Tips mengatasi burung cililin yang stres dan macet bunyi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cililin termasuk salah satu jenis burung masteran favorit di kalangan kicaumania. Tak heran jika banyak kicaumania memilikinya. Namun tidak sedikit pula yang mengeluhkan perawatan burung berjambul unik ini. Selain rentan stres, cililin juga dianggap sering macet bunyi yang bisa menghambat proses pemasteran. Untuk penanganannya, berikut ini tips mengatasi cililin yang stres dan macet bunyi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tips mengatasi burung cililin yang stres dan macet bunyi
Tips merawat burung cililin yang stres dan macet bunyi.

Burung cililin memiliki nama resmi tangkar ongklet / crested jay (Platylophus galericulatus) termasuk salah satu anggota keluarga gagak-gagakan (Corvidae). Seperti diketahui, banyak spesies burung dari keluarga Corvidae yang memiliki tingkat kecerdasan cukup tinggi. Namun sebagian besar di antara mereka juga mudah stres.

Cililin pun termasuk burung yang mudah stres, bahkan rentan mati jika tidak dirawat secara semestinya. Beberapa faktor penyebab burung cililin mudah stres dan macet bunyi antara lain:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
  • Pemberian pakan terlalu berlebihan, sehingga burung menjadi kurang aktif dan malas bunyi. Sebaliknya, jika kekurangan pakan, burung juga rentan stres, sakit, atau bahkan mati.
  • Penjemuran terlalu lama / berlebihan juga bisa menyebabkan cililin mudah stres yang berujung pada kondisi macet bunyi.
  • Selalu menggantang sangkarnya di tempat yang terkena embusan angin kencang, misalnya dekat compressor AC , blower, kipas angin, atau ventilasi udara. Hal ini menyebabkan burung mudah sakit dan stamina ngedrop.
  • Tempat air minum terlihat kotor. Cepuk air minum yang kotor bisa membuat burung cililin mudah sakit yang bisa berakibat fatal.

Mengatasi burung cililin yang stres dan macet bunyi

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kalau menjumpai burung cililin mulai terlihat stres dan macet bunyi, segeralah ambil tindakan yang diperlukan. Hal ini bertujuan agar kondisinya tidak bertambah parah. Berikut ini beberapa tindakan untuk mengatasi cillin stres dan macet bunyi:

  • Jika selama ini cililin ditempatkan dalam sangkar berukuran sedang atau kecil, maka terapi mengatasi macet bunyi dan stres bisa dilakukan dengan memindahkannya ke dalam sangkar berukuran lebih luas.
  • Untuk membangkitkan kembali kondisinya yang ngedrop, pemberian pakan tambahan seperti jangkrik dan kroto sebaiknya ditingkatkan lebih banyak daripada biasanya. Selain itu, bisa juga dicoba memberikan pakan tambahan lainnya seperti ulat jerman dan kepompong.
  • Selama beberapa hari, sangkarnya digantang di tempat teduh sambil dikerodong dan diputarkan suara terapi alam, misalnya suara hutan dan air mengalir.
  • Penjemuran dilakukan seperlunya saja, atau tidak lebih dari 10 menit. Setelah itu digantang di tempat sejuk / teduh, berdampingan dengan burung bersuara ngerol yang rajin bunyi seperti blackthroat, kenari, robin, dan sebagainya.
  • Selalu memperhatikan ketersediaan air minum dan menjaganya agar tetap berada dalam kondisi bersih. Air minum yang diberikan sebaiknya sudah matang. Sesekali bisa diberikan larutan penyegar.

Demikian tips mengatasi burung cililin yang stres dan macet bunyi. Untuk menjaga kondisinya agar selalu bugar dan aktif berkicau, sebaiknya dalam perawatan hariannya ditambahkan multivitamin seperti BirdVit untuk membantu meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuhnya, sehingga bisa terjaga dari stres dan macet bunyi .

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.