Tips perawatan untuk mendongkrak birahi lovebird

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Mengatur birahi menjadi kunci utama dalam perawatan lovebird agar tetap rajin bunyi setiap harinya. Perawatan yang dilakukan cukup beragam, mulai dari pemberian pakan yang tepat sampai memperhatikan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kondisi birahinya. Berikut ini tips perawatan untuk mendongkrak birahi lovebird.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Perawatan untuk mendongkrak birahi lovebird
Dongkrak birahi lovebird agar makin rajin bunyi.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kerajinan bunyi pada lovebird adalah pemberian pakan secara tepat. Pemberian pakan yang tepat dapat membantu menaikkan birahi lovebird secara cepat. Beberapa jenis pakan yang cepat meningkatkan birahi lovebird antara lain:

  • Milet
  • Biji bunga matahari (kuaci)
  • Buah kenari (diambil bijinya saja)
  • Kangkung
  • Sawi putih
  • Jagung muda

Sekali lagi, pakan hanyalah salah satu faktor yang bisa mendongkrak birahi lovebird. Masih banyak faktor lain yang tak boleh diabaikan, antara lain:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

1. Menjaga kebersihan sangkar

Sangkar yang selalu terjaga kebersihannya akan membuat lovebird relatif terhindar dari berbagai agen penyakit yang bisa mengganggu penampilannya, entah itu bakteri, virus, jamur, parasit, dan sebagainya.

Untuk menjaga kondisi tersebut, sangkar sebaiknya dibersihkan setiap hari (pagi dan sore), terutama pada waktu burung dimandikan dan saat akan dimasukkan ke dalam ruangan / rumah untuk diistirahatkan.

Perhatikan juga kebersihan air minumnya. Pasalnya, lovebird yang kerap mengonsumsi pakan bijian akan mudah mengotori air minumnya.

2. Memandikan lovebird hingga basah

Sudah bukan rahasia lagi kalau lovebird yang selalu mandi basah mudah terpancing birahinya, sehingga makin rajin berkicau.

Memandikan lovebird hingga basah kuyup bisa dilakukan dengan cara disemprot menggunakan sprayer mandinya. Penyemprotan bisa dimulai dari bagian ekor dulu, kemudian perlahan naik ke atas sampai bagian dada, punggung, dan sayapnya.

Hindari menyemprot bagian paruhnya, terutama dekat cere atau lubang hidung. Hal ini untuk menghindari risiko air masuk ke dalam lubang hidung. Jika diperlukan, semprot saja bagian belakang kepalanya.

3. Menjemur di bawah sinar matahari

Penjemuran secara teratur dan pada waktu yang tepat bisa membantu mendongkrak birahi lovebird. Penjemuran sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau saat matahari terbit sampai waktu siang hari.  Durasi penjemuran biasanya sekitar 2 jam,dimulai pukul 07.00 hingga 09.00.

4. Memancing lovebird agar mau bunyi

Meningkatkan birahi lovebird juga bisa dilakukan dengan cara memancingnya agar mau bunyi. Banyak metode yang bisa dilakukan di sini, misalnya memutarkan audio masteran, menggunakan perlengkapan khusus, dan lain-lain.

( lihat juga Beberapa cara unik memancing ngekek burung lovebird )

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Memancing bunyi pada lovebird juga bisa menjadi salah satu terapi untuk menumbuhkan sifat fighter dari burung tersebut.

Sebagai referensi tambahan, berikut ini beberapa artikel terkait dengan masalah birahi pada lovebird:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.