya, atau digantung dalam sangkar hariannya. Selain sebagai penambah stamina, apel dipercaya bisa mencegah kegemukan.
  • Berikan sayuran hijau setiap pagi
    Sayuran hijau termasuk pakan penting yang bisa diberikan setiap hari kepada kenari. Sayuran hijau juga bisa mencegah kegemukan jika diberikan secara tepat. Berikan sayuran hijau pada pagi hari setelah terlebih dahulu mencabut pakan bijiannya, atau berikan saat kenari sedang dijemur.

Mengatasi kenari yang terlanjur gemuk

Tetapi, bagaimana jika burung kenari terlanjur mengalami kegemukan? Beberapa terapi berikut ini bisa dilakukan:

  • Berikan penjemuran dengan durasi yang cukup
  • Menambah jumlah tenggeran dalam sangkarnya
  • Melatih burung dalam kandang umbaran

Demikian tips mengcegah dan mengatasi kenari gemuk akibat pakan berlebihan, semoga bisa memberi tambahan informasi bagi sobat kenarimania di seluruh Indonesia.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.