Cara cepat mengatasi kapas tembak yang over birahi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kapas tembak termasuk salah satu burung master andalan, karena memiliki suara tembakan yang tajam. Burung ini juga kerap dilombakan. Dalam even-even di Jawa biasanya digabungkan dengan cucak jenggot. Adapun di Sumatera sudah punya kelas tersendiri, dengan jumlah peserta cukup banyak.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

mengatasi kapas tembak over birahi
Burung kapas tembak mudah berbunyi, tapi juga mudah over birahi.

Perawatan burung kapas tembak relatif mudah alias tidak terlalu merepotkan. Burung ini dikenal mudah berbunyi, dengan suara kicauan yang tajam, serta gaya buka ekor yang khas.

Namun, sebagaimana jenis burung kicauan lainnya, kapas tembak juga rentan mengalami over birahi (OB). Jika hal itu sampai terjadi, tentu akan membuatnya susah nampil di lapangan, bahkan ogah bunyi di rumah.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Over birahi biasanya disebabkan oleh pola perawatan hariannya, terutama pakan yang diberikan. Bagaimana tanda-tanda kapas tembak mengalami OB? Silakan cek beberapa poin di bawah ini:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Performa burung mengalami penurunan drastis, bahkan mulai jarang mengeluarkan suara kicauannya.
  • Sayap selalu diturunkan / ngeleper.
  • Saat dipertemukan dengan burung sejenis, maka kapas tembak jantan cenderung menyerang. Burung sejenis yang diserang bisa betina maupun jantan. Saat menyerang, kapas tembak akan mengeluarkan suara ngepik / cuitan.
  • Burung betina yang OB cenderung menggetarkan sayapnya sambil naik-turun tangkringan, juga disertai suara ngepik / cuitan. Dalam beberapa kasus, kapas tembak betina yang OB bisa bertelur tatkala mendengar suara pejantan.

Kapas tembak dengan kondisi seperti itu tentu sulit nampil di lapangan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara cepat mengatasi kapas tembak yang over birahi, antara lain:

  • Berikan pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa ulat bambu. Untuk sementara, selama proses / terapi penyambuhan, hentikan dulu pemberian jangkrik.
  • Berikan buah-buahan secara rutin, misalnya buah pir, belimbing, atau pepaya. untuk membantu menurunkan birahinya.
  • Rutin memandikan burung, termauk mandi pada malam hari (terapi mandi malam).
  • Kurangi durasi penjemuran, namun burung harus sering diangin-anginkan di tempat sejuk.

Itulah beberapa cara sepat menanggulangi kapas tembak yang over birahi. Melalui perawatan yang teratur, kapas tembak bisa terhindar dari masalah yang sama di kemudian hari. Selain itu, burung akan selalu siap bersaing dalam sebuah perlombaan atau latberan.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.