Kacer Kumbang Hitam double winner di Lapangan Ceria Jambi

Puluhan kicaumania memadati Lapangan Ceria di Jalan Sentot Ali Basah, Selincah, Kota Jambi, Selasa (16/8). Mereka terlihat antusias mengikuti latihan burung berkicau bertajuk Ring of 2 Ceria. Kegiatan yang dimulai pukul 16.30 itu digelar dalam rangka menyambut HUT Ke-71 Kemerdekaan RI.

Latber Ring of 2 Ceria Jambi
Suasana kelas kacer dalam Latber Ring of 2 Ceria di Lapangan Ceria Jambi, Selasa (16/8).

Panitia yang digawangi Om Ipung (ketua pelaksana) membuka dua kelas, yakni Merdeka (tiket Rp 20 ribu) dan Indonesia (tiket gratis), yang terdiri atas delapan sesi.

Empat juri yang bertugas sore itu adalah Om Sulman, Om Alfin, Om Amat, dan Om Arfan. Semuanya baru saja menyelesakan Diklat Juri Ronggolawe yang berlangsung sejak pagi mulai pukul 10.00. Sore harinya, mereka langsung praktik lapangan.

Kendati demikan, keempat orang tersebut sudah cukup berpengalaman menjadi juri latber burung. “Selama ini, mereka hanya menjadi juri di latihan. Setelah diklat, keempat juri bisa menjadi juri pada lomba-lomba yang berskala lebih besar,” kata Om Ipung.

Diklat Juri Ronggolawe
Ketua Ronggolawe Jambi, Om Juta (kaos merah), menyerahkan sertifikat kepada 4 juri peserta diklat.

Duet punggawa Ronggolawe Jambi terlibat langsung dalam diklat juri, yakni Om Juta (ketua) dan Om Repen (wakil ketua). Materi diklat antara lain cara penilaian berdasarkan kriteria durasi, variasi lagu, volume, gaya, dan isian.

Om Juta berharap, dengan makin banyaknya juri-juri lomba burung di daerah, maka penjurian dapat berlangsung makin fair demi kemajuan dunia hobi burung kicauan di Jambi, serta mengangkat nama Ronggolawe di daerah-daerah tersebut. “Sebab ini juga visi dan misi Ronggolawe Jambi,” tuturnya.

Adapun Om Repen menekankan agar para Juri Ronggolawe makin solid, jangan saling menjatuhkan, dan selalu mengingat bahwa para kicaumania ingin menyalurkan hobinya secara bermartabat tanpa harus terlibat konflik dengan pihak manapun.

Kacer Kumbang Hitam double winner

Dalam even Ring of 2 tersebut, kacer Kumbang Hitam milik Om Edi sukses meraih double winner. Di Kelas Indonesia, burung ini mengungguli kacer Ronggeng milik Om Ombing dan Upin Ipin. Kumbang Hitam kembali moncer di Kelas Medeka, mengalahkan kacer Stone koleksi Eni BF.

Latber Ring of 2 Ceria Jambi
Juara 1-3 kacer Kelas Indonesia.

Murai batu Ponorogo milik Om Robit berjaya di Kelas Merdeka, unggul atas lawan-lawannya seperti Reno milik Om Alay yang harus puas di posisi ketiga. Murai batu Sogun besutan Om Andi serta Haka orbitan Om Dino mencorong di Kelas Indonesia.

Latber Ring of 2 Ceria Jambi
Juara 1-3 murai batu Kelas Indonesia.

Om Tata ILF kembali sukses mengorbitkan gaconya di kelas lovebird. Green, besutannya, memenangi Kelas Indonesia, unggul atas LB Sewu milik Om Doled dan Electra andalan Om Dany.

Latber Ring of 2 Ceria Jambi
Penjurian di kelas lovebird. Om Tata ILF moncer bersama LB Green.

Lovebird Green bahkan berpeluang meraih double winner. Sayangnya, Green bertengger di urutan 3 Kelas Merdeka. Juara pertama diraih lovebird Tukul milik Om Veri, disusul Sapril.

Latber Ring of 2 Ceria Jambi
Juara 1-3 lovebird Kelas Indonesia.

Kapas tembak dan kenari masing-masing dimainkan satu sesi. Kapas tembak Datuk orbitan Om Iyus tampil sebagai jawara, disusul M16 koleksi Om Paul.

Latber Ring of 2 Ceria Jambi
Juara 1-3 kapas tembak Kelas Merdeka.

Om Afif menurunkan kenari Ramadhan dan sukses menjuarai Kelas Merdeka. Juara kedua dan ketiga diraih kenari Doreng milik Om Riki dan Jambul kepunyaan Om Rudi Candra.

Berikut ini cuplikan video mengenai pelaksanaan latihan burung berkicau Ring of 2 Ceria, termasuk bagaimana para juri hasil binaan Ronggolawe Jambi menjalankan tugasnya. (Kelana Lana)

Hasil Latber Ring of 2 Ceria (klik di sini)

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

loading…


loading…





Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.