Rasmi boland, kenari mewah berpostur panjang dari Persia

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Belum banyak kicaumania yang mengenal kenari rasmi boland. Di negeri asalnya, Iran, kenari hibrida ini jauh lebih popular ketimbang jenis kenari lain yang berasal dari Eropa. Kenari rasmi boland mempunyai penampilan yang mewah, dengan postur dan bentuk ekor yang lebih panjang daripada semua jenis kenari yang ada di dunia.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Kenari rasmi bolang | sumber foto: fb/rasmiboland
Kenari rasmi boland | Foto: FB Rasmiboland

Hobi memelihara burung kicauan, khususnya kenari, sudah lama berkembang di Persia / Iran. Jauh sebelum Iran menjadi negara Islam (1979), banyak penduduk setempat yang memelihara dan beternak burung kenari, terutama kenari postur.

Bahkan untuk melengkapi koleksinya, para breeder di Iran berlomba-lomba menciptakan jenis kenari hibrida atau hasil persilangan (crossing) dua spesies dan / atau varietas yang berbeda. Salah satu hasilnya adalah kenari rasmi (قناری رسمی ), yang merupakan persilangan antara kenari yorkshire dari Inggris dan kenari giboso dari Spanyol.

Selama bertahun-tahun, rasmi menjadi jenis kenari standar di Iran yang begitu popular dan banyak dipelihara oleh kicaumania setempat. Selain memiliki bulu-bulu halus dan lembut, kenari rasmi juga memiliki suara kicauan mewah yang mengalun sebagaimana kenari persia yang dikenal dengan kicauan moghoomnya.

Tidak cukup sampai di situ, para peternak Iran kembali mengembangkan jenis kenari baru yang diberi nama kenari rasmi boland (قناری رسمی بلند). Kenari rasmi boland merupakan hasil persilangan antara rasmi dan yorkshire.

Dengan demkikian, kenari rasmi boland merupakan hasil perkawinan back-cross (persilangan-balik), di mana filial pertama / F1 atau keturunan pertama dikawinkan kembali dengan salah satu induknya, baik jantan maupun betina, dalam hal ini yorkshire.

Kenari jenis baru ini kemudian ditetapkan sebagai kenari khas Iran dan dikenal sebagai kenari lomba yang banyak dikonteskan baik suara maupun penampilannya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kenari yang sedang dikonteskan | fb/rasmiboland
Kenari rasmi boland ketika mengikuti kontes | Foto: FB Rasmiboland

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Seperti moyangnya, kenari rasmi boland atau sering disebut keshide boland memiliki kemiripan dengan kenari yorkshire. Kemiripan tersebut terutama dari lengkungan tubuh dan kepala yang besar, dengan leher yang sempit. Namun yang membuatnya berbeda adalah kenari rasmi boland memiliki bentuk ekor lebih panjang dari jenis kenari lainnya. Panjang ekornya bahkan bisa mencapai 10,3 – 11 cm.

Kenari rasmi boland dengan ekornya yang panjang
Kenari rasmi boland dengan ekornya yang panjang

Selain mempunyai bentuk tubuh dan ekor yang panjang, rasmi boland punya suara kicauan yang mewah dan penuh irama. Suara kicauannya seperti gabungan suara mewah yorkshire dan alunan merdu kenari giboso.

Berikut ini contoh suara kicauan kenari rasmi boland | Download

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.