Beberapa manfaat kencur untuk burung ocehan

Kencur merupakan tanaman herbal yang banyak digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional karena memiliki banyak khasiat. Tanaman dari jenis temu-temuan (Zingiberaceae) ini juga sudah lama digunakan para kicaumania. Selain bisa membantu menjernihkan suara burung kicauan, kencur juga memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut ini beberapa manfaat kencur untuk burung ocehan.

Manfaat kencur untuk burung
Manfaat kencur untuk burung ocehan

Kencur (Kaempferia galanga) termasuk salah satu apotek hidup yang berkhasiat menjaga kesehatan tubuh serta untuk pengobatan. Karena banyak manfaatnya, kencur juga sering digunakan kicaumania untuk menjaga kondisi burung kesayangannya.

Kencur mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang bisa memberikan rasa hangat dan sekaligus bermanfaat untuk burung kicauan, antara lain:

  • Menjaga kondisi dan kesehatan burung.
  • Membantu menghilangkan lendir / ahak pada burung.
  • Mengobati radang tenggorokan.
  • Membantu menguatkan pernafasan pada burung kicauan.
  • Menguatkan pita suara pada burung

Ada dua macam cara yang dilakukan kicaumania saat memberikan kencur pada burung kesayangannya. Kedua cara tersebut adalah:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Melolohkan langsung pada paruh burung
  • Diolah sebagai air minum

1. Melolohkan langsung pada paruh burung

Perlu diingat, cara ini hanya dianjurkan untuk burung yang sudah jinak. Metode ini lazim diterapkan pada burung perkutut.

Caranya, kencur dikupas dulu kulitnya. Selanjutnya dipotong kecil-kecil seukuran kacang hijau atau voer. Berikan pada burung dengan cara melolohkan sebanyak 2 – 3 butir, langsung pada paruhnya. Lakukan setiap beberapa hari sekali atau seminggu sekali.

2. Diolah sebagai air minum 

Mengolah kencur untuk dijadikan sebagai air minum dianggap lebih aman, karena bisa mencegah burung stres atau terlepas dari genggaman.

Caranya, kencur dikupas dulu kulitnya, lalu diparut / dikeprok. Setelah itu dicampur dengan sedikit air, kemudian direbus hingga matang. Air rebusan disaring dan disimpan dalam lemari es. Setelah dingin bisa diberikan sebagai air minum untuk burung kicauan Anda.

Itulah beberapa manfaat dan cara memberikan kencur pada burung kicauan. Selain kencur, masih banyak tanaman herbal yang berkhasiat untuk burung kicauan, misalnya jahe.

Serangkaian manfaat tanaman jahe untuk burung peliharaan

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.