Perilaku menyimpang dan unik dari burung sapayoa

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sapayoa adalah spesies burung yang hidup di hutan hujan Panama dan Amerika Selatan. Burung ini menarik perhatian para peneliti di berbagai negara karena perilaku sosialnya yang berbeda dari semua jenis burung di dunia. Baru-baru ini, para peneliti berhasil mengungkap perilaku menyimpang dan unik dari burung sapayoa.

Burung sapayoa
Burung sapayoa memiliki perilaku sosial yang menyimpang dan unik.

Burung, apapun jenisnya, memiliki perilaku sosial yang kompleks, mulai dari pleci yang hidup berkelompok sampai gagak yang mempunyai kemampuan kerja sama. Namun temuan baru yang dipublikasikan dalam jurnal The Auk: Ornithological Advances mengungkap sisi lain yang tidak biasa dari burung sapayoa (Sapayoa aenigma).

Burung yang berwarna hijau-kuning ini memiliki perilaku sosial yang misterius dan sulit teridentifikasi oleh para ahli di dunia. Bahkan saking misteriusnya, para ahli menyisipkan bahasa latin aenigm yang berarti enigma atau teka-teki sebagai nama ilmiahnya.

Dalam pengamatan yang dilakukan di Taman Nasional Darien, Panama, para peneliti berhasil menemukan perilaku unik lainnya yang dianggap menyimpang. Penemuan paling menarik adalah ketika para ahli mempelajari dua sarang aktif milik burung sapayoa.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Tim peneliti menemukan perilaku kooperatif dua pejantan muda yang selalu datang membantu sepasang burung dewasa memberi makan dua anaknya. Namun terkadang, kedua pejantan muda itu hanya pura-pura membawakan makanan. Sebab, sesampainya di depan sarang, mereka justru memakan sendiri pakan yang dibawanya. Sepertinya keduanya hanya ingin menemui burung jantan dewasa saja.

Yang menarik, burung jantan dewasa menyayangi kedua pejantan muda itu seperti burung betina pasangannya. Dalam beberapa kesempatan, pejantan dewasa sering terlihat menaiki (“mengawini”) kedua burung jantan muda tersebut. Perilaku biseksual burung sapayoa jantan kemungkinan terkait dengan dominasi sosial mereka.

“Sapayoa sangat berbeda dari spesies burung lainnya. Hanya sedikit yang diketahui dari burung ini,” ujar Benjamin Van Doren yang ikut dalam penelitian tersebut.

Terlepas dari perilaku uniknya, burung sapayoa juga mempunyai suara kicauan lantang dengan irama yang cepat seperti tengkek buto atau pelatuk. Berikut ini suara kicauan burung sapayoa yang bisa anda dengarkan atau unduh untuk masteran:

  • Suara kicauan burung sapayoa | DOWNLOAD

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.