Perilaku menyimpang dan unik dari burung sapayoa

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sapayoa adalah spesies burung yang hidup di hutan hujan Panama dan Amerika Selatan. Burung ini menarik perhatian para peneliti di berbagai negara karena perilaku sosialnya yang berbeda dari semua jenis burung di dunia. Baru-baru ini, para peneliti berhasil mengungkap perilaku menyimpang dan unik dari burung sapayoa.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung sapayoa
Burung sapayoa memiliki perilaku sosial yang menyimpang dan unik.

Burung, apapun jenisnya, memiliki perilaku sosial yang kompleks, mulai dari pleci yang hidup berkelompok sampai gagak yang mempunyai kemampuan kerja sama. Namun temuan baru yang dipublikasikan dalam jurnal The Auk: Ornithological Advances mengungkap sisi lain yang tidak biasa dari burung sapayoa (Sapayoa aenigma).

Burung yang berwarna hijau-kuning ini memiliki perilaku sosial yang misterius dan sulit teridentifikasi oleh para ahli di dunia. Bahkan saking misteriusnya, para ahli menyisipkan bahasa latin aenigm yang berarti enigma atau teka-teki sebagai nama ilmiahnya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Dalam pengamatan yang dilakukan di Taman Nasional Darien, Panama, para peneliti berhasil menemukan perilaku unik lainnya yang dianggap menyimpang. Penemuan paling menarik adalah ketika para ahli mempelajari dua sarang aktif milik burung sapayoa.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tim peneliti menemukan perilaku kooperatif dua pejantan muda yang selalu datang membantu sepasang burung dewasa memberi makan dua anaknya. Namun terkadang, kedua pejantan muda itu hanya pura-pura membawakan makanan. Sebab, sesampainya di depan sarang, mereka justru memakan sendiri pakan yang dibawanya. Sepertinya keduanya hanya ingin menemui burung jantan dewasa saja.

Yang menarik, burung jantan dewasa menyayangi kedua pejantan muda itu seperti burung betina pasangannya. Dalam beberapa kesempatan, pejantan dewasa sering terlihat menaiki (“mengawini”) kedua burung jantan muda tersebut. Perilaku biseksual burung sapayoa jantan kemungkinan terkait dengan dominasi sosial mereka.

“Sapayoa sangat berbeda dari spesies burung lainnya. Hanya sedikit yang diketahui dari burung ini,” ujar Benjamin Van Doren yang ikut dalam penelitian tersebut.

Terlepas dari perilaku uniknya, burung sapayoa juga mempunyai suara kicauan lantang dengan irama yang cepat seperti tengkek buto atau pelatuk. Berikut ini suara kicauan burung sapayoa yang bisa anda dengarkan atau unduh untuk masteran:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.