Kacer Avtur nyeri di UNS Cup 1: Ketika lomba burung jadi bagian tugas akhir mahasiswa

Dalam beberapa pekan ini, kacer Avtur milik Om Damar (Bintang 9 BC Solo) makin tak terbendung dalam even-even di Blok Tengah. Setelah mencetak double winner dalam Dandim Cup di Solo (22/5), burung ini kembali nyeri juara 1 dalam lomba burung berkicau UNS Cup 1 di halaman parkir Stadion UNS, kawasan Jebres, Solo, Minggu (29/5).

Even UNS Cup 1 cukup unik, karena diadakan oleh para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) D3 UNS Jurusan Manajemen Pemasaran (angkatan 2014) sebagai bagian dari tugas akhir perkuliahan.

“Para mahasiswa D3 FEB angkatan 2014 mengusulkan lomba burung. Ini sangat menarik dan merupakan hal baru bagi sebagian besar mahasiswa. Kami baru menyadari, lomba burung kicauan memiliki banyak sekali aspek ekonomi yang dapat dipelajari,” ujar Ibu Lintang, dosen pengampu yang mendampingi para mahasiswa dalam menggelar lomba burung berkicau UNS Cup 1.

Panitia UNS Cup 1
Panitia UNS Cup 1: Even ini menjadi bagian dari tugas akhir mahasiswa.

Ya, para peserta lomba biasanya mendapatkan burung dari pedagang dan penangkar (breeder). Masing-masing pedagang dan penangkar tentu memiliki perhitungan ekonomi agar bisnisnya berjalan lancar dan langgeng.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Dalam perawatannya, setiap pemilik maupun perawatnya tentu memerlukan bahan pakan seperti voer, jangkrik, ulat hongkong, sayuran, buah-buahan, suplemen dan obat-obatan. Semuanya ini juga memiliki jejaring bisnis yang tidak kecil.

Belum lagi aksesoris seperti sangkar, tangkringan, bak mandi / karamba, cepuk pakan / air minum bagi pemain, maupun kandang ternak, gelodok, dan bahan sarang bagi para penangkar.

Ibu Lintang
Ibu Lintang, dosen pengampu gelaran UNS Cup 1.

Hobi burung kicauan pada akhirnya mempunyai multiplier effect yang cukup luas dan ikut menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Kreasi para mahasiswa bertajuk UNS Cup 1 itupun mendapat apresiasi dari sejumlah tokoh kicaumania dan pemain lomba, khususnya di Blok Tengah. Beberapa burung langganan juara di blok ini diturunkan, antara lain kacer Avtur, lovebird DJ Stella, cucak hijau Star Morena, dan lain-lain.

Avtur memang tak terbendung di sini. Gaco andalan Om Damar (Bintang 9 Solo) ini menyapubersih dua kelas yang dilombakan. Di Kelas Bisnis, kacer Avtur mengungguli Sniper milik Om Bayu (Sragen) dan Rock n Roll milik Cak Bahri (Handayani BC Gunungkidul).

Om Damar dan kacer Avtur
Om Damar Bintang 9 Solo (kiri) sapubersih kelas kacer lewat aksi Avtur.

Kelas Ekonomi juga dimenangi Avtur. Juara kedua ditempati kacer DJ koleksi Om Heru DT (Gunungkidul), disusul Renjho kepunyaan Om Benny SSA (SSA SF Sragen).

Dua burung lainnya juga nyeri juara 1, yakni cendet New Junior orbitan Om Didit Ong (Panglima BC) dan kenari Raja milik H Suwadi (Klaten).

Cendet New Junior mengalahkan Van Persie orbitan Om Burinanto (PBI Solo) di Kelas Bisnis. Gelar kedua diraih New Junior di Kelas Ekonomi.

Om Didit Ong dan cendet New Junior
Om Didit Ong (kiri): Cendet New Junior dua kali juara 1.

Om Suwadi moncer bersama kenari Raja yang sukses menjuarai dua kelas umum. Di Kelas Bisnis, kenari Raja mengungguli Genio milik Mr Raja (VIP Soba) dan Orange Juice andalan Om Lucas / Om Benny dari Luwes BC.

H Suwadi
H Suwadi juga double winner di kelas kenari umum.

Kenari Raja kembali memaksa Genio di posisi kedua pada Kelas Ekonomi. Posisi ketiga ditempati Aliando milik Om Yosi S (Master 88). Adapun Kelas Kenari Kalitan Marketing dimenangi Sayang’e milik Kohtik dari Putera Madun SF.

VIP Soba
VIP Soba tiga kali juara 2 di kelas kenari, melalui aksi Genio dan Sahara.

Kelas lovebird di wilayah Solo Raya selalu full peserta. Hal ini juga terlihat dalam even UNS Cup 1. Panitia membuka tujuh kelas lovebird dan semuanya dipenuhi peserta. Hebatnya lagi, persaingan cukup merata sehingga tak ada yang mampu menjuarai lebih dari satu kelas.

UNS Cup 1 - kelas lovebird
Panitia menghitung jumlah burung di kelas lovebird. Semuanya full peserta.

Kelas utama UNS dimenangi jagoan H Mardi Resty (Alengka SF) bernama Bodronoyo. Burung ini tampil sebagai juara 1, disusul Shimponi milik Om Alvin (Solo) dan Dewi Sri andalan Selaksa Jagat SF (Duta Piala Pakualam).

Om Mardi Resty dan lovebird Bodronoyo
Om Mardi Resty: Lovebird Bodronoyo terbaik di kelas utama.

Kelas Bisnis A dan B masing-masing dimenangi lovebird DJ Mata Dewa orbitan Om Nanang Kris (Luwes BC) dan Ndligik kepunyaan Om Paidhin / ELF (Koplak Team). Posisi runner-up pada kedua sesi ini diraih LB Soimah milik Cak Bahri (Handayani BC) dan Dewi Sri.

lovebird DJ Mata Dewa
Kru Om Nanang Kris (Luwes BC) sukses kawal lovebird DJ Mata Dewa.

Lovebird Nur Laila besutan Om Benny (Scorpio SF) terbaik di Kelas Ekonomi A, sedangkan Kelas Ekonomi B dikuasai lovebird Puspo andalan Om Edy GMP dari GMP BF Wonogiri.

Om Yosi S menurunkan lovebird Marco yang berjaya di Kelas Marketing A. Lovebird DJ Stella, langganan juara milik Om Mahenda / Om Ronok (Master 88), membuktikan ketangguhannya dengan memenangi Kelas Marketing B.

Om Aritonang (Selaksa Jagat SF)
Om Aritonang (Selaksa Jagat SF): LB Dewi Sri dua kali juara 3.

Cucak hijau Star Morena tampil paling stabil. Gaco andalan Mr Win Star (Duta Boyolali Cup 2) ini terbaik di Kelas Bisnis, mengalahkan Burox milik Om Joko Kompas (Gadingan) dan Casper, jagoan lawas andalan Om Benny SSA (Sragen).

Kelas UNS dimenangi cucak hijau Tsunami milik Babahe / Om Djoenet (Sragen). Juara kedua diraih Mitos milik Om Joko Kompas. Star Morena tetap moncer di kelas ini, meski bertengger di posisi ketiga.

Om Joko Kompas
Om Joko Kompas (tengah, kacamata) dua kali runner-up di kelas cucak hijau.

Kelas murai batu dikejutkan oleh kehadiran debutan baru Satria Halilintar milik Om Gaper (Klaten). Gaco ini baru saja didatangkan dari Jambi, namun langsung menjuarai Kelas Bisnis. Dua murai yang lebih dulu mapan, yakni Star ATM koleksi Mr Win Star dan Insya Allah Sae andalan Om Anggo Kaos (Sragen), harus puas di peringkat kedua dan ketiga.

Om Gaper dan murai batu Satria Halilintar
Om Gaper (kanan): Baru datang dari Jambi, MB Satria Halilintar juara 1 dan 3.

MB Satria Halilintar juga tampil di Kelas UNS dan menempati posisi ketiga. Kelas ini dijuarai murai batu Pancang besutan Om Iwan Jolowok (Colomadu). Murai batu Asoka milik Om Vincent (Bali) yang sehari-hari dipercayakan kepada Om Danang (Sragen) menguntit di posisi kedua. (Waca / OK-1)

Om Danang Sragen dan murai batu Asoka
Om Danang (Sragen) sukses orbitkan MB Asoka milik Om Vincent (Bali).

Hasil Lomba UNS Cup 1 (klik di sini)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.