Tips mencegah induk burung membuang telurnya

Banyak penangkar / breeder burung kicauan yang mengeluh induk burung miliknya kerap membuang telur-telur yang dihasilkan atau sedang dieraminya. Untuk meminimalisasi kegagalan dalam penangkaran burung, khususnya kenari, parkit dan lovebird, berikut ini tips mencegah induk burung membuang telur.

Tips dan trik mencegah burung indukan membuang telur
Tips dan trik mencegah induk burung membuang telurnya.

Burung betina dari jenis kenari, parkit, dan lovebird diketahui sering membuang telur yang sedang dierami. Kasus ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain:

  • Telur kosong atau infertil.
  • Embrio di dalam telur sudah mati sebelum telur menetas.
  • Telur sering dipegang tangan manusia secara langsung / bau manusia.
  • Induk merasa sering terganggu.

Telur yang sudah dibuang induknya biasanya tidak akan diterima lagi oleh burung tersebut ketika kita bermaksud mengembalikannya ke dalam sarangnya.

Kalau Anda menemukan telur yang dibuang oleh induknya, maka tindakan yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi telur: apakah masih baik atau sudah retak / pecah.

Apabila kondisi telur masih baik, segera lakukan peneropongan telur (egg candling) untuk memeriksa apakah telur sudah berisi embrio atau masih kosong (infertil). Meneropong telur bisa dilakukan degan memanfaatkan beberapa peralatan sederhana, seperti pernah ditulis dalam artikel berikut ini:

Mengintip telur dengan alat buatan sendiri

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan penangkar untuk menyelamatkan telur yang dibuang induknya. Cara yang paling popular adalah memanfaatkan mesin tetas / inkubator, baik yang sederhana maupun modern.

Selain itu, Anda juga bisa menitipkan telur pada induk asuh atau menyimpan telur dalam wadah / boks yang telah dilapisi kain tebal, dan bagian atasnya digantung lampu bohlam berdaya 5-10 Watt. Untuk menjaga kelembabannya, siapkan wadah berisi air / spon di dalam boks tersebut.

Sebagai bentuk pencegahan dari munculnya perilaku induk burung yang membuang telur-telurmua, maka beberapa tips berikut ini bisa diterapkan dalam penangkaran kenari, parkit, lovebird, maupun jenis burung lainnya:

  • Jangan terlalu sering mengintip tempat sarang / gelodok ketika induk sedang berada di dalamnya. Kalau ingin melihat kondisi / keadaan telur di tempat sarang, sebaiknya dilakukan ketika induk sedang di luar sarangnya.
  • Gunakan sarung tangan ketika ingin memegang telur untuk diperiksa. Sebab bau tangan kita acapkali menjadi penyebab induk mengabaikan dan membuang telurnya. Selain sarung tangan, Anda juga bisa menggunakan tisu.
  • Selalu menjaga ketersediaan pakan, terutama yang kaya nutrisi. Induk burung yang kekurangan pakan mudah stres, sehingga akan memicu perilaku membuang telur-telurnya sendiri.
  • Meminimalisasi gangguan dari luar kandang, terutama hewan pengganggu seperti kucing, tikus, ular, musang, dan sejenisnya.
  • Usahakan agar tempat bersarang atau kandang penangkaran terasa nyaman. Ini bisa dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan, serta menghindari sumber polusi seperti asap pembakaran sampah dan suara bising.

Demikian tips dan trik mencegah induk burung membuang telur-telurnya sendiri.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.