Kacer Patriot milik H Rihan (HRVRT SF) burung terbaik di Bupati HSU Cup

Lomba burung berkicau Bupati HSU Cup di Lapangan Pahlawan Amuntai, Minggu (8/5), berlangsung meriah. Even yang digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-64 Kabupaten Hulu Sungai Utara ini diikuti 797 peserta dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Lomba burung berkicau Bupati HSU Cup
Suasana penilaian kelas murai batu dalam even Bupati HSU Cup di Amuntai, Minggu (8/5).

Lomba yang dikoordinasi Om Ahmad Fanany SE ini berlangsung dalam cuaca cerah. Panitia menggunakan juri-juri dari Pelestari Burung Indonesia (PBI) dan juri independen di Kalimantan Selatan.

Om Ahmad Fanany SE
Sambutan Ketua Pelaksana, Om Ahmad Fanany SE.

Secara umum, lomba berjalan tertib. Kinerja para juri pun layak mendapat apresiasi, terbukti tak ada komplain atau protes dari para peserta.

Lomba burung berkicau Bupati HSU Cup
Sambutan Bupati HSU, diwakili Kepala Disporabudpar.

Gelaran ini menjadi menarik, karena panitia menyediakan doorprize istimewa berupa 1 unit sepeda motor Honda Beat Matic, sumbangan dari Bupati HSU Drs H Abdul Wahid HK MM MSi. Pembukaan lomba dilakukan oleh Kepala Disporahubdar, H Suharsono SPd MM, mewakili Bupati HSU.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Lomba burung berkicau Bupati HSU Cup
Penyerahan kunci motor Honda Beat.

Kacer Patriot menjadi bintang lapangan kali ini. Gaco andalan H Rihan (HRVRT SF Binuang) ini tampil di semua (3) kelas kacer umum, dan selalu meraih juara pertama. Tiga gelar juara 1 membuat Patriot ditetapkan sebagai burung kacer terbaik dalam even ini.

Di Kelas Bupati, kacer Patriot mengungguli 1000 Sungai milik H Robby (Satria Muda BC) dan Pedrosa milik Om Firtana (Tabalong BC). Padahal 1000 Sungai termasuk salah satu kacer jawara di Kalsel.

Patriot juga menjuarai Kelas Sekda, mengalahkan kacer R15 milik Om Dega (Amandit Dwi Warna BC Kandangan / Barabai). Juara ketiga diraih Simanis, gaco lain milik Om Rihan.

Patriot dan Simanis bahkan mendominasi Kelas Wakil Bupati. Patriot di posisi pertama, Simanis juara kedua, disusul Kumala Datu milik Adelian (Gusti Adelian SF Tanjung).

HRVRT SF Binuang
HRVRT SF Binuang moncer bersama kacer Patriot.

Panitia juga membuka tiga kelas kacer dada hitam (kacer hitam). Kacer Siluman orbitan Om Ferdinan (Amandit Dwi Warna BC) sukses menjuarai dua kelas, yakni Wakil Bupati dan Sekda.

Kelas utama Bupati dimenangi Elang Putih milik Om Irfan (Satria Muda BC). Gelar kacer hitam terbaik menjadi milik Siluman.

Murai batu Matador milik Om Awi (TBM BC Banjarbaru) menjadi burung terbaik di kelasnya. Burung ini menjuarai Kelas Bupati dan Wakil Bupati A. Di kelas utama, Matador mengalahkan Dep-Dep milik Hj Andriyani (Palangkaraya) dan Bintang besutan Om Agus / Om Iwan (Tabalong BC).

Pada Kelas Wakil Bupati A, Matador unggul atas murai batu Halilintar milik H Aril (Jalak Haji SF Kalsel) dan Thunder Boy andalan Adelian (Gusti Adelian SF Tanjung).

Matador nyaris mencetak hattrick. Namun Halilintar dan Dep-Dep mampu melakukan revans ketika mereka bertempur lagi di Kelas Sekda. Halilintar menjadi juara 1, disusul Dep-Dep dan Matador.

Kelas Wakil Bupati B dimenangi MB Ale Ale orbitan Om Rocky Yen (Tanjung), mengalahkan Thunder Boy dan Halilintar yang berada di posisi kedua dan ketiga. Adapun Halilintar dan Dep-Dep nangkring di peringkat keempat dan kelima.

Lomba burung berkicau Bupati HSU Cup
Suasana lomba di kelas cucak hijau.

Persaingan lima kelas cucak hijau juga sangat seru, meski RRT milik Om Manco (86 BC Muara Teweh) terlihat paling dominan. Cucak hijau RRT sukses menjuarai dua kelas dan ditetapkan sebagai burung terbaik di kelasnya.

Lovebird Norma milik Victor Jaya (Victor SF) menjuarai dua dari empat kelas yang dilombakan, serta sekali juara 2. Tak ayal, burung ini meraih predikat sebagai lovebird terbaik, mengungguli beberapa musuh beratnya seperti Chelsea milik H Amat / Amandit Dwi Warna BC (juara 1, 2, 3, 7), LB Sosialita milik H Rihan / HRVRT SF (juara 1, 3, 5), dan Putri Cinderella andalan Om Wiwid / Satria Muda BC (juara 3, 4, 4).

Lomba burung berkicau Bupati HSU Cup
Suasana lomba di kelas lovebird.

Satria Muda BC mendominasi dua kelas kenari, melalui gaco andalannya, Buaya Afrika. Burung milik H Aswad ini menjuarai Kelas Wakil Bupati dan Sekda, mengalahkan kenari Fortuna orbitan Om Hery (Paringin SBC) dan Doraemon milik Adelian (Gusti Adelian SF Tanjung).

Para kicaumania di Kalsel dan Kalteng berencana akan mengikuti even H Syahrujani Cup 2016 (ketua DPRD HSU), Minggu 29 Mei mendatang. (Kontributor: Om Reza Faisal)

Lomba burung berkicau Bupati HSU Cup
Pemenang doorprize utama sepeda motor matic.

Burung Terbaik, Juara Team, dan Juara SF

LovebirdNormaVictor Jaya (Victor SF)
KacerPatriotH Rihan (HRVRT SF Binuang)
Kacer dada hitamSilumanFerdinan (Amandit Dwi Warna BC)
Murai batuMatadorAwi (TBM BC Banjarbaru)
Cucak hijauRRTManco (86 BC Muara Teweh)
Juara TeamSatria Muda BC Kalimantan
Juara SFGusti Adelian SF Tanjung
Lomba burung berkicau Bupati HSU Cup
Juara team dan single fighter.

Hasil Lomba Bupati HSU Cup (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.