Empat resep minuman racikan untuk burung pleci ala pleman Indonesia

Kalangan pleci mania (pleman) Indonesia dikenal kreatif dalam merawat gaco-gaco imutnya. Selain memberi pakan racikan, mereka juga kerap meramu minuman rasikan khusus untuk burung pleci kesayangannya. Minuman racikan ini bisa menjaga kondisi burung agar tetap bugar, serta membantu mempercepat pleci agar rajin bunyi dan bersuara lebih kencang. Sebagai panduan, berikut ini empat resep minuman racikan untuk burung pleci ala pleman Indonesia.

Burung pleci
Burung pleci makin joss jika rutin diberi pakan dan minuman racikan.

Meski bertubuh mungil, pleci merupakan jenis burung yang sangat aktif. Di alam liar, mereka kerap mengunjungi lokasi-lokasi baru untuk mencari pakan. Untuk mendukung sifatnya tersebut, banyak plecimania membuat sendiri pakan racikan yang diyakini mampu mendongkrak stamina dan membuatnya lebih rajin berkicau.

Selain pakan racikan, tidak sedikit pula pleman Indonesia yang memberikan minuman hasil racikannya untuk pleci kesayangannya. Minuman racikan ini bisa membuat pleci makin bugar, serta bisa bersuara lebih kencang alias buka paruh. Berikut ini empat resep minuman racikan untuk pleci ala plecimania Indonesia.

1. Menambahkan multimineral dalam air minumnya

Air minum yang diberikan kepada burung kicauan umumnya berupa air tawar / air mentah. Dalam beberapa kasus, air minum tersebut cenderung memiliki pH (derajat keasaman) yang selalu berubah.

Jika pH terlalu rendah, tentu air menjadi asam. Sebaliknya, kalau pH terlalu tinggi (basa), air mudah mengental. Hal seperti ini bisa menyebabkan burung peliharaan mudah terserang penyakit.

Untuk menurunkan pH air, maka air minum sebelum diberikan kepada burung bisa diberi sedikit asam sitrat atau cuka apel. Anda juga bisa melakukan cara yang lebih sederhana dan mudah, yaitu mencampurkan beberapa tetes BirdMineral ke dalam air minumnya, sebelum diberikan kepada burung peliharaan, khususnya pleci.

2. Minuman racikan berbahan bawang putih

Resep minuman racikan berbahan bawang putih ini cukup popular dan banyak digunakan pleman Indonesia. Resep minuman ini dibuat dengan memanfaatkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah jeruk nipis
  • 3 potong kecil gula merah
  • 4 sendok teh madu

Proses pembuatan:

  • Bawang putih dibersihkan, lalu digeprek dan dihaluskan.
  • Setelah itu, rebus dalam panci yang sudah diisi 2 gelas air bersih ukuran sedang, kemudian campurkan bawang putih dan gula merah ke dalamnya, lalu diaduk hingga larut.
  • Setelah mendidih, air rebusan diangkat dan dicampur dengan air perasan jeruk nipis dan 4 sendok teh madu. Selanjutnuya, aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata.
  • Setelah dingin, pindahkan air rebusan ke dalam wadah / botol bersih, dengan menggunakan saringan.
  • Berikan minuman racikan ini ke dalam cepuk kecil setelah pleci dijemur. Sisanya bisa disimpan dalam lemari pendingin untuk digunakan beberapa hari kemudian.

3. Minuman racikan berbahan larutan penyegar

Penggunaan larutan penyegar umum dilakukan para kicaumania di Indonesia untuk berbagai jenis burung kicauan, termasuk pleci. Larutan penyegar yang sejatinya merupakan suplemen untuk mengatasi panas dalam pada manusia ini dianggap cukup ampuh mengatasi burung yang bersuara serak dan mampu melancarkan suaranya.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa pemberian larutan penyegar secara berlebihan, apalagi rutin diberikan setiap hari, kurang dianjurkan untuk burung kicauan, karena justru akan berdampak kurang baik. Cukup seminggu sekal, atau dua kali seminggu saja.

Pemanfaatan larutan penyegar tidak hanya sampai di situ saja. Beberapa pleman mengaplikasikannya sebagai bahan utama minuman racikan untuk pleci mereka. Minuman racikan ini dipercaya bisa membuat pleci makin rajin bunyi dan bersuara lebih kencang.

Untuk meracik minuman ini, bahan-bahan yang digunakan antara lain:

  • Satu botol larutan penyegar
  • Minuman rasa buah
  • Vitamin (dalam hal ini bisa menggunakan BirdVit)
  • 1/2 sendok makan madu murni

Cara pembuatannya, campurkan semua bahan tersebut dalam satu wadah, kemudian diaduk hingga tercampur rata. Minuman racikan bisa diberikan kepada burung sebagai air minum tambahan, bukan sebagai air minum utamanya.

4. Meracik minuman dengan suplemen dan minyak jangkrik

Tidak sedikit pula pleman Indonesia yang meracik minuman untuk plecinya dengan menggunakan suplemen khusus yang bisa mendongkrak stamina dan membuatnya lebih rajin berkicau. Bahan-bahan yang digunakan adalah:

  • Minuman energi /vitamin water rasa buah (terutama rasa strawberry)
  • Minyak jangkrik.
  • Suplemen yang mampu merangsang burung cepat bunyi, misalnya TestoBird Booster (TBB)

Proses pembuatan:

  • Minuman energi bisa diberikan langsung dalam kondisi dingin atau bisa juga setelah dipanaskan dalam api sedang (tidak sampai mendidih).
  • Campurkan minyak jangkrik sebanyak 5 – 8 tetes dan suplemen yang dinginkan, misalnya TBB sebanyak 10 – 12 tetes ke dalam air minum tersebut. Setelah itu diaduk hingga bahan-bahan tercampur merata. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa menggunakan blender untuk mengaduknya.
  • Simpan minuman racikan ini dalam lemari pendingin. Kalau sudah dingin, Anda bisa memberikannya kepada pleci sebagai air minum tambahan. Frekuensi pemberian cukup beberapa hari sekali.

Itulah empat resep minuman racikan untuk pleci ala plecimania Indonesia. Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan, pemberian pakan dan minuman racikan sebaiknya disertai dengan pola perawatan yang teratur dan rutin, terutama mandi, jemur, dan pengkoloniannya.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.