Tips menangani lovebird yang tak mau makan buah dan sayuran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kasus lovebird tak mau makan buah dan sayuran ternyata bukan sesuatu yang baru di kalangan kicaumania. Sejak beberapa tahun lalu, masalah ini sering terjadi dan masih menjadi pertanyaan para lovebird mania di Indonesia dan mancanegara. Sebagai panduan bagi Anda, berikut ini tips menangani lovebird yang tak mau makan buah dan sayuran.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Lovebird harus dibiasakan dengan pakan buah dan sayuran
Lovebird harus dibiasakan dengan pakan buah dan sayuran.

Semua burung peliharaan membutuhkan pakan yang bergizi, serasi, dan seimbang guna mendukung perkembangan serta menjaga stamina dan kondisinya.

Pada lovebird, kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan menyediakan pakan yang terdiri atas biji-bijian, buah, dan sayuran.  Lovebird yang rutin mengkonsumsi pakan yang bervariasi setiap harinya bisa dipastikan akan memiliki tubuh yang lebih bugar, aktif, dan rajin berkicau.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Tetapi ada juga lovebird yang cenderung pilih-pilih pakan, sehingga hanya mau makan biji-bijian saja. Adapun buah dan sayuran sama sekali tidak disentuhnya, apalagi dimakan. Hal ini membuat resah pemiliknya, karena khawatir burung kesayangannya tidak mendapatkan asupan nutrisi yang serasi dan seimbang.

Meski belum ada catatan mengenai penyebab utama lovebird menolak makan buah dan sayuran, kondisi tersebut kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

  • Lovebird trauma dengan pakan buah atau sayuran.
  • Sejak anakan, lovebird tidak dibiasakan dengan pakan buah dan sayuran.
  • Burung tidak mengenali jenis buah atau sayuran yang diberikan.
  • Buah atau sayuran yang diberikan sudah tercemar pestisida atau zat kimia, sehingga burung merasakan ada yang aneh terhadap pakan yang dikonsumsinya.

Untuk mengatasi lovebird yang menolak makan buah dan sayuran, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Mengenali jenis-jenis pakan yang aman untuk lovebird dan burung paruh bengkok lainnya. Pasalnya, banyak pakan yang tidak baik diberikan untuk burung paruh bengkok (silakan lihat Delapan pakan terlarang untuk burung paruh bengkok).
  • Pastikan buah dan sayuran yang akan diberikan tidak tercemar oleh racun kimia seperti pestisida atau bahan pengawet. Untuk pencegahan, sebelum diberikan kepada burung, sebaiknya buah dan sayuran dibersihkan dulu dengan air garam, kemudian dibilas dengan air bersih.
  • Menjadikan pakan buah dan sayuran sebagai mainan. Anda bisa menggantung buah atau sayuran dengan tali di tengah sangkarnya. Diharapkan burung akan terpancing untuk bermain-main, lalu memakannya.
  • Memotong buah dan sayuran dalam ukuran kecil, kemudian dicampur dalam wadah / cepuk yang berisi biji-bijian seperti milet.
  • Memberikan potongan kecil buah atau sayuran dengan jari. Untuk meyakinkan burung bahwa makanan yang diberikan aman, Anda bisa menempelkan potongan kecil buah / sayuran pada jari dengan air liur. Setelah itu, tempelkan pada paruh burung yang paranoid dengan buah dan sayurannya. Hal ini tentu bisa dilakukan jika burung sudah dalam kondisi jinak dan tidak giras.
  • Memotong buah dalam bentuk yang menarik, misalnya menggunakan sendok koktail untuk membuat potongan berbentuk bola maupun bentuk lainnya. Potongan tersebut kemudian disimpan di dalam cepuknya atau dirangkai menggunakan tali, lalu digantung di tengah sangkarnya.
  • Memberikan pakan alternatif lain seperti buah dan sayuran yang dikombinasi dengan biskuit, egg food, atau telur rebus. Berikan campuran buah dan sayuran yang lebih bervariasi agar burung tidak bosan dan selalu terpancing untuk mencicipinya.

Melatih lovebird agar mau makan buah dan sayuran memang bukan pekerjaan mudah, namun hal ini dapat diatasi dengan melakukan beragam kreativitas dalam penyajiannya. Sekali burung terpancing, maka selanjutnya mereka akan bisa menikmati makanannya tanpa rasa ragu dan takut.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.