Tips membedakan kenari jantan dan betina melalui pengamatan fisik dan perilaku

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

2. PENGAMATAN PERILAKU

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kenari betina yang sudah mencapai umur dewasa kelamin atau siap kawin akan menunjukkan perilaku yang cukup unik ketika mendengar suara kicauan kenari jantan. Berdasarkan pengamatan omkicau.com, perilaku yang muncul pada kenari betina saat mencengar kicauan kenari jantan antara lain:

  • Membungkukkan badan sambil mengangkat kepala dan ekor.
  • Menggetar-getarkan kedua sayapnya (ngeleper) dan kloakanya.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan gambar di bawah ini:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
Perilaku yang ditunjukkan kenari betina ketika mendengar suara kenari jantan
Perilaku kenari betina ketika mendengar suara kenari jantan.

Tidak seperti kenari jantan yang memiliki suara kicauan bervariasi, kenari betina umumnya hanya mengeluarkan suara panggilan (call). Suara tersebut bisa kita dengarkan sebagai suara “cuitan” saja.

Meski begitu, ada juga kenari betina yang memiliki kemampuan kicauan mirip kenari jantan. Biasanya hal itu terjadi pada kenari betina yang sudah berumur cukup mapan. Namun suaranya tidak akan sepanjang dan sevariatif kenari jantan, apalagi punya suara-suara isian.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Suara kenari betina cenderung ngerol, dilagukan dengan durasi cukup pendek dan sering terpatah-patah. Hal inilah yang sering mengecoh para kicaumania, terutama pemula, sehingga menganggap kenari yang diamatinya berjenis kelamin jantan (padahal cewek, he.. he..).

Berikut ini contoh suara kenari betina yang ngerol, namun dengan durasi pendek dan patah-patah:

Itulah dua cara membedakan kenari jantan dan betina, yakni melalui pengamatan fisik dan pengamatan perilaku. Dengan adanya tulisan ini, semoga para kicaumania pemula bisa lebih percaya diri ketika memilih burung kenari di pasar atau kios burung.

Kembali ke Halaman Awal

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.