Kumpulan suara asli beberapa jenis burung jalak untuk masteran dan pemancing bunyi

Sejak dulu hingga sekarang, banyak kicaumania di Indonesia yang memelihara burung jalak sebagai kelangenan di rumah. Selain mudah didapatkan, kecerdasan burung jalak dalam meniru berbagai suara menarik minat kicaumania untuk memeliharanya. Tak hanya itu saja, burung jalak yang kerap mengeluarkan suara aslinya pun banyak dicari untuk masteran. Berikut ragam suara asli burung jalak untuk masteran dan pemancing bunyi.

Suara asli hutan burung jalak untuk masteran dan memancing bunyi
Suara asli hutan burung jalak untuk masteran dan memancing bunyi.

Jalak / starling adalah kelompok burung yang memiliki wilayah persebaran cukup luas di dunia. Di Indonesia saja terdapat beberapa spesies / jenis burung jalak, dan sebagian di antaranya popular sebagai burung piaraan. Namun hanya beberapa spesies saja yang dikenal mempunyai suara kicauan cukup bervariasi.

Meski memiliki suara kicauan yang bervariasi, tidak sedikit kicaumania yang tertarik memelihara burung jalak yang masih memiliki suara aslinya atau suara hutan. Suara hutan tersebut dapat digunakan sebagai masteran untuk jenis burung kicauan yang lain, atau bisa juga dijadikan media pemancing bunyi.

Burung jalak memang dikenal memiliki suara kicauan asli / hutan yang cukup tajam, kasar, dan penuh irama. Suara itulah yang banyak dicari sebagai masteran daripada burung jalak yang rajin mengeluarkan suara isiannya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Berikut ini kumpulan suara asli beberapa jenis burung jalak untuk masteran dan pemancing bunyi:

  • Suara asli burung jalak kerbau
  • Suara asli burung jalak suren
  • Suara asli burung jalak nias 
  • Suara asli burung jalak putih

Unduh semua audionya di sini

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.