Tips merawat trotolan murai batu agar cepat mengeluarkan suara

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak kicaumania yang ingin memelihara murai batu sejak trotolan. Selain harganya lebih terjangkau, murai batu juga bisa disiapkan sejak dini agar menjadi burung berkualitas. Namun kerap muncul keluhan, mengapa burung tak kunjung bersuara meski sudah mendapat extra fooding (EF) yang cukup, bahkan sudah dimaster pula. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini tips merawat trotolan murai batu agar cepat mengeluarkan suara.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Murai batu trotolan
Perawatan trotolan murai batu agar cepat mengeluarkan suaranya.

Penangkaran burung murai batu kini banyak dijumpai dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini tentu lebih memudahkan para kicaumania yang ingin memeliharanya. Apalagi trotolan murai batu kini banyak dijual di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

Namun perlu diwaspadai adanya penangkar fiktif yang mengaku-ngaku menjual trotolan murai batu dari indukan berkualitas, dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga pasaran.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Tidak jarang pula, untuk menarik minat calon korban, mereka menggunakan foto-foto para penangkar yang asli. Bahkan para penipu ini sering juga memakai nama omkicau.com dalam setiap transaksinya (padahal omkicau.com tak pernah jualan burung, he.. he.. he..).

Selama ini ada anggapan bahwa bunyi dan tidaknya trotolan murai batu sangat tergantung pada karakter masing-masing burung. Hal tersebut mungkin ada benarnya. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa membantu atau mempercepat proses tersebut, yaitu pola perawatan yang selama ini diterapkan dan bagaimana menentukan proses pemasterannya.

Dalam perawatan hariannya, pemberian full EF pun belum tentu menjamin trotolan murai batu mau mengeluarkan suara ocehannya. Untuk itu, pola perawatan harian di luar masalah pakan harus mulai diterapkan, misalnya:

  • Rutin melakukan pengembunan
  • Mandi dan jemur secara teratur
  • Pemberian multivitamin untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga kondisinya.

Selain perawatan harian, metode pemasteran harus disesuaikan dengan kondisi dan umur burung. Trotolan murai batu yang masih sangat muda janganlah dilatih dengan suara masteran yang berat dan kasar, karena bisa membuat burung malah ngedrop dan malas berbunyi.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Adapun metode pemasteran yang bisa dilakukan sesuai dengan umur trotolan, sebagaimana yang dilakukan banyak murai mania, adalah sebagai berikut:

  1. Trotolan umur kurang dari 1 bulan
    Pemasteran dilakukan dengan menggunakan burung-burung kecil yang bersuara receh seperti pleci, burung-madu (“kolibri”), gelatik, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk memancing trotolan agar mau dan terbiasa mengeluarkan suara ocehannya.
  2. Trotolan umur 1 – 2 bulan
    Setelah trotolan terpancing untuk berbunyi, proses pemasterannya bisa ditambahkan dengan burung-burung bersuara sedang seperti kenari, ciblek, pelatuk, tengkek, dan suara serangga. Suara-suara masteran tersebut dianggap sebagai suara dasar yang kelak bisa menggantikan suara alam atau suara aslinya.
  3. Trotolan umur 2 bulan lebih
    Trotolan yang berumur 2 bulan lebih biasanya sudah memiliki kecerdasan yang lebih baik, sehingga proses pemasterannya bisa menggunakan suara-suara yang lebih berat dan kasar seperti suara cililin, cucak jenggot, lovebird, dan sebagainya. Suara-suara ini nantinya akan menjadi tembakan andalan murai batu saat bertemu lawan-lawannya di lapangan.

Dengan melakukan perawatan harian secara teratur, disertai metode pemasteran sesuai dengan kondisi dan umur burung, maka murai batu setelah dewasa akan memiliki mental dan kecerdasan yang lebih tinggi daripada burung-burung seumurannya.

Baca juga: Cara memilih trotolan murai batu istimewa versi SKL BF

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

  1. pengalaman merawat trotol murai batu dari mulai makan sendiri sampai sekarang berusia 1 tahun lebih. Saya merawatnya tanpa ef kroto hanya jangkrik dan vor , ketika usia 8 bulan baru bisa ngplong..hehe…tapi alhamdulillah waktu diajak jalan-jalan ke latberan mau narung ngplay dari awal sampai akhir. Mantap artikel tentang perawatan murai ini…mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua…eksis terus omkicau..

Komentar ditutup.