Suara burung murai batu mp3 lengkap

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Suara burung murai batu mp3 lengkap – Burung murai batu (Copsychus malabaricus) memiliki wilayah persebaran di Subbenua India serta Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Jenisnya sangat beragam dan sebagian besar dapat dijumpai di Indonesia. Untuk menambah referensi sobat kicaumania, berikut ini kumpulan audio murai batu dari berbagai jenis untuk masteran atau untuk memancing bunyi.

Suara burung murai batu
Beberapa jenis murai batu dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Suara burung murai batu borneo

Tingginya harga jual murai batu asal Pulau Sumatera membuat murai batu borneo dari Kalimantan kini cukup laris dan makin digemari banyak kicaumania.

Murai borneo terkenal dengan gaya tarian yang khas, yang mana sebagian kicaumania menyebutnya dengan gaya cangkulan. Selain itu, ketika bertarung, murai batu borneo akan mengembangkan bulubulu di bagian dadanya.

Kelebihan murai batu borneo antara lain memiliki mental bertarung yang cukup baik, dengan suara-suara tembakan kasar namun punya irama yang cenderung menurun mengikuti gaya tariannya.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Gaya bertarungnya yang sangat atraktif ini sebenarnya bisa menguras energi yang membuat penampilannya mudah menurun di tengah-tengah lomba. Karena itu, agar bisa tampil stabil dan maksimal, diperlukan dukungan perawatan yang tepat sebelum lomba.

Suara burung murai batu Kalimantan/ borneo
Burung murai batu asal Kalimantan, atau sering disebut murai batu borneo.

Berikut ini suara kicauan murai batu borneo yang bisa dimanfaatkan untuk masteran atau untuk memancing bunyi.

Suara murai batu borneoDOWNLOAD

Selain murai batu borneo, di Kalimantan juga terdapat murai batu kepala putih / white crowned-shama (Copsychus malabaricus stricklandii). Sebagian kicaumania sering menyebutnya murai batu haji atau murai batu mahkota.

( lihat juga Kegarangan murai batu kepala putih )

Suara murai batu haji / mahkotaDOWNLOAD

Suara burung murai batu medan

Tidak bisa dimungkiri, murai batu yang berasal dari Sumatera ini merupakan jenis yang paling popular di kalangan kicaumania Indonesia. Pembawaannya yang tenang saat berbunyi, termasuk saat dilombakan, serta bentuk ekornya yang panjang menjadi daya tarik tersendiri di kalangan penggemar murai batu di Indonesia.

Suara burung murai batu medan
Murai batu medan sampai saat ini paling diminati.

Makin popularnya murai batu medan membuat banyak orang tertarik untuk menangkarnya. Bahkan tak sedikit penangkar yang mengawinkan antara murai batu medan dengan murai batu borneo, di mana keturunannya disebut murai bordan.

Di alam liar, murai batu medan biasanya menghuni kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Leuser; perbatasan antara Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam. Yang paling terkenal adalah murai batu bahorok.

Ada juga jenis murai batu marike yang memiliki habitat di kaki gunung-gunung di Tanah Karo, Sumatera Utara, termasuk Gunung Sinabung yang saat ini sedang bergejolak.

Suara kicauan murai batu medan memang sedikit berbeda dari jenis murai lainnya. Suaranya terdengar mengalun, tapi tegas. Bahkan tak jarang mampu mengeluarkan suara-suara isiannya secara total alias full isian.

Suara kicauan murai batu medan | DOWNLOAD

Suara kicauan murai batu bahorokDOWNLOAD

Suara burung murai batu sumatera

Suara burung murai batu sumatera
Beberapa jenis murai batu asal Sumatera.

Selain murai batu medan, beberapa jenis burung murai batu lainnya juga tersebar di wilayah Sumatera dan pulau-pulau sekitarnya. Jenis yang cukup dikenal kicaumania antara lain murai batu lampung / lampung super, murai batu jambi, murai batu aceh, dan sebagainya.

Memang diperlukan kejelian tersendiri ketika kita hendak membeli jenis burung murai batu ini di pasaran, terutama karena banyak oknum pedagang nakal yang kerap menipu para pemula dengan menyebut murai yang dijualnya itu sebagai murai batu sumatera, meski sebenarnya berasal dari daerah lain.

Selain itu, memang tidak mudah membedakan antara murai batu dari Sumatera dan Kalimantan. Tapi berdasarkan pengalaman sejumlah kicaumania senior, ada beberapa ciri khusus yang bisa menjadi patokan meski tak sepenuhnya selalu tepat. Ciri-ciri tersebut antara lain:

  • Murai batu borneo selalu mengembangkan bulu-bulu di dadanya ketika bertarung/berbunyi.
  • Warna bulu di bagian dada pada murai batu sumatera lebih tegas dan tajam daripada warna bulu dada murai batu borneo.
  • Pola ekor murai batu sumatera umumnya membentuk huruf “V”, sedangkan murai batu borneo membentuk huruf “U”, atau bergaris hitam / putih panjang.

Berikut beberapa audio kicauan murai batu dari Pulau Sumatera:

 

Suara burung murai batu ekor hitam / blacktail

Suara burung murai batu ekor hitam
Putra Pantura, murai blacktail andalan Om Ramzi Deon.

Murai batu ekor hitam / blacktail memiliki ciri-ciri yang mudah dilihat pada bagian ekornya, yaitu tidak memiliki bulu berwarna putih atau hanya terdapat sedikit warna putih di bagian ekornya.

Suara burung murai batu blacktail
Murai blacktail Balotelli milik Om Bonni N.

Sebagian besar burung murai batu ekor hitam memiliki postur tubuh lebih kecil dari kerabatnya yang mempunyai ekor putih. Namun demikian, murai blacktail punya suara kicauan yang tak kalah lantang dari saudara-saudaranya tersebut.

Beberapa murai blacktail yang pernah merajai lomba burung kicauan tingkat nasional antara lain Natalia (kini sudah tiada) milik Om Gunawan Solo, Balotelli andalan Om Bonni N (Mahesa Ratu SF Depok), dan Putra Pantura orbitan Om Ramzi Deon (Tangerang).

Wilayah persebaran murai batu ekor hitam sangat luas, meski sebagian besar berada di pulau-pulau kecil di sekitar Sumatera, seperti Simeuleu, Sabang, Nias, Pagai, Mentawai, dan sebagainya.

( lihat juga Ragam murai batu ekor hitam asal Sumatera )

Suara kiauan murai batu ekor hitam / blacktail | DOWNLOAD

 

Suara burung murai batu jawa / larwo

Suara burung murai batu jawa/larwo
Murai batu jawa/larwo

Selain dari Sumatera dan Kalimantan, ada juga murai batu yang menjadi burung endemik Pulau Jawa. Murai batu yang dikenal dengan nama larwo tersebut saat ini cukup langka dan jarang ditemukan di alam liar.

Meski demikian, dalam beberapa tahun terakhir ini kita sering menjumpai orang yang menjual larwo di pasar-pasar burung maupun situs jual-beli online. Hal ini bisa dimaklumi, karena sudah ada beberapa kicaumania yang berhasil menangkar larwo, misalnya Kimseng SF Bekasi.

Suara kicauan murai batu jawa / larwo – 1| DOWNLOAD

Suara kicauan murai batu jawa / larwo – 2| DOWNLOAD

Suara kicauan murai batu jawa / larwo – 3| DOWNLOAD

( simak juga Burung larwo, riwayatmu kini )

Itulah kumpulan audio beberapa jenis murai batu yang ada di Indonesia, semoga bisa menambah pengetahuan kita bersama.


Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.