Tips merawat dan memaster burung srigunting

Karena kecerdasannya dalam hal mimikri (meniru suara jenis burung lainnya), srigunting mendapat julukan sebagai penipu ulung di dunia satwa. Itu sebabnya, burung ini sejak dulu cukup digemari sejumlah kicaumania yang tertarik untuk memeliharanya. Berikut ini tips merawat dan memaster burung srigunting untuk kelangenan.

Merawat dan memaster burung srigunting
Merawat dan memaster burung srigunting untuk kelangenan di rumah.

Burung srigunting dikenal pintar meniru berbagai macam suara, termasuk suara hewan predator. Saking cerdasnya, kemampuan yang dimilikinya itu kerap dimanfaatkan untuk menipu hewan lainnya.

Dalam beberapa kesempatan, srigunting akan meniru suara predator yang kelaparan untuk mempecundangi hewan lain yang sedang membawa makanan. Setelah hewan tersebut lari ketakutan, srigunting segera mengambil makanan yang ditinggalkan.

( lihat pula Srigunting hitam: Pintar meniru suara predator untuk mencuri makanan )

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kepopularan srigunting sebagai burung kelangenan sebenarnya sudah berlangsung lama. Suaranya yang lantang dan bervariasi membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya.

Saat ini terdapat 12 spesies burung srigunting yang tersebar di Indonesia. Yang paling banyak dipelihara antara lain srigunting kelabu dan srigunting batu.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan harian burung srigunting. Pasalnya burung ini gampang stres. Beberapa hal yang sangat berpengaruh terhadap kondisinya antara lain:

  • Pemberian pakan yang sesuai.
  • Sangkar yang nyaman dengan ukuran cukup luas.
  • Lokasinya aman dari gangguan (lalu lalang manusia, kehadiran predator, dll).
  • Selalu berusaha menjaga kebersihan sangkarnya.

Srigunting termasuk jenis burung pemakan serangga. Bahkan di alam liar, srigunting sering memangsa anakan atau burung kecil serta telur-telur dalam sarang milik jenis burung lainnya. Kendati demikian, burung ini juga menyukai pakan lain yang ditawarkan pemiliknya, seperti buah-buahan dan nektar / air gula.

Berikut ini tips perawatan burung srigunting agar kondisinya tetap bugar, aktif, dan rajin berbunyi, termasuk cara memasternya:

  • Pagi hari, burung dikeluarkan dari dalam rumah, kemudian dijemur selama sekitar 20 menit, sambil diberi 3 ekor jangkrik.
  • Setelah itu, mandikan burung dengan cara disemprot, atau menggunakan karamba mandinya. Pada saat yang bersamaan, Anda bisa membersihkan sangkarnya dari kotoran.
  • Selesai mandi, burung dianginkan di tempat yang sejuk. Jangan lupa berikan kroto sebanyak satu cepuk kecil dan buah-buahan jika burung sudah terbiasa mengkonsumsinya.
  • Pada saat itulah burung srigunting bisa dimaster dengan burung masteran maupun audio masteran dari mp3.
  • Sore harinya, burung kembali dijemur selama 20 menit dan diberikan pakan jangkrik sebanyak 3-5 ekor.
  • Untuk menjaga staminanya, berikan juga pakan serangga lain seperti ulat hongkong atau ulat bambu. Bisa juga ditambahkan madu dan multivitamin seperti Bird Vit ke dalam air minumnya.
  • Biasakan untuk memberikan full kerodong setiap malam dan biarkan burung beristirahat secara penuh hingga keesokan harinya.

Agar srigunting mau mengeluarkan suara kicauan yang bervariasi, Anda bisa melakukan pemasteran dengan suara burung yang diinginkan. Beberapa jenis burung yang cukup popular sebagai masteran srigunting antara lain ciblek, murai batu, serindit, lovebird, cililin, dan murai air.

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.