Makin terancam, 11 jenis burung anis endemik Indonesia

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Indonesia menjadi habitat bagi aneka spesies burung punglor / anis, dengan wilayah persebaran di beberapa daerah. Beberapa jenis di antaranya sudah sangat kondang di kalangan kicaumania, yaitu anis merah dan anis kembang. Kali ini omkicau.com ingin mengungkap 11 jenis burung anis endemik Indonesia yang makin terancam.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

11 burung anis endemik indonesia
11 spesies burung anis endemik Indonesia kini dalam kondisi makin terancam.

Punglor / anis adalah kelompok burung bertubuh gemuk, berbulu halus, yang mendiami daerah hutan dan mencari makanan di tanah, terutama cacing dan keong. Mereka juga sangat menyukai buah-buahan.

Beberapa spesies anis merupakan burung penetap di wilayah tertentu yang bersuhu hangat. Tetapi ada juga spesies burung migran dari wilayah Eropa, serta wilayah baratdaya dan utara Asia, yang hanya datang ke Indonesia tatkala menjelang musim dingin. Salah satunya adalah anis siberia.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Indonesia memang kerap menjadi tujuan migrasi burung-burung anis dari berbagai belahan dunia, terutama karena suhu yang sejuk, tanah yang subur, dan sumber pakan berlimpah. Di negara ini pula terdapat beberapa spesies anis / punglor yang merupakan burung endemik alias hanya ada di Indonesia saja.

Sayangnya, karena berbagai faktor seperti kerusakan habitat, perburuan liar, dan alihfungsi hutan membuat banyak spesies yang kondisinya sangat mengkhawatirkan. Populasinya yang terbatas dan makin menipis membuat burung-burung anis endemik Indonesia itu makin terancam.

Om Kicau mencatat sedikitnya ada 11 spesies anis endemik Indonesia yang makin terancam. Padahal semua spesies ini dikenal memiliki suara merdu. Untuk melihat deskripsi, termasuk suaranya, silakan klik tautan di bawah ini:

Anis nusa tenggara | Anis tanimbar | Anis sulawesiAnis malukuAnis seram | Anis menden | Anis larat | Anis geomaliaAnis timor/cendana | Anis enggano | Anis punggung-merah

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.