Cara mengatasi kenari yang kerap gigit ring

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Banyak kenari mania yang mengeluh kalau burung peliharaannya kerap menggigit / mematuki ring yang terpasang di kakinya. Bagi yang tidak faham masalahnya biasanya akan memotong ring tersebut tanpa mau mencari tahu apa penyebabnya. Terkait masalah tersebut, berikut ini cara mengatasi kenari yang kerap gigit ring.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Burung kenari dengan ring pada bagian kakinya
Burung kenari dengan ring pada bagian kakinya.

Ring yang dikenakan burung umumnya digunakan sebagai penanda identitas penangkar dan silsilahnya. Namun ring yang terpasang sejak burung masih berumur 10 hari itu terkadang dianggap sebagai pemicu beragam masalah yang muncul di kemudian hari.

Ketika kenari selalu terlihat mematuki atau menggigit ring yang menempel di kakinya, banyak orang beranggapan bahwa hal itu terjadi karena burung merasa risih dan terganggu oleh ring tersebut. Alhasil, untuk menghilangkan penderitaan si burung, dipotonglah ring tersebut tanpa mau mencari tahu apa yang menjadi penyebab utamanya.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Burung yang selalu menggigit atau mematuki ring umumnya terjadi akibat infeksi mikroorganisme seperti bakteri atau jamur pada bagian kulit yang selama ini tertutup oleh ring. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa pengobatan, maka akibatnya bisa menjadi fatal. Kaki burung akan terluka dan membengkak, sehingga dapat mengganggu aktivitasnya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Oleh karena itu, sebelum terburu-buru mengambil tindakan dengan memotong ring, sebaiknya lakukan beberapa metode pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut. Ada dua metode pengobatan yang bisa dilakukan yaitu:

  • Rendamlah kaki kenari dalam air garam hangat, setiap hari selama 3-5 menit, sampai jamur atau sisik yang menempel pada kaki burung mengelupas dengan sendirinya.
  • Oleskan obat khusus BirdCream pada bagian kaki kenari yang tertutup ring dan wilah sekitarnya. Obat ini mengandung zat antiparasit dan antibakteri yang dibuat khusus untuk menghilangkan kerak di kaki burung yang disebabkan oleh cascado dan scabies, serta dapat mengatasi beragam masalah lainnya pada kaki burung.

Demikian cara mengatasi masalah kenari yang selalu gigit ring. Setelah mengetahui apa yang menjadi permasalahan utamanya, maka pemotongan ring tentu tidak perlu dilakukan lagi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

2 Comments

Komentar ditutup.