BBF Bogor: Lovebird siap lomba dibanderol mulai Rp 1,5 juta

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Beberapa orang memulai bisnis penangkaran lovebird setelah cukup lama bermain di lapangan / arena lomba, dan memiliki burung juara yang kemudian diternaknya. Namun tidak demikian dengan Om Andi Suseno. Sebelum turun ke lapangan, dia justru sudah mendirikan Batara Bayu Farm (BBF) Bogor.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Breeding lovebird BBF Bogor
Om Andi Suseno di kandang ternak lovebird BBF Bogor.

Bahkan Om Andi Suseno tak hanya beternak lovebird saja, tetapi juga kenari. Selain itu, BBF Bogor juga menjadi penyedia lovebird impor, terutama lovebird asal Taiwan yang mudah beradaptasi dengan cuaca di Indonesia.

Belakangan Om Andi juga mengembangkan bisnis pakan burung (merek BBF dan Ganas), sangkar burung dan berbagai aksesoris lainnya, hingga birdshop. Produknya telah tersebar ke berbagai kota di negeri ini.

Breeding lovebird BBF Bogor
BBF Bogor juga memproduksi pakan dan aksesoris burung.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Kemajuan pesat usahanya ini didukung oleh pengalamannya sebagai pengusaha agrobisnis (kelapa sawit dan tanaman hibrida) yang dijalaninya selama ini. Tidak heran jika penangkaran lovebird dan kenari yang didirikannya lima tahun lalu itu cepat berkembang.

Om Andi Suseno kemudian aktif bermain di lapangan. Ternyata banyak burungnya yang menjadi jawara, baik di kelas lovebird, kenari, murai batu, maupun pleci.

Sejumlah amunisi hebat koleksinya antara lain lovebird Centini, Canshu, Inem, Suketi dan Sianida; kenari Bang Jono dan Tiger; murai batu Pangeran, Black Jack dan Krisna; serta pleci Dragon, Setan Melody dan Setan Kober.

Om Andi Suseno BBF
Om Andi (tengah) bersama kru BBF dan koleksi trofi burung-burungnya.

Dua model kandang ternak lovebird

Kali ini, omkicau.com ingin mengekspose khusus breeding lovebird BBF Bogor. Ada dua model kandang ternak yang digunakan. Pertama, kandang aviary ukuran 4 x 2,5 m3 dan tinggi 3 meter.

Kandang seperti ini banyak digunakan para penangkar lovebird, karena pengelolaannya relatif gampang, termasuk dalam proses penjodohan calon induk. Sebab lovebird-lovebird yang ada dalam kandang besar ini akan mencari pasangannya sendiri, sesuai dengan selera masing-masing.

BBF Bogor memiliki dua unit kandang aviary. Dinding depan serta samping kiri-kanan terbuat dari kawat ram, sedangkan dinding belakang berupa tembok.

“Dua kandang besar itu mampu menampung ratusan pasang induk lovebird. Lovebird kita masukkan ke kandang ini jika umurnya sudah delapan bulan atau lebih. Mereka akan mencari jodohnya sendiri-sendiri sehingga lebih praktis,” ujar Om Andi, saat ditemui omkicau.com di kediamannya, kawasan Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Breeding lovebird BBF Bogor
Di kandang aviary / koloni, lovebird bebas mencari pasangannya.

Model kedua adalah kandang battery, yang mana setiap unitnya hanya berisi satu pasangan induk saja. Kandang ini biasanya digunakan untuk induk lovebird yang pernah juara di lapangan atau minimal punya durasi ngekek panjang.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kandang battery juga kerap digunakan para penangkar lovebird warna / eksotik. Dengan menggunakan kandang battery, maka silsilah seekor lovebird bisa ditelusuri lebih mudah, meski proses penjodohannya lebih rumit.

“Sebagian lovebird yang pernah juara memang saya masukkan ke kandang battery. Hanya indukan yang punya ngekek panjang saja yang diternak di sini,” ujar Om Andi.

Breeding lovebird BBF Bogor
Seleksi lovebird dengan durasi ngekek panjang.

Karena menggunakan trah juara, tak heran apabila anakan lovebird hasil breeding BBF Bogor laris manis di pasaran. Bahkan tidak jarang pengunjung sudah mengambil anakan sejak masih di sarang, kemudian melolohnya sendiri.

Breeding lovebird BBF Bogor
BBF Bogor sediakan lovebird asal Taiwan.

Harga anakan lovebird di BBF Bogor memang bervariasi. Untuk anakan lokal, harganya mulai Rp 250.000 per ekor. Untuk lovebird siap lomba, harga tergantung durasi ngekeknya. Yang paling murah Rp 1,5 juta / ekor, meski ada juga yang seharga Rp 3 juta, bahkan Rp 5 juta per ekor.

Breeding lovebird BBF Bogor
Koleksi lovebird impor di BBF Bogor.

Banyak pemain lomba yang berkunjung ke basecamp BBF Bogor di Bojong Baru. Anda pun boleh mampir ke sana kapan saja, untuk memantau dan meminang lovebird prospek atau lovebird siap lomba. (d’one)

Breeding lovebird BBF Bogor
Pengunjung bisa memantau dan memilih lovebird sesuai selera.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.