Manfaat tali ties untuk atasi burung yang kerap ngeruji

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Dalam dunia teknik, cable ties / tali ties biasa digunakan untuk mengikat kabel-kabel berserakan supaya menjadi lebih tertata. Tali multifungsi ini ternyata juga sering digunakan rekan-rekan kicaumania, misalnya untuk mengikat perlengkapan sangkar, bahkan bisa dimanfaatkan untuk mengatasi burung yang kerap ngeruji.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Mengatasi burung yang banyak ulah dengan tali ties
Mengatasi burung yang banyak ulah dengan bantuan tali ties.

Tali ties biasanya digunakan untuk sangkar bulat besi seperti sangkar lovebird dan pleci. Sangkar model ini memiliki bagian bawah / tebok yang bisa dipisahkan. Sayangnya ketika tebok diangkat, sangkar berada pada kondisi terbuka. Hal itu tentu bisa menimbulkan resiko burung lepas jika tak hati-hati mengangkatnya.

Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan tali ties untuk mengikat sekat jeruji bawah dan sangkar bagian atasnya. Dengan demikian, ketika tebok diangkat untuk dibersihkan, sangkar akan tetap tertutup, sehingga resiko burung lepas bisa dihindari.

Masih banyak manfaat lain dari tali ties pada dunia kicauan, termasuk mengatasi burung nakal. Kasus yang paling sering terjadi adalah burung sering ngeruji, atau murai batu kerap tidur di pojokan yang bisa membuat rusak bulu ekornya yang panjang.

Mengatasi burung yang kerap ngeruji

Burung yang sering ngeruji tentu akan mengurangi penampilannya saat dilombakan. Selain itu, kondisi tersebut bisa membuat bulu-buluya menjadi tidak rapi dan mudah rusak karena selalu beradu dengan jeruji sangkarnya. Bahkan resiko cedera bisa terjadi jika burung terlalu agresif menabrak jeruji, termasuk kukunya mudah copot atau patah.

Untuk mengatasi burung ngeruji, kita juga bisa memanfaatkan beberapa buah tali ties yang diikat di bagian depan dan belakang jeruji sangkarnya (lihat gambar 1).

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tali diikatkan pada masing-masing jeruji, dengan posisi ujung tali mengarah ke tenggeran. Dengan kondisi tersebut, burung akan kapok dan segera melupakan ulah nakalnya. Bahkan cara ini juga bisa membuat burung menjadi lebih nagen di tenggeran.

Tali tis untuk sangkar burung

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Mengatasi murai batu yang selalu tidur di pojokan

Solusi terbaik untuk mengatasi murai batu yang gemar tidur di pojok sangkar / tenggerannya adalah mengganti tenggeran dengan model lain yang bisa mencegahnya mepet ke jeruji sangkar saat tidur. Anda bisa memilih berbagai model tenggeran untuk murai batu di toko perlengkapan burung.

Alternatif lain adalah memberikan terapi menggunakan tali ties yang diikatkan pada jeruji sangkar, tepat pada ujung tenggeran lihat gambar 2).

Ujung tali diarahkan ke tengah sehingga mencegah burung mendekati pojokan dan memilih tidur di tengah-tengah tenggerannya. Dengan demikian, ekornya pun akan menjadi lebih aman dan tidak mudah rusak.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

1 Comment

Komentar ditutup.