Om Pama Jirga, pendatang baru yang moncer bersama kacer Hitler dan Vinyales

Belum genap setahun Om Pama Jirga turun ke arena lomba burung kicauan, terutama di kelas kacer. Namun namanya dan klub yang dibelanya (Panser BC Tangerang) sering terpajang pada daftar juara, melalui prestasi Hitler dan Vinyales. Kedua kacer ini bakal makin diperhitungkan di Jabodetabek.

Om Pama Jirga
Om Pama Jirga makin eksis di kelas kacer.

Selain kacer Hitler dan Vinyales, Om Pama Jirga masih memiliki enam ekor kacer. Hebatnya, seluruh jagoan ini dirawatnya sendiri di sela-sela kesibukannya sebagai notaris.

“Kecuali kacer Gibernau yang sekarang sedang mabun, dan saya titipkan kepada Om Lucky, rekan sekaligus mentor saya di dunia burung kicauan,” ujarnya kepada omkicau.com.

Meski termasuk pendatang baru, Om Jirga kini mulai diperhitungkan para pemain lainnya. Pasalnya kacer Hitler sudah mampu menjuarai even-even besar di wilayah Jabodetabek, seperti Batavia Cup 2 di Tangerang (14/8) dan moncer pula di Piala Tangerang Raya (28/8).

Kacer Hitler
Kacer Hitler beberapa kali menjuarai even besar.

Berikut ini beberapa prestasi yang diraih kacer Hitler sejak Februari hingga akhir Agustus 2016:

EVENTANGGALJUARA
Danyon Cup Prabu Kiansantang, Sumedang21 Feb 20166
Bumi Indah Cup (Batavia Ent), Tangerang27 Mar 20163
Rusun BCI Jakarta16 Jun 20162
Belimbing Enterprise, Jakarta28 Jun 20161
Kumbang Enterprise, Jakarta30 Jul 20163
Piala Danrem 052/WKR, Tangerang07 Agt 20163
Batavia Cup 2, Tangerang14 Agt 20161
Rusun BCI, Jakarta21 Agt 20161
Piala Tangerang Raya, BSD28 Agt 20163, 5

Sama seperti pemiliknya, kacer Hitler dan Vinyales juga termasuk pendatang baru. Bedanya, Hitler sudah beberapa kali mengikuti even besar, sedangkan kacer Vinyales lebih sering diturunkan dalam latpres maupun even lokalan.

Kacer Vinyales
Kacer Vinyales lebih sering ditampilkan dalam even latpres.

Berikut ini beberapa prestasi yang diraih kacer Vinyales:

EVENTANGGALJUARA
Belimbing Enterprise, Jakarta04 Feb 20161, 1
Belimbing Enterprise, Jakarta25 Feb 20161
Belimbing Enterprise, Jakarta20 Mar 20161
Rusun BCI, Jakarta03 Apr 20161, 1
Belimbing Enterprise, Jakarta05 Mei 20161, 1
Rusun BCI, Jakarta05 Jun 20161, 2
Bumi Indah, Tangerang25 Jun 20163
Rusun BCI, Jakarta30 Jun 20162
Citra Raya Kota Berkicau, Tangerang16 Jul 20161
Rusun BCI, Jakarta24 Jul 20163
Rusun BCI, Jakarta31 Jul 20162, 3
Rusun BCI, Jakarta11 Agt 20161, 2
Rusun BCI, Jakarta14 Ag 20162
Rusun BCI, Jakarta18 Agt 20163
Rajawali S3 BC, BSD Tangsel04 Sep 20161, 2

Om Pama Jirga memang lebih senang merawat sendiri jagoannya, karena ada kepuasan batin yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata, terutama ketika burung hasil rawatannya masuk daftar juara.

“Apalagi saya memeliharanya dari nol, burung rumahan biasa. Bisa menjadi juara di even pinggiran pun sudah memuaskan batin saya,” jelasnya.

Om Pama Jirga
Om Pama Jirga merawat sendiri kacer-kacernya.

Meski kacer Hitler dan Vinyales memiliki kualitas yang sama-sama bagus, Om Pama Jirga melakukan pembagian tugas untuk keduanya. Hitler khusus diturunkan dalam even lomba, sedangkan Vinyales dalam even latpres.

Kacer Hitler yang lebih senior memiliki kinerja yang maksimal. Sejak awal digantang langsung kerja hingga akhir penjurian. Speed juga bagus, dengan senjata andalan berupa tembakan tonjolan terdiri atas suara isian burung cililin, serindit, rambatan, perenjak, burung gereja tarung, dan jalak.

Perawatan kacer Hitler terbilang standar dan sederhana. Setiap pagi, kerodong dibuka dan burung dianginkan sebentar di teras.

Setelah itu mandi dan langsung dijemur selama 30-60 menit, sambil diberi extra fooding (EF) berupa jangkrik sebanyak 9 ekor, tanpa kroto. “Hitler memang tidak menyukai kroto. Sore harinya, burung kembali diberi 9 ekor jangkrik,” jelas Om Pama Jirga.

Om Pama Jirga
Om Pama Jirga (kiri) saat menjuarai even Batavia Cup 2 di Tangerang (14/8).

Meski kacer termasuk kategori burung fighter, Hitler setiap hari hanya ditempatkan dalam sangkar harian. Burung ini tak mengenal kandang umbaran, namun penampilannya tetap sangar.

Dalam waktu dekat, Om Pama Jirga akan mengorbitkan dua kacernya ke even besar, yakni kacer Baros dan Gibernau. Kini keduanya masih dalam proses pematangan, terutama Gibernau yang harus menunggu masa mabungnya rampung. (d’one)

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

1 Comment

Komentar ditutup.