Suara rentetan tajam cucak kelabu untuk masteran

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Di pasar-pasar burung sering ditemukan beberapa jenis burung yang memiliki penampilan mencolok, salah satunya cucak kelabu. Spesies dari keluarga cucak-cucakan (Pycnonotidae) itu mempunyai rentetan kicauan yang tajam dan ramai. Karena kekhasannya itu, cucak kelabu juga bisa dijadikan burung masteran.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cucak kelabu / Grey-bellied bulbul
Burung cucak kelabu / grey-bellied bulbul memiliki suara rentetan kicauan yang tajam.

Dalam literatur perburungan internasional, cucak kelabu disebut sebagai grey-bellied bulbul. Pemberian nama ini mengacu pada warna tubuh bagian bawahnya yang keabu-abuan. Adapun nama ilmiah yang disandangnya adalah Pycnonotus cyaniventris.

Penampilan cucak kelabu memang lebih mencolok ketimbang kerabatnya yang lain. Postur tubuhnya sedang dengan panjang sekitar 16-17 cm. Kepalanya berwarna zaitun gelap, dengan tubuh bagian bawah abu-abu khas. Mahkota dan tengkuknya abu-abu gelap, sedangkan sisi sayap dan bulu ekor tengah hitam.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Penampilan tubuh bagian bawah sangat kontras dengan tubuh bagian atas. Bagian mantel, punggung, dan penutup sayap berawarna hijau-zaitun, sedangkan bulu-bulu pada tunggingnya kuning-emas.

Secara umum, cucak kelabu memiliki wilayah persebaran mulai dari  Thailand, Myanmar, Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Ada dua subspesies / ras, yakni:

  1. Pycnonotus cyaniventris cyaniventris, tersebar mulai dari ujung selatan Myanmar hingga ke wilayah selatan Thailand, Semenanjung Malaysia, dan Sumatera.
  2. Pycnonotus cyaniventris paroticalis, hanya dijumpai di Kalimantan.

Di habitat aslinya, cucak kelabu hidup dalam kelompok kecil di kawasan hutan. Makanannya berupa buah-buahan dan terkadang serangga kecil.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Meski cucak kelabu belum termasuk dalam daftar jenis burung dilindungi, namun IUCN menetapkan statusnya saat ini Hampir Terancam / Near Threatened. Karena itu, kita tak perlu menangkap dan memeliharanya.

Kalau membutuhkan suaranya untuk masteran, Anda masih bisa memanfaatkan file audionya yang sudah disiapkan omkicau.com untuk memaster burung kesayangan di rumah. Berikut dua variasi suara kicauan cucak kelabu untuk Anda:

  • Suara cucak kelabu variasi 1
  • Suara cucak kelabu variasi 2

Unduh audionya di sini

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.